19 Cabor Unggulan Indonesia, Termasuk Bulu Tangkis

Mereka diharapkan bisa menghadirkan prestasi buat Indonesia

Jakarta, IDN Times - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) resmi mengumumkan daftar 19 cabang olahraga unggulan Indonesia di ajang Olimpiade dan Paralimpiade. Hal ini diumumkan dalam peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-38 hari ini, Kamis (9/9/2021).

Adapun cabor unggulan terdiri dari 14 cabor unggulan Olimpiade dan lima lainnya di Paralimpiade. Daftar cabor unggulan ini tertuang juga di dalam Desain Besar Olahraga Nasional (DBON).

1. Daftar cabor unggulan Indonesia

19 Cabor Unggulan Indonesia, Termasuk Bulu TangkisLifter Indonesia, Eko Yuli Irawan raih medali perak di Olimpiade Tokyo 2020 (Dok.NOC Indonesia)

Kemenpora mengumumkan ada 14 daftar cabor unggulan di Olimpiade untuk Indonesia. Semuanya tertuang dalam DBON dan pembinaannya akan dimaksimalkan demi mendongkrak prestasi olahraga nasional.

Seluruh cabor unggulan Olimpiade adalah atletik, bulu tangkis, senam artistik, panjat tebing, balap sepeda, angkat besi, panahan, menembak, renang, dayung, karate, wushu, taekwondo, dan pencak silat.

Sedangkan untuk Paralimpiade, Kemenpora menetapkan lima cabor unggulan. Yakni, para-atletik, para-badminton, para-power lifting, para-renang, dan para-tenis meja.

Baca Juga: Pencak Silat Jadi Sorotan Presiden Jokowi di Haornas ke-38

2. Jokowi soroti cabor wushu dan pencak silat

19 Cabor Unggulan Indonesia, Termasuk Bulu TangkisANTARA FOTO/Kumparan/INASGOC/Aditia Noviansyah

Presiden Joko "Jokowi" Widodo ikut meramaikan perayaan Haornas ke-38 yang jatuh pada Kamis (9/9/2021). Dia ikut membuka perayaaan Haornas sambil menyoroti sejumlah cabor potensial di Indonesia.

Ada dua cabor yang dianggap sangat potensial di Indonesia, yakni pencak silat dan wushu. Tak heran, karena dua cabor tersebut memang banyak menghadirkan prestasi buat Indonesia, termasuk emas di Asian Games 2018 silam.

"Kita memiliki bibit unggul di berbagai cabang olahraga. Bulu tangkis, angkat besi, panjat tebing, panahan, menembak, karate, taekwondo, balap sepeda, atletik, renang, dayung dan senam artistik. Lalu, dua cabor lain yang perlu dibina dengan baik yaitu pencak silat dan wushu," ujar Jokowi.

3. Kemenpora berikan penghargaan

19 Cabor Unggulan Indonesia, Termasuk Bulu TangkisPebulutangkis ganda Putri Indonesia Greysia Pollii (kiri) dan Apriyani Rahayu memperlihatkan medali emas yang berhasil mereka raih untuk nomor bulutangkis ganda putri Olimpiade Tokyo 2020 di Musashino Forest Sport Plaza, Tokyo, Jepang, Senin (2/8/2021). ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan.

Menpora Zainuddin Amali memberikan penghargaan kepada berbagai pihak yang telah menyumbang prestasi dan berkontribusi dalam pengembangan olahraga di Indonesia dalam perayaan Haornas ke-38.

Penghargaan diberikan kepada atlet, wasit, pembina cabang olahraga, dosen, hingga wartawan. Penyumbang medali emas Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo 2020, Greysia Polii/Apriyani Rahayu (ganda putri bulu tangkis) dan Hary Susanto/Leani Ratri Oktila (ganda campuran para-badminton) turut menerima penghargaan ini.

Baca Juga: Jokowi Sanjung Prestasi Hebat Indonesia di Haornas

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya