5 Fakta Menarik Bukayo Saka yang Harus Kamu Ketahui

Bukayo Saka baru berusia 18 tahun!

Bukayo Saka merupakan salah satu pemain muda Arsenal yang belakangan ini ramai diperbincangkan. Pasalnya, seperti dikutip dari Goal Internasional , pria berdarah Nigeria itu masuk dalam jajaran pemain termuda klub yang berhasil mencetak gol di sejarah Liga Eropa sejak tahun 2008 lalu, di mana rekor saat itu dipegang oleh Aaron Ramsey. 

Sebelumnya, Arsenal berhasil mengalahkan tuan rumah, Eintracht Frankfurt pada Jumat (20/09) dini hari waktu Indonesia dengan skor 3-1. Saka sendiri menyumbangkan satu gol pada menit ke 85. Sedangkan disumbang oleh Jeo Willock di menit ke 38 dan Pierre Emerick Aubameang menit ke-87. Simak fakta menarik tentang Bukoya Saka berikut ini!

1. Bergabung dengan The Gunners di usia 9 tahun

5 Fakta Menarik Bukayo Saka yang Harus Kamu Ketahuiwww.football365.com

Tampaknya pemain berusia 18 tahun tersebut sudah sangat menggemari sepak bola sejak kecil. Ia mengaku bahwa semasa kecil hanya satu keinginannya dalam dunia sepak bola, yaitu bisa menyumbang gol untuk klub The Gunners.

Karena itulah ia sudah bergabung di klub asal London tersebut sejak usia 6 tahun. Bahkan pada saat itu, ia pernah menolak tawaran dari Tottenham dan memilih bergabung bersama Arsenal. Hingga akhirnya, mimpi itu terwujud, pada Jumat (20/09) kemarin ia berhasil menyumbang sebuah gol untuk klub sekelas Arsenal melawan Eintracht Frankfurt di Liga Eropa yang dilakoni di stadion Commerzbank-Arena.

2. Lulusan Akademi Hale End

5 Fakta Menarik Bukayo Saka yang Harus Kamu Ketahuimetro.co.uk

Setelah ia memutuskan bergabung bersama Arsenal, kemudian ia berkesempatan belajar di Akademi Hale End yang merupakan tempat berlatih dan belajar bagi calon skuat tim The Gunners dan berada di bawah kendali Arsenal secara langsung. Sehingga, lulusan dari situ bisa menjadi pemain profesional di klub yang kini diasuh oleh Unai Emery.

Tentu saja ia tidak sendiri, ada banyak sekali pemain muda yang belajar di sana. Hanya saja ada dua kawannya yang juga masuk dalam tim senior seperti Joe Willock dan Emile Smith Rowe. Keduanya juga pemain muda sepertihalnya Saka. Sehingga ia dan kedua temannya tersebut seringkali disebut sebagai trio pemain muda Arsenal.

Baca Juga: Dikalahkan Newcastle, De Gea: Ini Adalah Masa Tersulit Saya di MU

3. Memulai debut di level senior sejak usia 17 tahun

5 Fakta Menarik Bukayo Saka yang Harus Kamu Ketahuitheguardian.com

Saka secara resmi menandatangani kontrak dengan Arsenal saat usianya masih 17 tahun. Ya, usia yang masih sangat muda dan waktu itu ia langsung naik pangkat masuk dalam jajaran pemain U-23.

Dengan begitu, debutnya di The Gunners senior dimulai sejak 29 November 2018 lalu di mana ia menggantikan Aron Ramsey di menit ke-68 saat melawan Vorskla Poltava di Liga Eropa. Selanjutnya, ia cukup aktif ikut serta dalam setiap pertandingan baik itu menggantikan maupun menjadi pemain utama.

Di antara pertandingan yang pernah dijalaninya setelah itu adalah saat melawan FK Qarabaq pada 18 Desember 2018 di Liga Eropa, melawan Fulham pada 1 Januari 2019 di Liga Premier, dan baru saja melawan Eintracht Frankfurt pada Jumat, (20/09) kemarin di Liga Eropa dan berhasil menyumbang gol.

4. Mengidolakan Cristiano Ronaldo

5 Fakta Menarik Bukayo Saka yang Harus Kamu Ketahuitwitter.com/@BukayoSaka87

Winger muda tersebut ternyata mengidolakan seorang bintang asal Portugal yaitu Cristiano Ronaldo. Sebagaimana dikutip dari Goal.com Jumat, (20/09) lalu, ia mengaku bahwa sangat terinspirasi dari Ronaldo karena mentalitas, kerja keras, dan penampilannya yang selalu menjadi terbaik di lapangan hijau.

Ia mengambil sisi positif dari apa yang ada dalam diri idolanya tersebut untuk dijadikan sebagai pelajaran dan inspirasi. Ia pun mencoba menerapkan hal itu pada setiap penampilannya di setiap pertandingan.

5. Bukayo Saka merupakan seorang keturunan Nigeria

5 Fakta Menarik Bukayo Saka yang Harus Kamu Ketahuithefa.com

Mantan anak asuh Freddie Ljungberg tersebut merupakan keturunan Nigeria. Ia lahir dan besar di London hingga akhirnya meniti karir di tempat yang membesarkannya tersebut. Segudang pengalaman di bidang sepak bola sudah ia kantongi di tanah kelahirannya. Buktinya ia selalu menjadi anggota timnas junior di setiap level junior yaitu U-16, U-17, U-18, dan kini U-19.

Baca Juga: Manchester United Lebih Dekat ke Zona Degradasi daripada Papan Atas

Khus nul Photo Verified Writer Khus nul

Pembelajar dan Pejalan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya