Comscore Tracker

3 Unggulan Bulu Tangkis Indonesia Tancap Gas ke Final SEA Games 2019

Semangat Indonesia!

Jakarta, IDN Times - Tiga wakil Indonesia untuk cabang olahraga bulu tangkis tancap gas ke babak final SEA Games 2019. Pertandingan semifinal berlangsung di Muntinlupa Sports Complex, Filipina pada Minggu (8/12).

Pada babak semifinal, lima wakil merah putih turun berlaga. Dua di antaranya terhenti langkahnya menuju final dan menyumbang medali perunggu SEA Games 2019 untuk Indonesia.

1. Praveen/Melati selangkah lebih dekat ke emas SEA Games 2019

3 Unggulan Bulu Tangkis Indonesia Tancap Gas ke Final SEA Games 2019Praveen Jordan/Melati Daeva Oktaviani lolos ke babak final SEA Games 2019 (IDN Times/PBSI)

Pertandingan wakil Indonesia dibuka oleh pasangan ganda campuran, Praveen Jordan/Melati Daeva Oktaviani. Pasangan ini mengatasi wakil Malaysia, Tan Kian Meng/Lai Pei Jing dalam dua set langsung dengan skor 21-16, 21-18.

Di set pertama, strategi bermain Praveen/Melati berjalan dengan baik. Terus mendominasi laga, keduanya mencapai keunggulan set pertama dengan skor 21-16.

Di awal set kedua, Praveen/Melati sempat tertinggal dengan skor 1-5 dan 4-7. Terus berusaha memperkecil ketertinggalan, Praveen/Melati justru menyalip skor wakil Malaysia dan menang 21-18.

Pulangkan satu wakil Malaysia, di babak final esok (9/12), Praveen/Melati ditantang wakil Malaysia lainnya, Goh Soon Huat/Lai Shevon yang telah mengalahkan wakil Indonesia, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari.

Baca Juga: Cabor Kayak Sumbang Medali Emas ke-33 Indonesia di SEA Games 2019!

2. Ruselli pulangkan unggulan pertama

3 Unggulan Bulu Tangkis Indonesia Tancap Gas ke Final SEA Games 2019Ruselli Hartawan melaju ke babak final SEA Games 2019 (IDN Times/PBSI)

Tiket final juga dikantongi wakil tunggal dari sektor tunggal putri Indonesia, Ruselli Hartawan. Tak tanggung-tanggung, Ruselli pulangkan unggulan satu SEA Games 2019 asal Thailand, Pornpawee Chochuwong.

Pertandingan berlangsung dalam rubber game. Set pertama dikuasai Ruselli hingga berakhir dengan kemenangan 21-16.

Memasuki set kedua, Ruselli tertinggal jauh dan sulit mengejar hingga laga berakhir dengan skor 10-21. Set penentuan terpaksa dimainkan.

Sejak awal set ketiga, Ruselli menguasai pertandingan hingga unggul 20-14. Pertandingan menjadi menegangkan saat Pornpawee berupaya mengejar ketertinggalan.

Beruntung Ruselli sukses menyudahi pertandingan dengan skor 21-18 dan mengamankan tiket final SEA Games 2019.

3. Greysia/Apriyani mulus ke babak final

3 Unggulan Bulu Tangkis Indonesia Tancap Gas ke Final SEA Games 2019Greysia Polii/Apriyani Rahayu berhasil amankan tiket semifinal SEA Games 2019 (IDN Tines/PBSI)

Pasangan ganda putri Indonesia, Greysia Polii/Apriyani Rahayu juga melaju ke babak final SEA Games 2019. Di babak semifinal hari ini (8/12), Greysia/Apriyani mengatasi wakil Malaysia, Vivian Hoo/Yap Cheng Wen.

Pertandingan berlangsung dalam dua set. Greysia/Apriyani pulangkan wakil Malaysia usai memenangkan laga dengan skor 21-18, 21-19.

Di babak final esok (9/12), Greysia/Apriyani akan menghadapi wakil Thailand, Chayanit Chaladchalam/Phataimas Muenwong. Meski memiliki catatan pertemuan unggul di atas wakil Thailand, Greysia/Apriyani tak mau jumawa dan memilih untuk tetap awas dan waspada untuk menghadapi Thailand di babak final.

4. Dua medali perunggu dari bulu tangkis

3 Unggulan Bulu Tangkis Indonesia Tancap Gas ke Final SEA Games 2019Wahyu Nayaka Arya Pankaryanira/Ade Yusuf Santoso sumbang perunggu SEAGames 2019 (IDN Times/PBSI)

Dua wakil Indonesia gugur di babak semifinal. Dua medali perunggu dipersembahkan untuk Indonesia dari sektor ganda campuran dan ganda putra.

Wakil ganda putra Indonesia, Wahyu Nayaka Arya Pankaryanira/Ade Yusuf Santoso gagal mengatasi wakil Malaysia, Aaron Chia/Soh Wooi Yik. Keduanya berlaga dalam rubber set namun takluk dengan skor 12-21, 21-18, 19-21.

Hal serupa dialami wakil ganda campuran Indonesia, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari yang juga melawan wakil Malaysia, Goh Soon Huat/Lai Shevon Jamie.

Berlaga panjang dalam rubber game, Rinov/Pitha takluk dengan skor 21-18, 11-21, 22-24.

Wahyu/Ade dan Rinov/Pitha sumbang medali perunggu untuk Indonesia dari gelaran SEA Games 2019.

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

https://www.youtube.com/embed/zooOle319ro

Baca Juga: Emas ke-31, Kali Ini Disumbangkan Tenis di SEA Games 2019!

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria
  • Dwifantya Aquina

Just For You