5 Wakil Indonesia Sudah Mengunci Tiket Olimpiade 2024

Wakil Merah-Putih di Olimpiade Paris 2024, ada jagoanmu?

Jakarta, IDN Times - Indonesia kembali menambah wakilnya di Olimpiade 2024 Paris. Kurang dari setahun lagi, atlet tanah air kelima mampu mengunci tiket ke ajang multievent terbesar dunia itu.

Teranyar, atlet panjat tebing Rahmad Adi Mulyono yang berhasil melaju ke Olimpiade tahun depan.

Sebelumnya, cabor panjat tebing sudah memastikan satu climber putrinya lolos ke Olimpiade.

Cabang olahraga panahan juga sudah memastikan dua pemanah terbaiknya mewakili Indonesia di panggung olahraga terakbar dunia itu. 

Di samping itu, Indonesia mencetak sejarah untuk pertama kalinya mengirim atlet cabor senam tampil di panggung Olimpiade.

Berikut daftar empat wakil Indonesia yang sudah mengunci tiket ke Olimpiade Paris 2024:

1. Rahmad Adi Mulyono - Panjat Tebing

5 Wakil Indonesia Sudah Mengunci Tiket Olimpiade 2024ilustrasi cabang olahraga panjat tebing (ANTARA FOTO/INASGOC/Hendra Nurdiyansyah)

Panjat Tebing kembali meloloskan wakil ke Olimpiade 2024 Paris. Rahmad Adi Mulyono mengunci tiket Olimpiade usai menjadi juara di Kualifikasi Zona Asia (Asian Qualifier) 2023 yang berlangsung di Lot 11 GBK, pada Minggu (12/11/2023).

Rahmad Adi menjadi yang tercepat usai mengalahkan rekan senegaranya Kiromal Katibin dalam derby Indonesia dengan catatan waktu 5,352 detik di babak final. Sementara, Kiromal Katibin finish di posisi kedua usai dinyatakan fall.

2. Arif Dwi Pangestu - Panahan

5 Wakil Indonesia Sudah Mengunci Tiket Olimpiade 2024Arif Dwi Pangestu, Pemanah Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020. (dok. NOC Indonesia)

Pemanah muda, Arif Dwi Pangestu, menjadi wakil Indonesia pertama yang mengamankan tiket ke Olimpiade 2024 Paris mendatang. Arif mengunci tiket Olimpiade usai menembus semifinal Kejuaraan Dunia 2023 pada awal Agustus lalu.

Arif tampil memberi kejutan dan mengalahkan juara bertahan asal Korea Selatan, Kim Woo Jin, sebelum dikalahkan wakil Kanada Peters Eric di babak semifinal.

Gagal meraih medali dan menempati posisi keempat, Arif dinyatakan berhak atas tiket Olimpiade lantaran wakil Turki, Mete Gazoz, yang menembus final Kejuaraan Dunia 2023 sudah lebih dulu mengamankan tempat di Olimpiade dari nomor beregu putra.

3. Desak Made Rita - Panjat Tebing

5 Wakil Indonesia Sudah Mengunci Tiket Olimpiade 2024Atlet panjat tebing Indonesia, Desak Made Rita Kusuma Dewi (instagram.com/ifsclimbing)

Atlet panjat tebing, Desak Made Rita Kusuma Dewi, menjadi wakil Indonesia kedua yang dinyatakan lolos kualifikasi Olimpiade 2024 Paris.

Kepastian ini diamankan Rita usai keluar sebagai yang tercepat di nomor speed putri pada turnamen Piala Dunia Panjat Tebing 2023 seri Bern, Swiss pada 11 Agutsus 2023 lalu.

Rita sekaligus menjadi atlet putri Indonesia pertama yang memastikan diri tampil di Olimpiade 2024 Paris.

Baca Juga: Arif Pangestu Jadi Wakil Indonesia Pertama di Olimpiade 2024

4. Rifda Irfanaluthfi - Senam

5 Wakil Indonesia Sudah Mengunci Tiket Olimpiade 2024Atlet Gymnastic Indonesia, Rifda Irfanaluthfi menyumbang medali emas ke-12 untuk Indonesia di ajang SEA Games 2019(Instagram.com/rifda_irfanaluthfi)

Tak tampil di Asian Games 2022 Hangzhou, pesenam putri Indonesia, Rifda Irfanaluthfi malah membawa kabar baik dari Belgia. Turun di ajangWorld Artistic Gymnastics Championship di Antwerp, Belgia pada awal Oktober 2023 lalu, Rifda mengunci tiket untuk tampil di Olimpiade 2024 Paris.

Rifda lolos lantaran tuan rumah, Prancis, memberikan kuota realokasi. Rifda mencetak sejarah menjadi pesenam Indonesia pertama yang tampil di panggung Olimpiade.

5. Diananda Choirunisa - Panahan

5 Wakil Indonesia Sudah Mengunci Tiket Olimpiade 2024Recurve Mixed Team (Riau Ega Agatha Salsabila/Diananda Chairunisa) meraih perunggu di Asian Games 2022 Hangzhou (dok.NOC Indonesia/Tetuko Mediantoro)

Pemanah putri Indonesia, Diananda Choirunisa mengunci tiket untuk tampil di Olimpiade 2024 Paris. Diananda meraih perunggu bersama Riau Ega Agatha di nomor ganda campuran recurve Asian Games 2022 Hangzhou pekan lalu.

Kemenangan ini memastikan tiket Olimpiade diamankan Diananda setelah Lim Sihyeon, yang meraih emas, sudah lebih dulu dinyatakan lolos kualifikasi Olimpiade dari nomor tunggal.

Baca Juga: Pesenam Indonesia Rifda Irfanaluthfi Lolos Olimpiade 2024

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya