5 Capaian Terbaik Ahsan/Hendra di Turnamen BWF World Tour Finals

Jadi atlet Indonesia paling sukses di ajang WTF

BWF World Tour Finals (WTF) adalah ajang di mana delapan pemain terbaik dari tiap sektor yang tampil paling konsisten di sepanjang tahun akan bertanding untuk memperebutkan gelar bergengsi. Turnamen ini menjadi turnamen BWF dengan nominal jumlah hadiah tertinggi dan juga poin yang setara dengan pertandingan super 1000.

Jadi, bisa ikut bertanding di World Tour Finals merupakan sebuah impian dan kebanggaan bagi tiap pemain. Apalagi jika mereka bisa meraih gelar juara di turnamen besar ini. Dari Indonesia sendiri, pemain yang paling sukses di ajang World Tour Finals adalah Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan.

Intip lagi kelima capaian terbaik Ahsan/Hendra di ajang BWF World Tour Finals yang telah mereka ikuti sejauh ini lewat ulasan berikut, ya! Mereka kukuhkan diri sebagai salah satu legenda bulu tangkis terbaik Indonesia!

1. World Tour Finals 2013

5 Capaian Terbaik Ahsan/Hendra di Turnamen BWF World Tour FinalsMohammad Ahsan/Hendra Setiawan (youtube.com/BWF TV)

Pasangan berjuluk The Daddies ini mulai dipasangkan pada tahun 2012. Sudah tampil baik sejak awal dipasangkan, pada tahun 2013 mereka sukses menjadi juara dunia dan mendapat tiket istimewa untuk bisa ikut bertanding di World Tour Finals.

World Tour Finals 2013 merupakan debut mereka sebagai pasangan di ajang bergengsi ini. Tampil memukau, Ahsan/Hendra sukses keluar sebagai juara di debut mereka sebagai pasangan baru di World Tour Finals 2013. Di babak final, mereka menumbangkan Kim Gi Jung/Kim Sa Rang (Korea Selatan) dengan skor 21-14 dan 21-16.

2. World Tour Finals 2015

5 Capaian Terbaik Ahsan/Hendra di Turnamen BWF World Tour FinalsMohammad Ahsan/Hendra Setiawan (youtube.com/BWF TV)

Seiring berjalannya waktu, Ahsan/Hendra semakin menunjukkan dominasi mereka di persaingan ketat sektor ganda putra dunia. Pada tahun 2015, mereka kembali merebut gelar juara dunia dan mendapat tiket istimewa untuk bisa ikut bertanding di World Tour Finals.

Dengan skill permainan yang semakin baik dan chemistry yang semakin padu, Ahsan/Hendra berhasil meraih gelar kedua mereka di turnamen penutup tahun BWF ini. Di partai final World Tour Finals 2015, mereka membukukan kemenangan setelah mengalahkan Chai Biao/Hong Wei (China) lewat rubber game dengan skor 13-21, 21-14, dan 21-14.

Baca Juga: 11 Desain Rumah Mewah Mohammad Ahsan, Konsepnya Moderen dan Elegan

3. World Tour Finals 2019

5 Capaian Terbaik Ahsan/Hendra di Turnamen BWF World Tour FinalsMohammad Ahsan/Hendra Setiawan (youtube.com/BWF TV)

Pada tahun 2019, usia dari Ahsan/Hendra sudah memasuki kepala tiga, tetapi kehebatan mereka di lapangan tetap luar biasa. Andalan Indonesia ini bahkan meraih gelar juara dunia ketiga mereka dan kembali mendapat tiket istimewa untuk bisa ikut bertanding di World Tour Finals.

Tidak menyia-nyiakan kesempatan, The Daddies kembali mendapat gelar ketiga mereka di World Tour Finals. Lewat dua gim langsung, mereka berhasil meraih kemenangan usai mengalahkan Yuta Watanabe/Hiroyuki Endo (Jepang) dengan skor 24-22 dan 21-19.

4. World Tour Finals 2020

5 Capaian Terbaik Ahsan/Hendra di Turnamen BWF World Tour FinalsMohammad Ahsan/Hendra Setiawan (youtube.com/BWF TV)

Masa kejayaan Ahsan/Hendra sempat harus terhenti akibat pandemik COVID-19. Di sepanjang tahun 2020, semua pertandingan bulu tangkis resmi ditunda. Ajang World Tour Finals pun juga terkena dampak dari pandemik ini.

Di saat keadaan mulai membaik, satu demi satu turnamen yang tertunda pun kembali digelar di tahun 2021, termasuk turnamen World Tour Finals. Ajang World Tour Finals 2020 resmi digelar pada Januari 2021 lalu, di mana The Daddies menjadi satu-satunya wakil ganda putra Indonesia yang berlaga di turnamen tutup tahun BWF ini.

Tetap menunjukkan dominasi mereka, Ahsan/Hendra kembali sukses melangkah sampai partai final. Namun, kali ini mereka harus menelan kekalahan dari Lee Yang/Wang Chi Lin (Taiwan) dengan skor 21-17 dan 23-21.

5. World Tour Finals 2022

5 Capaian Terbaik Ahsan/Hendra di Turnamen BWF World Tour FinalsMohammad Ahsan/Hendra Setiawan (instagram.com/badminton.ina)

Pada tahun 2022 ini, Ahsan/Hendra tetap menunjukkan konsistensi mereka di tengah gempuran pemain ganda putra muda. Mereka tetap tampil konsisten dan berhasil lolos kualifikasi untuk kembali ikut di ajang World Tour Finals tahun ini.

Kembali membuktikan mereka adalah yang terbaik, Ahsan/Hendra sukses menjadi wakil Indonesia pertama yang lolos ke partai final. Tetapi, The Daddies harus kembali puas dengan hasil runner-up setelah kalah tiga gim, 21-17, 19-21, dan 21-12 dari Liu Yu Chen/Ou Xuan Yi (China).

Sejak mulai dipasangkan di tahun 2012, Ahsan/Hendra sudah berhasil meraih tiga gelar juara dan dua kali runner-up di BWF World Tour Finals. Hasil ini sukses membuat mereka menjadi pebulu tangkis Indonesia paling sukses di ajang World Tour Finals. The Daddies memang terbaik!

Baca Juga: 11 Potret Harmonis Hendra Setiawan dan Istri, Sudah 11 Tahun Bersama!

Lulu SARIFAH Photo Verified Writer Lulu SARIFAH

Just survive somehow

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya