Comscore Tracker

Fakta Quan Hongchan, Atlet Termuda Olimpiade yang Rebut Medali Emas

Movitasi juara buat pengobatan ibu #IDNTimesSport #Tokyo2020

Usianya baru 14 tahun, tapi Quan Hongchan telah menorehkan prestasi gemilang di parade olahraga terbesar di dunia saat ini, Olimpiade Tokyo 2020. Ia berhasil menyabet medali emas dari cabang olahraga lompat indah.

China memang diketahui sebagai negara andalan dalam cabang olahraga ini. Di usia yang masih sangat muda, Quan Hongchan tidak segan-segan untuk unjuk gigi di depan para atlet yang lebih senior dan mengalahkan mereka.

Inilah 5 fakta Quan Hongchan, atlet termuda yang mewakili China serta berhasil mendapat medali emasi di Olimpiade Tokyo 2020.

1. Anak dari pasangan petani

Fakta Quan Hongchan, Atlet Termuda Olimpiade yang Rebut Medali Emaspotret Quan Hongchan saat mengalungkan medalinya (newswep.com)

Quan Hongchan lahir pada 28 Maret 2007 di Mazhang, Distrik Zhanjiang, Guandong, China. Ia merupakan anak ke 3 dari 5 bersaudara. Siapa sangka, atlet muda berbakat ini lahir dari keluarga sederhana yang orang tuanya berprofesi sebagai petani.

2. Memiliki bakat alam

Fakta Quan Hongchan, Atlet Termuda Olimpiade yang Rebut Medali Emaspotret Quan Hongchan saat melompat indah (walltub.com)

Bakatnya ditemukan oleh seorang perekrut yang sedang mencari atlet-atlet muda untuk berpartisipasi dalam kamp musim panas. Kakak laki-lakinya, Quan Jinhua mengatakan bahwa Hongchan sangat menyukai air, terutama menyelam bahkan sejak ia pertama melihat kolam. Selain berenang di kolam, ia juga sangat suka pergi ke pantai.

Baca Juga: Badai Tropis Mirinae Ancam Perhelatan Penutupan Olimpiade Tokyo  

3. Memiliki keluarga yang suportif

Fakta Quan Hongchan, Atlet Termuda Olimpiade yang Rebut Medali Emaspotret Quan Hongchan bersama kedua orang tuanya (yqqlm.com)

Keluarga Quan Hongchan, terutama kedua orang tuanya, sangat mendukung apa yang ia lakukan. Bahkan, pesan orang tuanya menjadi motivasi Quan Hongchan untuk menorehkan prestasi.

Orang tuanya berpesan untuk tidak gugup saat bertanding. Bagi mereka tidak penting ia mendapat medali atau tidak. Namun, mereka berharap Quan Hongchan tetap menjadi dirinya sendiri.

4. Niat mulia dibalik kemenangannya

Fakta Quan Hongchan, Atlet Termuda Olimpiade yang Rebut Medali Emaspotret Quan Hongchan saat berhasil memenangkan medali emas (news18.com)

Di balik usahanya, Quan Hongchan memiliki niat mulia yang juga menjadi motivasinya hingga berhasil meraih medali emas. Ia berusaha sekuat tenaga untuk menang agar dapat membantu membayar pengobatan ibunya yang sedang sakit hingga membutuhkan perawatan sepanjang tahun. 

Setelah mengetahui dirinya menang, ia merasa bahwa semua jerih upayanya terbayar.

5. Debut internasional dengan nilai tertinggi

Fakta Quan Hongchan, Atlet Termuda Olimpiade yang Rebut Medali Emaspotret Quan Hongchan saat melompat indah (people.com)

Tokyo Aquatics Centre menjadi saksi bisu debut Quan Hongchan menyelesesaikan lompatan indah setinggi 10 meter. Ia berhasil mendapatkan skor tertinggi yaitu 466,20.

Selain itu, ia juga berhasil mendapatkan nilai 10 dari 7 juri di sesi kedua dan keempat. Lompatannya dinilai memiliki postur yang sempurna dan tajam.

Itulah deretan fakta dari Quan Hongchan, atlet termuda peraih medali emas di Olimpiade Tokyo 2020. Semoga bisa menjadi inpirasi bagi semua, ya!

Baca Juga: 5 Fakta Unik Medali 'Sampah' Olimpiade Tokyo yang Jarang Diketahui

Lina Yasmin Photo Verified Writer Lina Yasmin

Pembaca novel jika sedang mood. Pemakan segala (yang halal), dan petidur ulung.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya