7 Tunggal Putri Dunia Naik Peringkat usai Piala Sudirman 2023

Gregoria Mariska Tunjung makin kokoh di top 10

BWF telah melakukan pembaruan peringkat dunia pada, Selasa (23/5/2023). Poin dari turnamen Piala Sudirman 2023 menjadi salah satu yang masuk ke dalam pembaruan peringkat tersebut.

Tercatat, ada tujuh pebulu tangkis tunggal putri dunia yang naik peringkat pekan ini. Hal ini tentu tak lepas dari performa mereka saat membela tim masing-masing di Piala Sudirman 2023. Cek update peringkat BWF terkini sederet tunggal putri dunia setelah Piala Sudirman 2023 melalui ulasan berikut!

1. Ratchanok Intanon (Thailand)

7 Tunggal Putri Dunia Naik Peringkat usai Piala Sudirman 2023Ratchanok Intanon (instagram.com/bwf.official)

Tunggal putri Thailand, Ratchanok Intanon, sukses naik peringkat usai berhasil turut membawa Thailand sampai babak perempat final Piala Sudirman 2023. Ratchanok naik satu peringkat di urutan ke-7 dunia setelah sebelumnya ada di peringkat ke-8. Ia menggeser peringkat tunggal putri China, Wang Zhi Yi.

Baca Juga: 5 Tunggal Putra yang Tak Diturunkan selama Fase Grup Sudirman Cup 2023

2. Gregoria Mariska Tunjung (Indonesia)

7 Tunggal Putri Dunia Naik Peringkat usai Piala Sudirman 2023Gregoria Mariska Tunjung (instagram.com/badminton.ina)

Selanjutnya ada tunggal putri andalan Indonesia, Gregoria Mariska Tunjung, yang juga berhasil naik peringkat usai penampilannya di Piala Sudirman 2023. Melaju sampai babak semi final bersama tim Piala Sudirman 2023 Indonesia, Gregoria kini ada di urutan ke-9 dunia. Gregoria berhasil naik satu tingkat setelah sebelumnya ia menghuni peringkat ke-10 dunia.

3. Pornpawee Chochuwong (Thailand)

7 Tunggal Putri Dunia Naik Peringkat usai Piala Sudirman 2023Pornpawee Chochuwong (instagram.com/bwf.official)

Tidak ingin kalah dari rekannya, Pornpawee Chochuwong juga berhasil naik peringkat seperti Ratchanok usai ikut memperkuat tim Piala Sudirman 2023 Thailand. Ikut membawa Thailand sampai perempat final, Pornpawee sukses naik satu tingkat. Tunggal putri Thailand ini sekarang duduk di peringkat ke-11 dunia. Sebelumnya, Pornpawee ada di urutan ke-12 dunia.

4. Busanan Ongbamrungphan (Thailand)

7 Tunggal Putri Dunia Naik Peringkat usai Piala Sudirman 2023Busanan Ongbamrungphan (instagram.com/bwf.official)

Satu lagi tunggal putri Thailand yang ikut memperkuat tim Piala Sudirman 2023 juga berhasil naik peringkat. Ia adalah Busanan Ongbamrungphan. Busanan berhasil naik satu tingkat hingga kini bercokol tepat di bawah peringkat Pornpawee. Sebelumnya, ia menghuni peringkat ke-13 dunia. Saat ini, Busanan makin dekat ke top 10 setelah menduduki urutan ke-12 dunia.

Baca Juga: 5 Negara Terakhir yang Mengalahkan Indonesia di Sudirman Cup

5. Mia Blichfeldt (Denmark)

7 Tunggal Putri Dunia Naik Peringkat usai Piala Sudirman 2023Mia Blichfeldt (instagram.com/mia_blichfeldt)

Tunggal putri selanjutnya yang berhasil naik peringkat usai Piala Sudirman 2023 adalah Mia Blichfeldt. Tunggal putri asal Denmark ini menjadi satu-satunya tunggal putri Eropa yang naik peringkat usai penampilannya di Piala Sudirman 2023. Sebelumnya, Mia ada di peringkat ke-25 dunia. Kini, ia berhasil naik empat tingkat dan langsung menghuni peringkat ke-21 dunia.

6. Saena Kawakami (Jepang)

7 Tunggal Putri Dunia Naik Peringkat usai Piala Sudirman 2023Saena Kawakami (instagram.com/saaaena12)

Kali ini ada tunggal putri Jepang yang juga berhasil naik peringkat. Ia adalah Saena Kawakami yang berhasil ikut membawa Jepang melaju sampai babak semifinal Piala Sudirman 2023. Sebelumnya, Kawakami ada di peringkat ke-29 dunia. Kini, ia melesat naik tiga tingkat dan langsung menghuni peringkat ke-27 dunia.

7. Goh Jin Wei (Malaysia)

7 Tunggal Putri Dunia Naik Peringkat usai Piala Sudirman 2023Goh Jin Wei (instagram.com/jinweigoh)

Tunggal putri asal Malaysia menjadi tunggal putri terakhir yang juga berhasil naik peringkat usai Piala Sudirman 2023. Ia adalah tunggal putri muda, Goh Jin Wei. Goh Jin Wei berhasil turut membawa Malaysia melaju ke semifinal Piala Sudirman 2023. Kini, Goh Jin Wei berada di urutan ke-29 dunia. Ia berhasil naik satu peringkat setelah sebelumnya ada di urutan ke-30 dunia.

Dari ketujuh tunggal putri dunia di atas yang naik peringkat usai Piala Sudirman 2023, ternyata nama-nama pada daftar ini didominasi oleh wakil tunggal putri bulu tangkis Thailand. Thailand pun mengikuti jejak China yang memiliki tiga tunggal putri di daftar top 15 peringkat BWF.

Baca Juga: 7 Tunggal Putra Dunia yang Naik Peringkat usai Piala Sudirman 2023

Lulu SARIFAH Photo Verified Writer Lulu SARIFAH

Just survive somehow

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya