6 Gerakan Yoga Untuk Pemula yang Bisa Kamu Coba

Gerakannya sederhana

Yoga sebelumnya dimaknai sebagai penyatuan dengan alam atau penyatuan dengan Sang Pencipta. Dewasa ini yoga dikenal dikalangan masyarakat sebagai bagaian dari kegiatan aktivitas olahraga dan menjadi gaya hidup masyarakat modern untuk menjaga kesehatan fisik maupum psikis. Buat kamu yang baru memulainya, berikut enam gerakan yoga untuk pemula yang mudah untuk dipraktikkan:

1. Meditasi

6 Gerakan Yoga Untuk Pemula yang Bisa Kamu CobaInstagram/shiho_style

Meditasi singkat dengan memusatkan pikiran dan pernafasan adalah gerakan awal atau "pemanasan" sebelum memulai rangkaian gerakan yoga lainnya.

2. Cow pose

6 Gerakan Yoga Untuk Pemula yang Bisa Kamu CobaInstagram/themaverickess

Fokus pose menarik nafas dengan menekan dada dan tulang ekor membentuk lengkungan tulang punggung ke bawah ke arah matras, manfaat pose ini untuk meregangkan tulang belakang.

3. Cat pose

6 Gerakan Yoga Untuk Pemula yang Bisa Kamu CobaInstagram/entrelosmatices_

Cat Pose dilakukan setelah melakukan cow pose dengan embusan napas digunakan menarik perut ke arah tulang belakang dan punggung lengkungan ke atas seperti kucing.

Baca Juga: Sederet Keuntungan Jasmani dan Rohani ketika Kamu Rutin Melakukan Yoga

4. DownDog pose

6 Gerakan Yoga Untuk Pemula yang Bisa Kamu CobaInstagram/satoko_yogini

Donwdog atau dalam bahasa Sansekerta pose ini disebut Adho Mukha Svanasana dilakukan dengan mengangkat pinggul tinggi ke atas, meluruskan tumit ke matras dan menurunkan kepala hingga leher bahu sejajar. Pose ini bermanfaat mengurangi stres dan memperbaiki aliran darah ke seluruh tubuh.

5. Plank pose

6 Gerakan Yoga Untuk Pemula yang Bisa Kamu CobaInstagram/helen_garner_yoga

Jika pose ini dilakukan setelah pose Downdog maka turunkan pinggul dan arahkan kaki ke belakang dan tangan beserta bahu sejajar menopang tubuh. Pose plank dalam yoga dipercaya bermanfaat untuk sistem syaraf.

6. Child pose

6 Gerakan Yoga Untuk Pemula yang Bisa Kamu CobaInstgram/yogiinthecity

Child pose atau balasan dikenal sebagai istirahatnya dalam yoga. Pose ini sangat mudah dilakukan dengan menjalankan tangan ke depan lurus, badan turun ke matras, lutut melebar dan kening menyentuh matras. Pose ini menenangkan badan dan pikiran setelah melakukan beberapa gerakan yoga.

Gerakan yoga untuk pemula yang sederhana dengan tingkat kesulitan yang tergolong rendah ini bisa kalian coba sendiri saat kalian memiliki waktu senggang. Ayo hidup sehat dan bahagia dengan beryoga.

Baca Juga: 5 Manfaat Yoga untuk Pekerja Kantoran, Ternyata Bikin Makin Produktif!

Kiyomi Photo Writer Kiyomi

Fashionista, k-drama holic, yoga and traveling. Mental Health Awareness Instagram @kwidyas

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Merry Wulan
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya