Comscore Tracker

4 Keuntungan Sistem Skor 5x11 Versi BWF

Tengok sederet alasan mengapa BWF mau pakai sistem skor 5x11

Jakarta, IDN Times - Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) dipastikan akan melakukan jajak pendapat terkait dengan proposal perubahan skor pertandingan bulu tangkis dari 3x21 menjadi 5x11 akhir pekan ini. Pembahasan akan dilakukan dalam Rapat Tahunan BWF di Kuala Lumpur, Malaysia, pada Sabtu 22 Mei 2021 mendatang.

Meski sudah cukup lama mencuat, beberapa pihak belum mengetahui apa yang menjadi pandangan BWF untuk mempertimbangkan perubahan sistem skor yang diajukan Pengurus Besar Persatuan Bulu tangkis Seluruh Indonesia (PB PBSI) dan Federasi Bulu Tangkis Maladewa ini.

Berikut 4 keuntungan dari perubahan skor versi BWF di laman resminya:

Baca Juga: Sistem Baru 5x11 Bulu Tangkis yang Ternyata Menguntungkan

1. Dongrak daya jual bulu tangkis

4 Keuntungan Sistem Skor 5x11 Versi BWFIlustrasi bulu tangkis (Instagram.com/bwf.official)

Menurut BWF, pergantian sistem skor bisa membuat olahraga bulu tangkis lebih menyenangkan dan lebih menarik. Kemampuan elite bulu tangkis dunia juga menurut BWF dapat ditingkatkan dengan pergantian sistem ini, hingga akhirnya tensi kompetisi memanas.

Implikasi yang muncul, nilai komersial meningkat. Kemudian fans makin banyak karena laga-laga yang hadir makin sengit. Profil para bintang juga bisa meningkat dan memunculkan bakat baru bulu tangkis dunia karena aturan itu menuntut kecerdasan dalam bermain. Terobosan ini juga bisa jadi model bagi adaptasi cabang olahraga lain.

2. Menguji sistem yang ada saat ini

4 Keuntungan Sistem Skor 5x11 Versi BWFInformasi soal pengusulan perubahan skor pertandingan bulu tangkis versi BWF (Sumber: https://bwfbadminton.com)

Perubahan sistem skor pertandingan bulu tangkis ini, menurut BWF, juga dapat menguji yang sedang digunakan.

Dengan aturan 3x21, menurut BWF, pertandinganberlangsung lebih lama, dengan jeda antar poin yang juga lebih panjang. Selain itu, tekanan fisik dan mental juga diakui akan dialami para atlet. Ditambah, potensi cedera lebih besar akibat stamina terkuras banyak.

Maka dari itu, perlu ada perubahan dalam sistem skor yang bisa melindungi atlet, namun tak mengesampingkan nilai kompetisinya.

3. Usulan sistem penilaian 5x11

4 Keuntungan Sistem Skor 5x11 Versi BWFIlustrasi bulu tangkis (instagram.com/bwf.official)

BWF menerima usulan pemberlakuan sistem skor 5x11. Dalam aturan tersebut, poin set akan berada pada skor 10-10. Sedangkan, poin maksimal dari tiap game hingga 15. Pergantian sisi untuk para pemain akan berlangsung saat skor enam.

Beberapa sisi positif ditangkap BWF dari usulan 5x11 ini. Mulai dari puncak pertandingan yang akan tercipta lebih banyak dan cepat, pertandingan juga dinilai akan lebih mudah dimengerti oleh masyarakat awam.

4. Ada tujuan strategis dari perubahan skor

4 Keuntungan Sistem Skor 5x11 Versi BWFLogo BWF (Website/bwfbadminton.com)

Dalam laman resminya, BWF menyebutkan ada perubahan sistem skor yang diusulkan ini sejalan dengan Rencana Strategis BWF untuk periode 2020-2024.

Pertama, menyertakan elemen baru dan inovatif dari permainan guna memastikan bulu tangkis masih akan berkembang dari waktu ke waktu.

Kedua, memberi semangat, melibatkan, dan meningkatkan basis penggemar global bulu tangkis melalui kinerja yang menginspirasi di turnamen kelas dunia.

Baca Juga: BWF Tentukan Nasib Bulu Tangkis Dunia Akhir Pekan Ini

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya