Comscore Tracker

7 Pebulu Tangkis Indonesia yang pernah Jadi Juara Dunia Junior

Siapa menyusul?

Jakarta, IDN Times - Indonesia memiliki 7 wakil yang pernah menyandang gelar sebagai juara di Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis Junior. Tunggal putri, ganda putra, dan ganda campuran menjadi sektor yang pernah menyumbangkan gelar untuk Indonesia dari turnamen yang dimulai sejak tahun 1992 tersebut.

Dilansir dari berbagai sumber, Indonesia ternyata menjadi negara pertama sebagai penyelenggara dari kejuaraan ini

1. Dua gelar di tahun pertama kejuaran dunia junior

7 Pebulu Tangkis Indonesia yang pernah Jadi Juara Dunia JuniorIDN Times/Feny Maulia Agustin

Menjadi penyelenggara pertama dari Kejuaraan Dunia Junior, Indonesia langsung mengamankan dua gelar juara. Pada tahun 1992 wakil ganda putra dan tunggal putri Indonesia menorehkan prestasi bagi Indonesia di ajang ini.

Kala itu tunggal putri diwakili Kristin Yunita yang berhasil meraih gelar juara. Sedangkan sektor ganda putra diwakili pasangan Budi Santoso/Kusno.

2. Alfian/Gloria sabet gelar juara di tahun 2011

7 Pebulu Tangkis Indonesia yang pernah Jadi Juara Dunia JuniorInstagram.com/ge_widjaja

Pasangan ganda campuran Alfian Eko Prasetya/Gloria Emanuelle Widjaja mengamankan gelar jawara di Kejuaraan Dunia Junior 2011. Kemenangan berhasil diraih Alfian/Gloria usai mengalahkan rekan senegaranya, Ronald Alexander/Tiara Rosalia Nuraidah.

Menjalani perang saudara, Alfian/Gloria memenangkan pertandingan dalam rubber set dengan skor 12-21, 21-17, 25-23. Menjadi juara dunia junior, pasangan ini dipisahkan pada tahun 2013 oleh PBSI.

Baca Juga: Putri KW, Harapan Baru di Sektor Tunggal Putri Indonesia

3. Pertahankan gelar ganda campuran di tahun 2012 lewat Edi/Melati

7 Pebulu Tangkis Indonesia yang pernah Jadi Juara Dunia JuniorInstagram.com/melatidaeva

Pada 2012, sektor ganda campuran kembali menyumbang gelar juara lewat wakilnya Edi Subaktiar/Melati Daeva Oktavianti. Sama seperti tahun 2011, di tahun 2012 Indonesia mempersembahkan All Indonesian final dalam turnamen ini.

Edi/Melati sukses mengalahkan rekan senegaranya Alfian Eko Prasetya/Shela Devi Aulia dalam dua set langsung dengan skor 21-17, 21-13.

4. Bawa pulang dua gelar juara pada 2017

7 Pebulu Tangkis Indonesia yang pernah Jadi Juara Dunia JuniorInstagram.com/greegoriaa

Pada 2017, Indonesia membawa pulang dua gelar juara dari Kejuaraan Dunia Junior lewat wakil tunggal putri Gregoria Mariska Tunjung dan ganda campuran Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari.

Pada turnamen yang diadakan di GOR Amongrogo, Yogyakarta tersebut, Gregoria berhasil mengatasi wakil Tiongkok, Han Yue dalam dua set langsung dengan skor 21-13, 23-21.

Sedangkan pasangan Rinov/Pitha sukses memenangkan perang saudara melawan Rehan Naufal Kusharjanto/Siti Fadia dalam rubber set dengan skor 21-23, 21-15, 21-18.

5. Ganda campuran pertahankan gelar juara lewat Leo/Indah di tahun 2018

7 Pebulu Tangkis Indonesia yang pernah Jadi Juara Dunia JuniorInstagram.com/rollycarnando

Pada 2018, Kejuaraan Dunia Junior diadakan di Markham Pan Am Venue, Ontario, Kanada. Di tahun tersebut, Indonesia berhasil mempertahankan gelar juara dari sektor ganda campuran.

Wakil Indonesia, Leo Rolly Carnando/Indah Cahya Sari Jamil berhasil memenangkan pertandingan All Indonesian final melawan pasangan Rehan Naufal Kusharjanto/Siti Fadia. Leo/Indah menang dalam dua set langsung dengan skor 21-15, 21-9.

Akankah di tahun 2019 ini Indonesia kembali memiliki juara baru?

Baca Juga: Seluruh Wakil Indonesia Menang di Hari Pertama Kejuaraan Dunia Junior

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya