Comscore Tracker

6 Atlet Bulu Tangkis Terbaik PB Djarum yang Harumkan Nama Indonesia

Wakil Indonesia yang sukses mengharumkan nama bangsa!

Jakarta, IDN Times - PB Djarum merupakan salah satu klub bulu tangkis kebanggaan Indonesia. Klub besar ini kerap menyumbang bibit-bibit unggul dari segala sektor di cabang olahraga bulu tangkis untuk menjadi jawara dunia yang membawa nama Indonesia.

Beberapa waktu terakhir, nama besar PB Djarum direcoki oleh Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) lantaran polemik yang terjadi terkait kegiatan Audisi Umum Beasiswa Bulu Tangkis PB Djarum yang dinilai melakukan eksploitasi anak.

Di luar pembahasan tersebut, bintang-bintang bulu tangkis Indonesia nyatanya mayoritas merupakan hasil binaan PB Djarum. Berikut IDN Times merangkum 6 atlet bulu tangkis berpestasi Indonesia cetakan PB Djarum.

Baca Juga: Bertahan 100 Minggu di Peringkat Satu Dunia, Kevin/Marcus Kejar Rekor!

1. Kevin Sanjaya Sukamuljo

6 Atlet Bulu Tangkis Terbaik PB Djarum yang Harumkan Nama IndonesiaInstagram.com/@kevin_sanjaya

Berpasangan dengan Marcus Fernaldi Gideon, Kevin Sanjaya Sukamuljo merupakan atlet ganda putra terbaik dunia saat ini. Kevin/Marcus mencatatkan diri sudah 100 pekan menduduki peringkat satu dunia.

Kevin sejak tahun 2007 merupakan atlet binaan PB Djarum. Sempat puasa prestasi karena semula bermain di sektor tunggal, PB Djarum malah menyulap Kevin hingga bisa menjadi atlet ganda putra terbaik dunia kebanggaan Indonesia hingga saat ini.

2. Mohammad Ahsan

6 Atlet Bulu Tangkis Terbaik PB Djarum yang Harumkan Nama Indonesiainstagram.com/king.chayra

Mohammad Ahsan juga merupakan binaan para pelatih bertangan dingin PB Djarum. Bersama dengan rekannya, Hendra Setiawan, Ahsan menduduki peringkat dua dunia di sektor ganda putra saat ini. tepat di bawah Kevin/Marcus.

Ahsan bergabung dengan PB Djarum pada 12 tahun lalu, tepatnya pada 2007. Kini, bersama Ahsan ia meraih tiga kali gelar juara dunia dalam Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis dan menjadi salah satu atlet yang disegani pemain kelas dunia.

3. Tontowi Ahmad

6 Atlet Bulu Tangkis Terbaik PB Djarum yang Harumkan Nama IndonesiaIDN Times/PBSI

Pria kelahiran 18 Juli 1987 ini bergabung ke PB Djarum sejak tahun 2005. Namanya menjadi besar ketika dipasangkan dengan legenda bulu tangkis Indonesia yang berasal dari klub yang sama, Lilyana Natsir.

Owi/Butet, begitu Tontowi/Lilyana akrab disapa. Keduanya mengharumkan nama Indonesia dengan membawa pulang medali emas Olimpiade Rio de Janeiro 2016 silam.

4. Liem Swie King

6 Atlet Bulu Tangkis Terbaik PB Djarum yang Harumkan Nama IndonesiaIDN Times/Margith Juita Damanik

Legenda bulu tangkis Indonesia satu ini juga merupakan binaan PB Djarum. Lim Swie King, masuk ke PB Djarum Kudus. Sosok legendaris satu ini banyak memberikan prestasi dan kebanggaan untuk Indonesia.

Mulai dari gelar All England hingga Thomas Cup pernah dipersembahkan pria kelahiran 28 Februari 1956 ini. Wah, hasil keren pelatih PB Djarum sudah terbukti tahun ke tahun ternyata.

5. Alan Budikusuma

6 Atlet Bulu Tangkis Terbaik PB Djarum yang Harumkan Nama IndonesiaInstagram/@alanbudikusumaofficial

Sosok atlet legendaris Indonesia yang satu ini pernah membanggakan Indonesia di kancah nternasional. Pada 1992, Alan Budikusuma membawa pulang medali emas Olimpiade Barcelona dari sektor tunggal putra ke Indonesia.

Alan merupakan hasil binaan PB Djarum. Dengan segudang prestasi, Alan menjadi salah satu atlet tunggal putra kebanggaan Indonesia.

6. Praveen Jordan

6 Atlet Bulu Tangkis Terbaik PB Djarum yang Harumkan Nama IndonesiaIDN Times/PBSI

Praveen Jordan hingga kini bermain di sektor ganda campuran. Kini ia berpasangan dengan melati Daeva Oktavianti. Praveen juga merupakan hasil binaan PB Djarum.

Pada 2016 lalu, bersama pasangan dan seniornya, Debby Susanto, Praveen sukses meraih gelar juara All England. Keduanya merupakan produk dari PB Djarum. Selain itu, Praveen juga pernah meraih gelar juara Kejuaraan New Zealand Open pada 2013 lalu bersama seniornya, Vita Marissa.

Baca Juga: Buntut Penutupan Audisi PB Djarum, Menpora Surati KPAI

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Just For You