6 Fakta Menarik Usai GP Valencia 2018 yang Perlu Kamu Tahu!

Musim 2018 berakhir, Marquez juara!

GP Valencia menjadi race penutup ajang MotoGP musim 2018. Andrea Dovizioso berhasil finish di tempat pertama disusul Alex Rins dan Pol Espargaro. Banyak fakta menarik dan kejadian seru yang terjadi sepanjang jalannya balapan.

Apa saja sih fakta-fakta menarik usai berakhirnya gelaran MotoGP 2018 di Valencia?

1. Diguyur hujan lebat

6 Fakta Menarik Usai GP Valencia 2018 yang Perlu Kamu Tahu!stadiumastro.com

Gelaran MotoGP musim 2018 di sirkuit Ricardo Tormo Valencia berlangsung seru. Lintasan yang sudah basah sejak awal balapan membuat para rider tergelincir satu per satu termasuk sang juara dunia Marc Marquez. Mereka kehilangan kontrol karena track yang licin dan hujan semakin lebat ketika balapan sedang berlangsung.

2. Diwarnai red flag

6 Fakta Menarik Usai GP Valencia 2018 yang Perlu Kamu Tahu!crash.net

Saat balapan berjalan 13 lap, red flag harus dikibarkan karena sudah banyak korban berjatuhan akibat kondisi lintasan yang kian memburuk. Balapan sempat ditunda sembari menunggu hujan berhenti sementara kru membersihkan lintasan dari air yang menggenang.

Pukul 15.00 waktu setempat, 14 lap tersisa dilanjutkan dengan posisi start menyesuaikan hasil lap 13. Keputusan restart balapan ini karena belum terpenuhinya syarat 3/4 balapan dari total 27 lap.

3. 9 Rider gagal finish

6 Fakta Menarik Usai GP Valencia 2018 yang Perlu Kamu Tahu!auto.ndtv.com

Total ada 9 rider yang gagal finish setelah race usai. Diantaranya Aleix Espargaro, Danilo Petrucci, Marc Marquez, Andrea Iannone, Jack Miller, Maverick Vinales, Franco Morbidelli, Thomas Luthi dan Alvaro Bautista.

Baca Juga: Juara Moto GP Sepang, Dovizioso Masih Punya Harapan Jadi Juara Dunia

4. Podium pertama bagi Pol Espargaro dan Tim Red Bull KTM

6 Fakta Menarik Usai GP Valencia 2018 yang Perlu Kamu Tahu!instagram.com/motogp

Pol Espargaro berhasil finish di tempat ketiga secara dramatis. Di awal race, Espargaro sempat berebut posisi ketiga dengan Marquez sebelum akhirnya keduanya terjatuh dari si kuda besi dengan selisih waktu yang tidak jauh.

Beruntung bagi Espargaro masih dapat melanjutkan balapan meski harus tergusur jauh dari posisi sebelumnya. Diulangnya balapan tak disia-siakan Espargaro. Dia terus memacu motornya hingga posisi keempat, berada di belakang Alex Rins, Valentino Rossi dan Andrea Dovizioso.

Saat balapan menyisakan 5 putaran lagi, tanpa diduga Rossi terjatuh dan membuatnya tergusur ke posisi buncit. Otomatis Espargaro menjadi berada di posisi ketiga dan berhasil konsisten hingga berakhirnya balapan. Podium ini merupakan yang pertama bagi Pol Espargaro selama MotoGP musim 2018 dan juga bagi timnya Red Bull KTM.

5. Race terakhir Pedrosa

6 Fakta Menarik Usai GP Valencia 2018 yang Perlu Kamu Tahu!instagram.com/motogp

Dani Pedrosa memutuskan pensiun dari pentas MotoGP dan GP Valencia ini menjadi balapan terakhirnya. Sebelumnya Pedrosa telah dinobatkan sebagai legenda MotoGP meskipun belum sempat meraih gelar juara dunia kelas MotoGP.

Di balapan terakhirnya, Pedrosa finish di tempat kelima setelah memenangkan battle dengan rookie rider asal Jepang Takaaki Nakagami.

6. Marquez juara dunia, Dovi runner-up

6 Fakta Menarik Usai GP Valencia 2018 yang Perlu Kamu Tahu!instagram.com/motogp

Meskipun tergelincir dan gagal finish, Marc Marquez tetap menduduki puncak klasemen dengan raihan 321 poin. Gelar juara dunia sebenarnya sudah dikunci sejak di GP Jepang lalu.

Andrea Dovizioso yang berhasil finish pertama di Valencia mengunci gelar runner-up karena poinnya sudah tak terkejar oleh rivalnya. Sementara tempat ketiga diraih Valentino Rossi karena pesaingnya Maverick Vinales yang gagal menyelesaikan balapan tidak mendapat tambahan poin.

Itulah beberapa fakta yang terjadi usai GP Valencia. Kira-kira siapa ya juara dunia musim 2019? Apakah Marquez berhasil mempertahankan gelarnya lagi? Kita tunggu tahun depan.

Baca Juga: Momen Haru Seusai Dani Pedrosa Dilantik Sebagai Legenda MotoGP 

Lutfia Afifah Photo Verified Writer Lutfia Afifah

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya