9 Atlet Perempuan Indonesia yang Bersinar di Olimpiade

Terima kasih, srikandi kebanggaan negeri!

Jakarta, IDN Times - Dunia kembali memperingati Hari Perempuan Internasional hari ini, Senin (8/3/2021). Para perempuan tangguh di seluruh dunia menjadi sorotan.

Tak terkecuali perempuan-perempuan tangguh Indonesia. Mengenang jasa dan kebanggaan yang mereka persembahkan, ini deretan 9 atlet putri Indonesia yang bersinar di gelaran olahraga akbar dunia: Olimpiade.

1. Tiga Srikandi - Lilies Handayani, Nurfitriyana Saiman, Kusuma Wardhani

9 Atlet Perempuan Indonesia yang Bersinar di Olimpiadeshutterstock.com/Belish

Medali olimpiade perdana dari wakil putri Indonesia dipersembahkan oleh tiga atlet panahan putri yang dijuluki 3 Srikandi.

Lilies Handayani, Nurfitriyana Saiman, dan Kusuma Wardhani mempersembahkan medali perak dari sektor beregu putri cabor panahan di Olimpiade Seoul 1988.

Baca Juga: Diikuti 49 Persen Atlet Perempuan, Olimpiade Tokyo Cetak Sejarah

2. Susy Susanti

9 Atlet Perempuan Indonesia yang Bersinar di OlimpiadeIDN Times/Margith Juita Damanik

Tunggal putri bulu tangkis legendaris Indonesia, Susy Susanti mempersembahkan dua medali untuk Indonesia dari gelaran Olimpiade. Medali pertama yang dipersembahkan adalah medali emas Olimpiade Barcelona 1992 dan medali perak Olimpiade Atlanta 1996.

3. Minarti Timur

9 Atlet Perempuan Indonesia yang Bersinar di OlimpiadeInstagram.com/@badminton.ina

Sosok Minarti Timur adalah pebulu tangkis Indonesia era 1990 hingga 2000-an. Bermain di sektor ganda campuran, Minarti Timur berpasangan dengan Tri Kusharjanto dan mempersembahkan medali perak dari gelaran Olimpiade Sydney 2000.

Sosok Minarti Timur lebih kini dikenal sebagai asisten pelatih tunggal putri PBSI.

4. Raema Lisa Rumbewas

9 Atlet Perempuan Indonesia yang Bersinar di Olimpiadeantaranews.com

Dari Olimpiade Sydney 2000, Indonesia meraih medali perak dari cabang olahraga angkat berat. Atlet putri Raema Lisa Rumbewas mempersembahkan medali perak Olimpiade Sydney 2000 dari nomor pertandingan putri 48 KG.

Raema juga mempersembahkan medali perak lainnya dari Olimpiade Athena 2004 dari nomor putri 53 KG.

5. Sri Indriyani

9 Atlet Perempuan Indonesia yang Bersinar di OlimpiadePexel.com/Fictor Freitas

Masih dari gelaran Olimpiade Sydney 2000, Indonesia juga meraih medali perunggu dari cabang olahraga angkat berat. Dari nomor pertandingan putri 48 KG, Sri Indriyani menyumbang satu medali untuk di bawah pulang ke Tanah Air.

6. Winarni Binti Slamet

9 Atlet Perempuan Indonesia yang Bersinar di OlimpiadeMaskot Olimpiade Tokyo 2020, Miraitowa, berpose di depan Japan National Stadium. (Facebook.com/Tokyo 2020)

Pada gelaran Olimpiade Sydney 2000 Indonesia mendapat dua medali perak dari sektor angkat besi. Selain persembahan dari Raema, dari nomor pertandingan putri 53 KG, Indonesia meraih medali perak dari Winarni Binti Slamet.

7. Liliyana Natsir

9 Atlet Perempuan Indonesia yang Bersinar di Olimpiadebadmintonindonesia.org

Siapa yang tak kenal legenda bulu tangkis Indonesia satu ini? Liliyana Natsir mempersembahkan dua medali dari gelaran Olimpiade.

Medali pertama persembahan Butet, begitu Liliyana Natsir akrab disapa, adalah medali perak Olimpiade Beijing 2008 bersama pasangan mainnya, Nova Widianto.

Medali kedua dari Butet adalah medali emas dari Olimpiade Rio de Janeiro 2016 bersama pasangannya, Tontowi Ahmad.

8. Maria Kristin Yulianti

9 Atlet Perempuan Indonesia yang Bersinar di Olimpiadepbdjarum.org

Dari Olimpiade Beijing 2008, Indonesia meraih dua medali dari cabor bulu tangkis. Setelah persembahan Nova/Liliyana di sektor ganda campuran, Indonesia meraih satu lagi medali.

Medali perunggu dipersembahkan tunggal putri Indonesia, Maria Kristin Yulianti.

9. Sri Wahyuni

9 Atlet Perempuan Indonesia yang Bersinar di OlimpiadeFacebook/Sri Wahyuni Agustiani

Dari Olimpiade Rio 2016, Indonesia juga meraih satu medali perak lainnya. Kali ini datang dari cabor angkat beban persembahan atlet putri Sri Wahyuni yang turun dalam nomor pertandinga putri 48 KG.

Terima kasih, srikandi kebanggaan negeri. Selamat Hari Perempuan Internasional 2021.

Baca Juga: Target Super Berat Kontingen Indonesia di Olimpiade 2032

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya