Netizen Hingga Imam Nahrawi Semangati Miftahul Jannah

Jannah didiskualifikasi karena enggan melepas jilbab

Jakarta, IDN Times - Miftahul Jannah merupakan salah satu atlet Judo putri Indonesia yang ikut serta dalam gelaran Asian Para Games 2018. Sayangnya Miftahul Jannah didiskualifikasi dari pertandingan judo tunanetra karena enggan melepas jilbab yang dikenakannya. 

Miftahul Jannah didiskualifikasi karena pasal yang tertulis di peraturan Federasi Judo Internasional, poin keempat Pasal 4 yang menyebutkan bahwa pemain dengan rambut panjang harus diikat agar tidak menimbulkan ketidaknyamanan pada rambut

Melihat kejadian tersebut, banyak tanggapan yang dilontarkan netizen melalui media sosial. 

1. Netizen beri apresiasi pada Miftahul Jannah

Netizen Hingga Imam Nahrawi Semangati Miftahul JannahANTARA FOTO/BOLA.COM/M Iqbal Ichsan/pras/18.

Melalui video yang diunggah di laman Instagram @idntimes.video netizen beramai-ramai mengomentari kejadian yang terjadi kepada Miftahul Jannah. Video yang telah ditonton sebanyak 29.600 ribu kali ini menjelaskan diskualifikasi yang dialami Miftahul Jannah. 

Sekitar 200 komentar meramaikan kolom komentar video tersebut. Ada yang merekomendasikan salah satu produk olahraga yang ramah bagi perempuan berhijab. Akun @reza_firs mengungkapkan bahwa ada hijab khusus olahraga, antara lain Nike pro Hijab.

@reza_firs : Munculnya para atlet muslimah tangguh dari negara muslim yang memakai jilbab mendorong produsen apparel olahraga kakap Nike membuat kerudung khusus bagi muslimah. Namanya “Nike pro Hijab”
Sebut saja nama Wojdan Shaherkani dari Arab Saudi, dia adalah muslimah atlet judo kakap dikelas 78 kilogram. Dia merajelela diajang judo internasional dan menjadi judoka putri terbaik dari wilayah dunia arab.

Selain memberi saran, ada juga yang menyayangkan kejadian tersebut dan turut mendoakan Miftahul Jannah: 

algipratamaputra : Apresiasi yang sangat tinggi untuk muslimah satu ini:)

arinmjputri : Ini Pilihan🙏 Main tapi lepas hijab, ato tetap berhijab tp gak main🙏🙏🙏 tergantung Individu lagi🙏🙏🙏

yazid.aq : Seperti namanya miftahul jannah : kunci syurga, semoga memang benar syurga untukmu ... Aamiin.

alberthuluu : Ikut perlombaan seharusnya sudah tau aturan 🤔 aturan kan sdh lama. Tp salut sama mbaknya 👌👌👌 Im not muslim but I proud of you 👌👌👌

Baca Juga: Atlet Judo Diminta Lepas Jilbab, Ini Penjelasan Lengkap INAPGOC 

2. Tagar #miftahuljannah ramai di Instagram

Netizen Hingga Imam Nahrawi Semangati Miftahul JannahInstagram.com/@aminbinrosidin/@vickyevas

Topik mengenai Miftahul Jannah juga ramai di media sosial Instagram. Sedikitnya ada sekitar 3.000 Tagar #MiftahulJannah di laman Instagram, ada yang memberi dukungan, tanggapan, bahkan kritik baik berupa foto maupun video.

Salah satunya adalah foto yang diunggah oleh akun Instagram @aminbinrosidin yang memberi dukungan terhadap Miftahul Jannah. Dalam kolom caption, akun @aminbinrosidin menuliskan ini:

aminbinrosidin : Subhanallah "Tak mau terpandang baik di mata dunia, tapi di mata Allah. " #miftahuljannah
Di diskualifikasi dari pertandingan Judo Asian Para games Indonesia 2018 karena tidak mau menanggalkan jilbabnya, lebih memilih mengundurkan diri dari pertandingan daripada harus bertanding tanpa menggunakan jilbabnya. 
Alhamdulillah 
Miftahul Jannah Juara Sesungguhnya 
Stay Strong
Stay Istiqomah 
#Allah
#Allahuakbar
#miftahuljannah #khabibnurmagomedov #subhanallah #Alhamdulillah
#belaagama #belaislam #tauhid
#muslim #islam #indonesia

Unggahan berupa gambar animasi juga menjadi bentuk dukungan terhadap Miftahul Jannah. Gambar tersebut diunggah oleh akun @vickyevas. Dalam illustrasi animasi tersebut @vickyevas menuliskan tulisan "Kami bangga padamu".

3. Nama Miftahul Jannah juga ramai di Twitter

Nama Miftahul Jannah yang didiskualifikasi dalam ajang  judo tunanetra juga menarik perhatian netizen di Twitter. Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi mengunggah sebuah video bersama dengan Miftahul Jannah. Dalam video tersebut Miftahul Jannah menjelaskan bahwa dirinya melanggar aturan namun mempertahankan prinsip.

"Iya regulasinya seperti itu, tapi prinsip Miftahpun harus Miftah jalanin," kata Miftah dalam video tersebut.

Miftah juga berpesan bahwa semua altet Indonesia yang bertanding dalam Asian Para Games agar menjadi kebanggaan Indonesia.

"Mendukung penuh Asian Para Games, buat temen-temen jadilah kebanggaan buat Indonesia, raihlah mendali sebanyak-banyaknya," pesan Miftahul Jannah.

Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi mengunggah video tersebut dengan caption bahwa prinsip tetap harus di hormati namun peraturan tetap harus ditegakkan.

@imam_nahrawi Mempertahankan prinsip patut kita hormati tp peraturan tetap harus ditegakkan. Pesan langsung Miftahul Jannah semalam. NPC Indonesia sudah meminta maaf atas insiden tersebut. Atlet asal Aceh ini juga memberi semangat khusus untuk semua atlet yg berlaga di #AsianParaGames2018

Bagaimana komentarmu soal Miftahul Jannah ini, guys?

Baca Juga: Atlet Judo Diminta Lepas Hijab, Ketua NPC: Ada Kesalahpahaman

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya