7 Debutan yang Lolos ke Semifinal BWF World Tour Finals 2022

Ada dua debutan dari Indonesia, lho!

Pada ajang BWF World Tour Finals (WTF) tahun 2022 ini, ada banyak pemain yang menjadi debutan. Pastinya itu menjadi satu hal yang sangat membanggakan bagi para pemain debutan ini karena mereka bisa menjadi salah satu dari delapan pemain terbaik dari tiap sektor yang tampil paling konsisten di sepanjang tahun 2022.

Jadi, bisa ikut bertanding di World Tour Finals merupakan sebuah kebanggaan bagi tiap pemain. Apalagi, jika di debut mereka ini, mereka mampu lolos dari fase grup dan melaju ke babak semifinal. Berikut ini ada beberapa pemain debutan yang sukses melangkah ke babak semifinal, siapa saja mereka? Ada juga debutan dari Indonesia, lho.

1. Kodai Naraoka (Jepang)

7 Debutan yang Lolos ke Semifinal BWF World Tour Finals 2022Kodai Naraoka (instagram.com/bwf.official)

Satu-satunya tunggal putra debutan yang berhasil melaju ke babak semifinal World Tour Finals 2022 adalah Kodai Naraoka. Tunggal putra Jepang ini berhasil lolos ke semifinal setelah menempati posisi runner-up grup A.

Di babak fase grup, Naraoka berhasil meraih dua kemenangan dari Prannoy H.S (India). Sementara itu, kemenangan kedua ia dapatkan berkat menumbangkan Lu Guang Zu (China).

2. Zhang Shu Xian/Zheng Yu (China)

7 Debutan yang Lolos ke Semifinal BWF World Tour Finals 2022Zhang Shu Xian/Zheng Yu (instagram.com/badthai.official)

Ganda putri muda dari China, Zhang Shu Xian/Zheng Yu, juga menjadi salah satu debutan sektor ganda putri yang malaju ke semifinal. Keluar sebagai runner-up grup B, Zhang/Zheng menjadi ganda putri kedua China yang lolos dari fase grup.

Pada babak fase grup, mereka juga berhasil meraih dua kemenangan. Apriyani Rahayu/Siti Fadia (Indonesia) menjadi pasangan pertama yang mereka tumbangkan. Lalu ada Pearly Tan/Muralitharan Thinaah (Malaysia) yang menjadi pasangan kedua yang ditumbangkan oleh Zhang/Zheng.

3. Jong Na Eun/Kim Hye Jeong (Korea Selatan)

7 Debutan yang Lolos ke Semifinal BWF World Tour Finals 2022Jong Na Eun/Kim Hye Jeong (instagram.com/badthai.official)

Ada lagi debutan dari sektor ganda putri yang lolos ke semifinal World Tour Finals 2022. Mereka adalah Jong Na Eun/Kim Hye Jeong. Ganda putri Korea Selatan ini berhasil lolos ke semifinal setelah menempati posisi runner-up grup A.

Di babak fase grup, Jong/Kim berhasil meraih dua kemenangan dari Vivian Hoo/Lim Chiew Sien (Malaysia). Sementara itu, kemenangan kedua mereka dapatkan dari ganda putri tuan rumah, Jongkolphan Kititharakul/Rawinda Prajongjai.

Baca Juga: 5 Unggulan yang Gagal Lewati Fase Grup World Tour Finals 2022

4. Benyapa Aimsaard/Nuntakarn Aimsaard (Thailand)

7 Debutan yang Lolos ke Semifinal BWF World Tour Finals 2022Benyapa Aimsaard/Nuntakarn Aimsaard (instagram.com/bwf.offic

Ganda putri tuan rumah menjadi debutan dari sektor ganda putri terakhir yang lolos ke semifinal World Tour Finals 2022. Keluar sebagai juara grup A, Aimsaard bersaudara menjadi ganda putri satu-satunya dari Thailand yang lolos dari fase grup.

Meski hanya mendapat dua kemenangan, Aimsaard bersaudara tetap menjadi juara grup karena poin mereka lebih tinggi dibanding ganda putri di grup A lainnya. Dua kemenangan mereka dapat adalah dari Vivian Hoo/Lim Chiew Sien (Malaysia) dan Jong Na Eun/Kim Hye Jeong (Korea Selatan).

5. Liu Yu Chen/Ou Xuan Yi (China)

7 Debutan yang Lolos ke Semifinal BWF World Tour Finals 2022Liu Yu Chen/Ou Xuan Yi (instagram.com/bwf.official)

Satu lagi debutan dari China yang berhasil lolos ke semifinal World Tour Finals 2022. Kali ini ada Liu Yu Chen/Ou Xuan Yi dari sektor ganda putra.

Meraih tiga kemenangan dari fase grup, Liu/Ou keluar sebagai juara grup B dan melaju ke semifinal. Kemenangan yang mereka dapat adalah dari Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen (Denmark), Aaron Chia/Soh Wooi Yik (Malaysia), dan Ahsan/Hendra (Indonesia).

6. Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (Indonesia)

7 Debutan yang Lolos ke Semifinal BWF World Tour Finals 2022Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (instagram.com/badminton

Satu lagi debutan dari sektor ganda putra yang lolos ke semifinal World Tour Finals 2022 adalah wakil dari Indonesia. Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto berhasil lolos ke semifinal setelah menempati posisi runner-up grup A.

Di babak fase grup, duo FajRi berhasil meraih dua kemenangan dari Choi Sol Gyu/Kim Won Ho (Korea Selatan). Kemenangan kedua mereka dapatkan dari Takuro Hoki/Yugo Kobayashi (Jepang).

7. Rinov Rivaldy/Phita Haningtyas Mentari (Indonesia)

7 Debutan yang Lolos ke Semifinal BWF World Tour Finals 2022Rinov Rivaldy/Phita Haningtyas Mentari (instagram.com/badminton.ina)

Satu lagi debutan dari Indonesia yang berhasil lolos ke semifinal World Tour Finals 2022. Kali ini ada Rinov Rivaldy/Phita Haningtyas Mentari dari sektor ganda campuran.

Meraih dua kemenangan dari fase grup, Rinov/Mentari keluar sebagai runner-up grup A dan melaju ke semifinal. Kemenangan yang mereka dapat adalah dari Goh Soon Huat/Shevon Jemie Lai (Malaysia) dan Thom Gicquel/Delphine Delrue (Prancis).

 

Meski ketujuh pemain di atas adalah debutan dan baru pertama kali berlaga di ajang sebesar World Tour Finals, mereka mampu memberikan yang terbaik hingga melaju ke semifinal. Mereka membuktikan bahwa kerja keras tidak akan mengkhianati hasil.

Baca Juga: Rinov/Pitha Tembus Semifinal WTF 2022 Lewat Comeback Ajaib

Lulu SARIFAH Photo Verified Writer Lulu SARIFAH

Just survive somehow

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya