205 Negara Bakal Ikut World Beach Games 2023 di Bali

Ingin jadi titik balik untuk World Beach Games

Kudus, IDN Times - Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Raja Sapta Oktohari menegaskan sebanyak 205 negara akan turut berpartisipasi dalam gelaran World Beach Games 2023 mendatang. Bali sudah ditunjuk untuk menjadi tuan rumah gelaran tersebut.

World Beach Games 2023 rencananya akan berlangsung pada 5-15 Agustus 2023 mendatang.

"Dipastikan akan ada 205 negara ini bulan Agustus 2023. Ini akan menjadikan kegiatan ini jadi multievent olahraga terbesar dalam sejarah Indonesia," kata Okto dalam konferensi pers daring, Kamis (20/10/2022).

Baca Juga: ANOC World Beach Games Jadi Multievent Terbesar di Indonesia

1. Ingin jadi titik balik World Beach Games

205 Negara Bakal Ikut World Beach Games 2023 di BaliPeselancar Indonesia, Rio Waida (Instagram.com/riowaida_)

Bakal menggelar multi-event besar, Okto bertekad Indonesia akan menjadikan World Beach Games 2023 di Bali mendatang jadi titik balik gelaran ini. Menurut Okto, Indonesia sudah punya banyak referensi multi-event besar sebagai tuan rumah. Termasuk gelaran Asian Games 2018 lalu.

"Kami menjanjikan apa yang akan kami lakukan di Bali nanti akan jadi penanda titik awal baru terhadap standar ajang olahraga. Dan mereka akan paham ini caranya Indonesia," kata Okto.

Baca Juga: IFSC Yakin Indonesia Amankan Emas Olimpiade Paris 2024

2. Tujuan akhir tetap Olimpiade

205 Negara Bakal Ikut World Beach Games 2023 di BaliUpacara pembukaan Olimpiade Tokyo 2020 (Twitter.com/@Olympics)

Menjamu perhelatan besar olahraga, tujuan utama KOI adalah untuk gelaran Olimpiade di masa mendatang. Indonesia memang ingin menjadi tuan rumah dari perhelatan Olimpiade.

"Goal akhirnya adalah Olimpiade. Ini jadi ajang pembuktian kita pada dunia bahwa Indonesia punya kemampuan dan semangat tinggi untuk menjadi tuan rumah dan mengejar prestasi," ujar Oktor.

Baca Juga: Termasuk AirBadminton, Ini 4 Cabor Baru untuk World Beach Games 2023

3. Ada empat cabang olahraga baru

205 Negara Bakal Ikut World Beach Games 2023 di BaliIlustrasi AirBadminton (YouTube.com/BWF TV)

World Beach Game 2023 menambahkan empat cabang olahraga baru dalam gelarannya. Keempat cabang olahraga baru tersebut adalah Basket 3x3, AirBadminton, Rowing Beach Sprint, dan Surfing.

Total, terdapat 14 cabang olahraga yang akan dipertandingkan. Keempat cabang olahraga yang ditambahkan tersebut terbukti populer di kalangan atlet dan para penggemarnya.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya