5 Pebulu Tangkis Pernah Banting Raket, Teranyar Ada Ginting!

Siapa saja yang pernah banting raket di lapangan?

Jakarta, IDN Times - Aksi membanting raket yang dilakukan tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting, dalam laga final Singapore Open 2022 mencuri perhatian publik. Dia terlihat emosional bisa meraih gelar juara usai berkutat dengan performa tak konsisten dalam beberapa turnamen tahun ini.

Ternyata, aksi membanting raket yang dilakukan pebulu tangkis bukan hal baru di lapangan. Sebelum Ginting, sejumlah atlet juga kedapatan melakukan hal serupa dalam sebuah pertandingan.

Bahkan, legenda tunggal putra Indonesia, Taufik Hidayat, juga pernah melakukan hal serupa.

Lalu, siapa saja atlet-atlet yang pernah membanting raket di tengah pertandingan, berikut IDN Times sajikan.

1. Zhang Nan

5 Pebulu Tangkis Pernah Banting Raket, Teranyar Ada Ginting!Zhao Yunlei dan Zhang Nan (olympics.bwfbadminton.com)

Atlet ganda campuran China, Zhang Nan, pernah melakukan aksi banting raket di lapangan. Peristiwa terjadi di ajang Indonesia Open Super Series 2014 lalu.

Zhang Nan yang kala itu berpasangan dengan Zhang Yun Lei, dikalahkan ganda campuran Indonesia, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Greysia Polii. Alhasil, dia kesal dan tak menerima hasil menyakitkan tersebut.

Zhang Nan lalu meluapkan emosinya dengan membanting raket dua kali karena kekalahan tersebut.

2. Mathias Christiansen

5 Pebulu Tangkis Pernah Banting Raket, Teranyar Ada Ginting!Ganda campuran Denmark, Mathias Christiansen/Alexandra Boje. (bwfbadminton.com)

Ganda campuran Denmark, Mathias Christiansen, juga pernah melakukan aksi banting raket. Ini terjadi di babak penyisihan Grup C Olimpiade Tokyo 2020.

Berhadapan dengan pasangan Indonesia, Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti, dia yang dipasangkan dengan Alexandra Boje harus menelan pil pahit. 

Kekecewaannya pun membuncah, kekalahan itu membuatnya kesal. Sehingga, Christiansen membanting raket dengan wajah frustrasi di lapangan.

3. Kevin Sanjaya

5 Pebulu Tangkis Pernah Banting Raket, Teranyar Ada Ginting!Kevin Sanjaya/Marcus Gideon di Indonesia Open 2022. (IDN Times/ Reynaldy Wiranata)

Nama Kevin Sanjaya Sukamuljo juga rupanya masuk dalam daftar pemain yang pernah melakukan aksi banting raket. Kejadian itu bahkan masih terngiang di beberapa pencinta tepok bulu tanah air.

Hangat dalam ingatan bagaimana Kevin membanting raketnya saat tersingkir dari Olimpiade Tokyo 2020. Kevin yang berpasangan dengan Marcus Fernaldi Gideon harus menelan pil pahit kalah 14-21, 17-21 lawan pasangan Malaysia, Aaron Chia/Soh Wooi Yik.

Dia yang merasa tak bermain maksimal, melampiaskan kekesalannya itu dengan membanting raket di lapangan.

Baca Juga: Ini Alasan Anthony Ginting Banting Raket di Singapore Open 2022

4. Taufik Hidayat

5 Pebulu Tangkis Pernah Banting Raket, Teranyar Ada Ginting!potret Taufik Hidayat (bwfbadminton.com)

Legenda tunggal putra Indonesia, Taufik Hidayat, jadi salah satu atlet yang pernah membanting raket dalam pertandingan. Bahkan, Taufik melakukannya lebih dari satu kali.

Salah satu momen yang paling tak bisa dilupakan adalah saat dia membanting raketnya hingga patah di ajang Piala Thomas 2002.

Beberapa kali merasa tak adil akan keputusan wasit, Taufik meluapkan emosinya dengan membanting raketnya hingga patah. Kala itu, Taufik harus menelan kekalahan. Kejadian tersebut berlangsung di Tianhe Gymnasium, China,Minggu (19/05/02)

Servis Taufik kala itu dinyatakan tak masuk oleh wasit yang memimpin pertandingan. Alhasil, sangat emosi karena terus dirugikan dalam beberapa momen. Dia kemudian membanting raket yang digunakan hingga patah.

5. Anthony Sinisuka Ginting

5 Pebulu Tangkis Pernah Banting Raket, Teranyar Ada Ginting!Anthony Sinisuka Ginting di Singapore Open 2022 (dok. PP PBSI)

Sejak akhir tahun 2021 lalu, performa tunggal putra Indonesia Anthony Sinisuka Ginting menjadi sorotan. Alih-alih mengukir prestasi, penampilannya malah inkonsisten dan membuat dia frustrasi.

Dia pun mencoba bangkit dalam ajang Piala Thomas 2022. Perlahan, dia mulai menemukan senuthannya kembali hingga naik poidum tertinggi BWF World Tour di ajang Singapore Open 2022.

Kemenangan itu membuat Anthony Sinisuka Ginting cukup emosional. Dia kemudian membanting raketnya setelah dinyatakan menang dua gim melawan wakil Jepang, Kodai Naraoka, 23-21, 21-17.

Baca Juga: Olimpiade Tokyo yang Bikin Kevin Sanjaya Banting Raket

Topik:

  • Margith Juita Damanik
  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya