Comscore Tracker

Resmikan Lapangan Latihan Stadion JIS, Anies: Ini Jadi Percontohan

Anies mengatakan pembangunannya sudah 40 persen

Jakarta, IDN Times - Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan, Lapangan Latih Stadion Jakarta International Stadium (JIS) merupakan milestone (tonggak sejarah) dalam proses penyelesaian JIS, yang diharapkan dapat selesai sesuai jadwal, target kualitas, dan perencanaan biayanya.

"Alhamdulillah kita bukan saja bersyukur bahwa ini tuntas, tapi kita juga bangga karena Jakarta lewat stadion latih ini sudah mulai menunjukkan bahwa kita bisa menghadirkan kualitas global di Ibu kota dan insya Allah kita akan bisa merawatnya, dan insya Allah ini akan menjadi tempat rujukan percontohan bagi semua," kata Anies saat meresmikan lapangan itu secara virtual pada Senin (28/12/2020) dalam keterangan resminya.

1. Berharap JIS bisa jadi fasilitas bertemunya banyak pihak

Resmikan Lapangan Latihan Stadion JIS, Anies: Ini Jadi PercontohanGubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan menghadiri acara Peresmian Lapangan Latih Stadion Jakarta International Stadium (JIS) secara virtual (Dok. Humas Pemprov DKI Jakarta)

Dia mengatakan bahwa kehadiran JIS bukan saja memfasilitasi kegiatan olahraga, tetapi juga memberi fasilitas sebagai ajang bertemunya semua unsur yang ada di Ibu Kota, Jabodetabek, tingkat nasional, regional hingga internasional.

"Sepak bola mempersatukan. Stadion ini menjadi wahananya. Stadionnya hadir dengan kelas global. Lapangan latihnya yang hari ini diresmikan merupakan appetizer. Kalau kita makan itu ada appetizer-nya (hidangan pembuka), nanti main course-nya (hidangan utama) akan disiapkan saat stadion selesai. Tapi appetizer-nya sudah menggambarkan kualitas stadion nanti," ujar dia.

 

Baca Juga: Sambangi Stadion JIS Bersama Anies Baswedan, Ini Kata Bos Persija

2. Proses pengerjaan sudah 40 persen

Resmikan Lapangan Latihan Stadion JIS, Anies: Ini Jadi PercontohanPeresmian Lapangan Latih Stadion Jakarta International Stadium (JIS) (Dok. Humas Pemprov DKI Jakarta)

Anies juga mengatakan, selain pembangunan, perawatan merupakan salah satu hal penting yang perlu dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. Eks menteri pendidikan ini berharap, seluruh pihak dapat menjaga dan merawat JIS dengan baik, tata kelola yang disiplin agar kualitasnya tidak menurun, meskipun digunakan bertahun-tahun.

Dia juga berharap Lapangan Latihan JIS ini menjadi tempat menempa dan menimba ilmu para pemain, sehingga mereka terbiasa dengan lapangan berkualitas internasional.

"Mari kita tuntaskan. Sekarang sudah 40an persen lebih. Yuk kita tuntaskan. Mudah-mudahan bisa selesai lebih cepat dari jadwal," kata Gubernur Anies.

3. Sejumlah fasilitas yang tersedia di Lapangan Latih JIS

Resmikan Lapangan Latihan Stadion JIS, Anies: Ini Jadi PercontohanIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Berikut merupakan daftar beberapa fasilitas yang diklaim Anies bakal menghiasi Lapangan Latih JIS :

1. Playing Field 165x68 meter berstandar FIFA
2. Kualitas rumput setara FOP (field of play) lapangan utama
3. Resisteance dan durability 2-3 kali lebih kuat.
4. Kapasitas tribun 600 orang
5. Fasilitas lapangan setara dengan stadion kelas dunia
6. Dapat menggelar pertandingan resmi tim junior, timnas dan klub
7. Memiliki sistem penyiraman dan drainase standar FIFA
8. Amenities standar FIFA

Baca Juga: Gantikan Persija, Persipura Jadi Wakil Indonesia di AFC Cup

Topic:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya