5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Usai Olahraga, Bikin Sia-sia

Kamu pasti pernah melakukannya

Beberapa persiapan sering dilakukan sebelum berolahraga. Di antaranya menyiapkan pakaian olahraga, mengisi perut, dan melakukan rangkaian pemanasan untuk menghindari terjadinya cedera saat berolahraga.

Tapi ternyata, tugasmu tidak berhenti sampai di situ saja lho. Setelah berolahraga, kamu harus melakukan beberapa hal untuk mengoptimalkan kesehatan tubuhmu. Akan tetapi, sebagian orang malah sering melakukan kesalahan setelah berolahraga. Apa saja kesalahan yang dilakukan? Simak ulasannya di bawah ini.

1. Mengabaikan gerakan pendinginan

5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Usai Olahraga, Bikin Sia-siaunsplash.com/Alexander Mils

Tidak hanya pemanasan yang penting, tapi juga pendinginan. Gerakan pendinginan baik untuk perengangan dan pelemasan otot tubuh, sehingga otot tidak menjadi kaku dan menimbulkan rasa nyeri setelah berolahraga.

Pendinginan baik dilakukan setelah gerakan inti. Tidak perlu terlalu lama, 3-5 menit saja sudah cukup untuk membantu melemaskan otot tubuh. Jangan biarkan otot melemas secara sendirinya. Hal inilah yang dapat memicu terjadinya cedera.

2. Lupa menghidrasi tubuh

5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Usai Olahraga, Bikin Sia-siaunsplash.com/Autri Taheri

Setelah berolahraga, tubuh cenderung merasa lelah dan membuatmu ingin tidur. Hal ini dipicu karena banyaknya cairan tubuh yang hilang saat berolahraga. Daripada bermalas-malasan, sebaiknya, obati rasa lelah dan kantuk ini dengan minum segelas air putih. Dijamin, tubuh akan langsung terhidrasi sehingga kamu kembali bugar dan semangat untuk menjalankan aktivitas.

Baca Juga: 6 Jenis Olahraga yang Direkomendasikan untuk Penderita Diabetes

3. Makan dalam porsi besar

5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Usai Olahraga, Bikin Sia-siaunsplash.com/Mike Mayer

Makan itu sangat dianjurkan setelah berolahraga, tapi perhatikan porsi makannya ya! Jangan sampai terlalu banyak atau besar karena dapat menghambat proses pembakaran lemak di dalam tubuh. Upayamu untuk berolahraga pun akan terkesan sia-sia ketika kalori yang masuk ke tubuh lebih besar daripada kalori yang berhasil dibakar.

4. Sibuk mengurusi pekerjaan lain, bukannya langsung mandi

5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Usai Olahraga, Bikin Sia-siaunsplash.com/Damian Zaleski

Sesibuk apapun kamu, usahakan untuk mandi terlebih dahulu setelah berolahraga, bukannya asyik mengurusi pekerjaan lain. Mandi tidak hanya membuat tubuhmu bersih dari kuman, tapi juga memberi efek segar yang membuat semakin fokus untuk beraktivitas.

Sisihkan waktu sekitar 5-10 menit untuk beristirahat sejenak sebelum akhirnya mandi. Pastikan mandinya menggunakan air dingin untuk membantu mempercepat proses pemulihan tubuh.

5. Aktivitas yang terlalu berat

5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Usai Olahraga, Bikin Sia-siaunsplash.com/Stanley Masinde

Kebanyakan orang sering melakukan aktivitas berat setelah berolahraga. Akibatnya, otot tubuh malah menjadi semakin lelah dan terasa nyeri hingga beberapa hari ke depan. Untuk mencegahnya, lebih baik istirahatlah terlebih dahulu setelah berolahraga.

Tidak perlu lama-lama, 30 menit saja sudah cukup. Setelah itu, kamu bisa melakukan aktivitas apapun, yang ringan atau yang berat apabila otot tubuhmu sudah merasa lebih baik.

Kesalahan mana nih yang paling sering kamu lakukan? Ayo ngaku saja.

Baca Juga: 5 Olahraga Ringan di Pagi Hari, Buat Badanmu Jadi Sehat dan Bugar

Louisa Gabe Photo Community Writer Louisa Gabe

Just a regular girl

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Efendi Ari Wibowo

Just For You