3 Turnamen Bulu Tangkis yang Digelar Sepanjang Januari 2021

Tim Indonesia berangkat hari ini

Jakarta, IDN Times - Setelah jeda panjang sejak Maret 2020, turnamen bulu tangkis kembali menyapa penikmatnya di bulan pertama 2021. Kini, aksi atlet-altet elite dunia di lapangan pun kembali bisa dinimati.

Hampir sepanjang 2020, hampir tak banyak agenda olahraga, termasuk bulu tangkis bisa digelar. Maklum, pandemik COVID-19 membuat banyak negara mengetatkan protokol kesehatan untuk meminimalkan penyebaran virusnya.

Ada tiga turnamen yang akan digelar sepanjang Januari 2021. Ketiganya akan berlangsung di Bangkok, Thailand. Turnamen BWF World Tour Final sebagai penutup musim 2020 akan menjadi turnamen puncak di pekan ketiga Januari 2021 mendatang.

1. Daftar 3 turnamen yang dihelat pada Januari 2021

3 Turnamen Bulu Tangkis yang Digelar Sepanjang Januari 2021bwfbadminton.com/news-single

Berikut deretan 3 turnamen bulu tangkis di Januari 2021:

Yonex Thailand Open
Yonex Thailand Open akan digelar di Bangkok, Thailand pada 12-17 Januari 2021 mendatang. BWF menetapkan turnamen ini sebagai turnamen Super Series.

Toyota Thailand Open
Di pekan ketiga Januari 2021, turnamen Toyota Thailand Open akan digelar. Masih digelar di Bangkok, turnamen Super 1000 ini akan berlangsung pada 19-24 Januari 2021.

BWF World Tour Finals 2020
Musim 2020 di cabang olahraga bulu tangkis belum resmi ditutup BWF imbas pandemik COVID-19 yang mewabah secara global.

Pada 27-31 Januari 2021 mendatang, BWF menggelar HSBC BWF World Tour Finals 2020. Turnamen akbar ini juga akan digelar di tempat yang sama dengan dua ajang sebelumnya pada Januari ini.

Baca Juga: Kevin Sanjaya Positif COVID-19, Minions Mundur dari Turnamen Bangkok

2. Turnamen Bangkok digelar tanpa Tiongkok dan Jepang

3 Turnamen Bulu Tangkis yang Digelar Sepanjang Januari 2021bwfworldtourfinals.bwfbadminton.com

Tiga turnamen yang digelar di Bangkok akan berlangsung tanpa kehadiran tim kuat seperti Tiongkok dan tim Jepang. Kedua negara tersebut memutuskan untuk mengundurkan diri.

Tiongkok mundur lantaran masih khawatir dengan pandemik COVID-19 yang belum berakhir. Selain itu, dikabarkan penerbangan ke luar Tiongkok juga belum sepenuhnya dibuka.

Sedangkan Jepang memutuskan mundur di detik-detik akhir setelah tunggal putra nomor satu dunia asal Jepang, Kento Momota diketahui positif COVID-19 sebelum bertolak berangkat ke Bangkok, Thailand. Alhasil, federasi bulu tangkis Jepang, (NBA) memilih untuk tak memberangkatkan semua atletnya.

3. Tim Indonesia bertolak ke Thailand hari ini

3 Turnamen Bulu Tangkis yang Digelar Sepanjang Januari 2021IDN Times/PBSI

Skuat Indonesia diketahui bertolak ke negeri seribu pagoda pada Senin (4/1/2021). Putra-putri terbaik negeri akan kembali berlaga merebut gelar juara di lapangan.

Sebelumnya tim Indonesia sudah melakukan tes swab dan hasilnya diketahui negatif, sehingga skuat Indonesia bisa terbang ke Thailand untuk mengikuti turnamen tiga pekan.

"Demi menjamin kesehatan dan keselamatan terpapar dari COVID-19, tim Indonesia terpaksa mencarter pesawat dan buka menggunakan pesawat komersial biasa," ujar Ketua Bidang Humas dan Media PP PBSI, Broto Happy seperti dikutip ANTARA pada Senin (4/1/2021).

Baca Juga: BWF Rilis Jadwal 2021, Indonesia Open Digelar Juni

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya