Comscore Tracker

Asian Games 2018: Elga Kharisma, Ratu BMX Indonesia

Panen emas dengan sepeda BMX

Jakarta, IDN Times - "BMX is my life, my first time to be an athlete in 2008." Elga, begitulah ia disapa, menulis kalimat tersebut di blog pribadinya pada 2014. Kecintaannya pada BMX setelah 4 tahun tidak berkurang, justru sebaliknya, prestasi demi prestasi ia torehkan untuk cabang olahraga balap sepeda BMX Indonesia.

Pembalap dengan nama lengkap Elga Kharisma asal Malang itu tercatat telah meraih medali emas sebanyak 3 kali di ajang SEA Games 2011 di Indonesia, SEA Games 2013 di Myanmar dan SEA Games 2017 di Malaysia.

Asian Games 2018 akan jadi momen Elga selanjutnya untuk kembali mengantongi emas untuk Indonesia. Meski ia masih harus menjalani pemulihan dari cedera yang dialaminya saat menjalani pelatihan untuk Kejuaraan Asia Cycling Championship (ACC) pada Februari silam, Elga yakin dirinya segera sembuh.

"Semua atlet pasti menginginkan prestasi tertinggi. Apalagi Asian Games 2018 di rumah sendiri. Kebanggaan pasti berbeda. Makanya saya terus bersiap diri untuk menghadapi kejuaraan ini," ujar Elga kepada salah satu media nasional pada 16 Maret 2018.

Semangatnya patut diacungi dua jempol!

1. Awalnya coba-coba, lama-lama ketagihan

Asian Games 2018: Elga Kharisma, Ratu BMX IndonesiaInstagram/@elga_kharisma

Perempuan kelahiran 14 November 1993 ini sejak kecil sudah akrab dengan balap sepeda. Terutama dari pamannya, Sugeng Trihartono yang berprofesi sebagai pelatih balap sepeda BMX.

Rasa ingin tahu Elga kecil membuatnya coba-coba dan kesukaannya pada balap sepeda langsung mendapat dukungan dari kedua orang tuanya. Kesuksesan Elga mengikuti kompetisi balap sepeda hingga saat ini tidak terlepas dari peran orang tua yang suportif.

2. Ciri khas rambut pendek

Asian Games 2018: Elga Kharisma, Ratu BMX IndonesiaInstagram/@elga_kharisma

Dalam berbagai kesempatan yang diabadikannya melalui foto, Elga suka banget pakai kemeja yang dipadukan dengan celana pendek. Simple yet stylish! Selain itu Ega juga selalu menjaga rambutnya tetap pendek. Keren, ya!

3. Punya bisnis konveksi

Asian Games 2018: Elga Kharisma, Ratu BMX IndonesiaInstagram/@elga_kharisma

Elga tak hanya cekatan di arena, tapi juga dalam melihat peluang usaha. Bisnisnya pun gak jauh-jauh dari BMX, yaitu bisnis apparel BMX dengan nama Elcloths44. Upayanya merintis bisnis patut diacungi jempol. Sebab, gak selamanya Elga bisa ber-BMX kan ya guys!

Baca Juga: Asian Games 2018: Marcus Gideon, Beban Berat Status Juara Dunia

Topic:

  • Dwi Agustiar
  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya