7 Unggulan Ganda Putri Tumbang sebelum Final Malaysia Masters 2023

Banyak unggulan ganda putri tumbang oleh nonunggulan

Semifinal Malaysia Masters 2023 telah bergulir kemarin, Sabtu (27/5/2023), di Axiata Arena, Kuala Lumpur, Malaysia. Dari sektor ganda putri, hanya ada satu pasang ganda putri unggulan yang berhasil melaju ke babak final. Itu artinya, banyak pemain unggulan ganda putri yang gugur pada babak awal karena takluk oleh pemain nonunggulan.

Siapa saja pemain unggulan yang tumbang itu? Berikut daftar unggulan ganda putri yang tumbang sebelum final Malaysia Masters 2023.

1. Jongkolphan Kititharakul/Rawinda Prajongjai (Thailand) [8]

7 Unggulan Ganda Putri Tumbang sebelum Final Malaysia Masters 2023Jongkolphan Kititharakul/Rawinda Prajongjai (instagram.com/bwf.official)

Unggulan kedelapan asal Thailand, Jongkolphan Kititharakul/Rawinda Prajongjai, tumbang sebelum final Malaysia Masters 2023 setelah takluk oleh pasangan nonunggulan dari Jepang. Mereka kalah dari ganda putri Rin Iwanaga/Kie Nakanishi. Unggulan kedelapan ini tumbang pada babak pertama dalam waktu pertandingan 1 jam 8 menit. Iwanaga/Nakanishi sendiri mengalahkan Jongkolphan/Rawinda dengan skor 10-21, 21-13, dan 18-21.

2. Kim So Yeong/Kong Hee Yong (Korea Selatan) [3]

7 Unggulan Ganda Putri Tumbang sebelum Final Malaysia Masters 2023Kim So Yeong/Kong Hee Yong (instagram.com/bwf.official)

Ganda putri nonunggulan kembali menaklukkan pemain unggulan lainnya. Kali ini ada Hsu Ya Ching/Lin Wan Ching dari Taiwan yang menumbangkan unggulan ketiga dari Korea Selatan, Kim So Yeong/Kong Hee Yong. Lewat pertandingan tiga set yang berlangsung hingga 1 jam 42 menit, Kim/Kong harus mengakui keunggulan Hsu/Lin. Mereka kalah pada babak kedua dengan skor 16-21, 21-15, dan 19-21.

3. Nami Matsuyama/Chiharu Shida (Jepang) [1]

7 Unggulan Ganda Putri Tumbang sebelum Final Malaysia Masters 2023Nami Matsuyama/Chiharu Shida (instagram.com/bwf.official)

Nami Matsuyama/Chiharu Shida juga menjadi unggulan ganda putri yang tumbang sebelum final Malaysia Masters 2023. Wakil Jepang yang menempati unggulan pertama ini takluk atas Baek Ha Na/Lee So Hee, pemain nonunggulan dari Korea Selatan. Matsuyama/Shida gugur setelah melewati pertarungan selama 51 menit. Skor akhir dari pertandingan di perempat final ini adalah 16-21 dan 17-21 untuk kekalahan Matsuyama/Shida.

Baca Juga: Perjalanan Gregoria Mariska Tunjung ke Final Malaysia Masters 2023

4. Yuki Fukushima/Sayaka Hirota (Jepang) [4]

7 Unggulan Ganda Putri Tumbang sebelum Final Malaysia Masters 2023Yuki Fukushima/Sayaka Hirota (instagram.com/bwf.official)

Ganda putri Jepang kembali tumbang sebelum final Malaysia Masters 2023. Yuki Fukushima/Sayaka Hirota, yang menempati posisi unggulan keempat, juga gugur pada babak perempat final saat bersua ganda putri tuan rumah, Pearly Tan/Muralitharan Thinaah. Pada pertandingan melawan unggulan keenam ini, Fukushima/Hirota takluk lewat duel melelahkan yang berdurasi selama 1 jam 51 menit. Dengan skor 13-21, 21-19, dan 21-16, Tan/Thinaah menumbangkan Fukushima/Hirota.

5. Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti (Indonesia) [2]

7 Unggulan Ganda Putri Tumbang sebelum Final Malaysia Masters 2023Apriyani Rahayu/Siti Fadia (instagram.com/badminton.ina)

Unggulan kedua dari Indonesia, Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti, tumbang di perempat final Malaysia Masters 2023. Ganda putri andalan Indonesia ini ditaklukkan oleh ganda putri unggulan kelima dari Korea Selatan, Jeong Na Eun/Kim Hye Jeong. Jeong/Kim membukukan kemenangan atas Apriyani/Fadia lewat rubber game. Dalam waktu pertandingan 1 jam 28 menit, Jeong/Kim meraih kemenangan dengan skor  21-15, 18-21, dan 21-16.

6. Jeong Na Eun/Kim Hye Jeong (Korea Selatan) [5]

7 Unggulan Ganda Putri Tumbang sebelum Final Malaysia Masters 2023Jeong Na Eun/Kim Hye Jeong (instagram.com/bwf.official)

Pertarungan sesama ganda putri unggulan kembali terjadi di semifinal Malaysia Masters 2023. Duel itu mempertemukan unggulan kelima, Jeong Na Eun/Kim Hye Jeong, dengan unggulan keenam, Pearly Tan/Muralitharan Thinaah. Dalam durasi pertandingan 1 jam 33 menit, ganda putri Malaysia menaklukkan Jeong/Kim lewat pertandingan dua set. Jeong/Kim takluk atas Tan/Thinaah dengan skor 19-21 dan 21-23.

7. Mayu Matsumoto/Wakana Nagahara (Jepang) [7]

7 Unggulan Ganda Putri Tumbang sebelum Final Malaysia Masters 2023Mayu Matsumoto/Wakana Nagahara (instagram.com/bwf.official)

Unggulan ganda putri dari Jepang kembali gagal melaju ke final Malaysia Masters 2023. Kali ini ada Mayu Matsumoto/Wakana Nagahara, unggulan ketujuh  yang dikalahkan oleh ganda putri Korea Selatan, Baek Ha Na/Lee So Hee. Baek/Lee membukukan kemenangan di semifinal atas Matsumoto/Nagahara dalam waktu pertandingan 1 jam 3 menit. Skor akhir dari duel ganda putri ini adalah 21-19 dan 21-14.

Pada partai puncak yang akan digelar hari ini, Minggu (28/5/2023), ganda putri unggulan Malaysia, Pearly Tan/Muralitharan Thinaah, akan menghadapi pemain nonunggulan. Mereka adalah Baek Ha Na/Lee So Hee dari Korea Selatan.

Baca Juga: Cetak Sejarah, Gregoria Mariska Melaju ke Final Malaysia Masters 2023

Lulu SARIFAH Photo Verified Writer Lulu SARIFAH

Just survive somehow

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya