3 Ganda Putra Indonesia Masuk 10 Besar Dunia, Dominan!

Fajar/Rian nyaman di puncak ranking

Jakarta, IDN Times - Indonesia masih mendominasi sektor ganda putra dunia. Dalam daftar ranking BWF, ada tiga pasangan Indonesia yang menduduki peringkat 10 besar.

Regenerasi di sektor ganda putra pun terbilang berjalan mulus. Buktinya, satu dari tiga pasangan yang menempati 10 besar dunia merupakan ganda putra muda.

1. Fajar/Rian masih nyaman di puncak

3 Ganda Putra Indonesia Masuk 10 Besar Dunia, Dominan!Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto jadi juara di Malaysia Open 2023 (dok. PP PBSI)

Pasangan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto masih nyaman di puncak peringkat ganda putra dunia versi BWF. Fajar/Rian mengumpulkan 94.379 poin dari 17 turnamen yang diikuti berdasarkan catatan per 30 Mei 2023.

Poin yang dimiliki Fajar/Rian terpaut jauh dari pasangan peringkat kedua asal China, Liu Yuchen/Ou Xuan Yi. Dari 16 turnamen yang diikuti, Liu/Ou mengumpulkan 77.808 poin.

Pekan ini, Liu/Ou baru menempati peringkat kedua dan menggeser pasangan Malaysia, Aaron Chia/Soh Wooi Yik.

Baca Juga: 5 Ganda Putra Dunia Naik Peringkat setelah Kejuaraan Asia 2023

2. Hendra/Ahsan turun peringkat

3 Ganda Putra Indonesia Masuk 10 Besar Dunia, Dominan!Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan memenangkan babak 32 besar Malaysia Open 2023 (dok. PP PBSI)

Pasangan senior Indonesia, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan masih berada di jajaran 10 besar dunia. Turun dua peringkat, pasangan yang akrab disapa The Daddies itu kini berada di peringkat delapan.

Hendra/Ahsan mengumpulkan 70.750 poin dari 14 turnamen yang sudah diiukuti. Hendra/Ahsan tersalip pasangan Jepang, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi, yang kini menempati peringkat lima.

Sementara, pasangan Malaysia, Ong Yew Sin/Teo Ee Yi yang kini berada di peringkat tujuh.

3. Leo/Daniel bertahan di 10 besar

3 Ganda Putra Indonesia Masuk 10 Besar Dunia, Dominan!Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin menembus semifinal Malaysia Masters 2023 (dok. PP PBSI)

Ganda putra muda, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin masih bertahan di 10 besar dunia. Mengumpulkan 65.089 poin dari 17 turnamen, pasangan ini berada di peringkat sembilan dunia.

Ya, Leo/Daniel hanya berselisih satu peringkat dari Hendra/Ahsan. Duet pemain belia ini menunjukkan konsistensi yang apik di dua turnamen BWF terakhir.

Di Orleans Masters 2023 dan Malaysia Masters 2023, Leo/Daniel mampu bertahan hingga babak semifinal.

Baca Juga: Demi Tiket OIimpiade, Hendra/Ahsan Ikut Canada Open 2023

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya