Comscore Tracker

Akhir Drama Panjang Olimpiade Tokyo 2020

Upacara pembukaan akan digelar di Olympic Stadium, Jepang

Jakarta, IDN Times - Penantian panjang para atlet dan penikmat olahraga di seluruh penjuru dunia berakhir. Pesta olahraga terbesar dunia edisi Tokyo 2020 akan dimulai hari ini, Jumat (23/7/2021) pukul 20.00 waktu setempat atau pukul 18.00 WIB.

Olimpiade Tokyo resmi dimulai setelah penyelenggaraannya terpaksa tertunda imbas pandemik COVID-19 yang mewabah di seluruh dunia. Selain itu, Olimpiade Tokyo akhirnya bisa digelar setelah melewati sejumlah drama.

1. Upacara pembukaan akan berlangsung di Olympic Stadium

Akhir Drama Panjang Olimpiade Tokyo 2020Monumen Cincin Olimpiade terlihat di depan kantor pusat Komite Olimpiade Jepang (JOC) dekat Stadion Nasional, stadion utama untuk perhelatan Olimpiade Tokyo 2020 yang ditunda ke 2021 akibat pandemi virus corona (COVID-19), di Tokyo, Jepang, Rabu (23/6/2021), di hari yang menandai satu bulan menjelang pembukaan Olimpiade. ANTARA FOTO/REUTERS/Issei Kato.

Olimpiade Tokyo akan berlangsung mulai 23 Juli hingga 8 Agustus 2021. Upacara pembukaan akan digelar di Olympic Stadium, Tokyo, Jepang.

Upacara pembukaan Olimpiade Tokyo mengangkat tema "Moving Forward: United by Emotion". Tema ini dipilih secara khusus menunjukkan bagaimana seluruh negara di dunia berusaha terus maju (moving forward) di tengah pandemik COVID-19.

"Kami berharap ini menjadi pengalaman yang bisa mengajak seluruh warga dunia merayakan perbedaan, berempati satu sama lain, dan bisa hidup berdampingan," begitu pernyataan resmi penyelenggara dikutip Yonhap.

Sebenarnya, pelaksanaan Olimpiade Tokyo tak berjalan mulus. Dalam persiapannya, sejumlah penolakan muncul dari warga Jepang yang takut negaranya jadi episentrum penyebaran COVID-19.

Apalagi, di masa persiapan itu pula, banyak kontroversi yang muncul, mulai dari menyebarnya COVID-19 terkait Olimpiade Tokyo, pelecehan seksual dan rasial, dan lainnya.

Baca Juga: Daftar 10 Wakil Indonesia di Parade Pembukaan Olimpiade 2020

2. Penantian setahun lamanya untuk gelaran Olimpiade

Akhir Drama Panjang Olimpiade Tokyo 2020ANTARA FOTO/REUTERS/Athit Perawongmetha

Olimpiade Tokyo 2020 sempat ditunda setahun lamanya akibat pandemik COVID-19. Seharusnya, Olimpiade Tokyo berlangsung pada 24 Juli hingga 9 Agustus 2020.

Tapi, COVID-19 mengubah segalanya. Pandemik yang meledak di seluruh dunia, memaksa ajang ini ditunda, tepat pada Maret 2020 lalu.

Sebab, kala itu pemerintah dari seluruh negara sedang sibuk mencari cara mengatasi dan menekan penyebaran virus ini. Hingga akhirnya, Komite Olimpiade Internasional (IOC) berdiskusi dengan otoritas terkait, mulai dari panitia Olimpiade Tokyo hingga WHO.

3. Kirim 28 atlet, Indonesia hanya diwakili 10 orang di upacara pembukaan

Akhir Drama Panjang Olimpiade Tokyo 2020Lifter, Nurul Akmal dan Peselancar Indonesia, Rio Waida (ANTARA/INASGOC/Helmi Afandi/Instagram.com/riowaida_)

Indonesia berhasil mengirimkan 28 atlet untuk lolos kualifikasi dan berlaga pada Olimpiade Tokyo 2020. Seluruhnya akan bertanding di delapan cabang olahraga.

Dalam parade di upacara pembukaan, Indonesia hanya diwakili oleh 10 orang. Empat di antaranya perwakilan atlet.

Berikut daftar 10 orang yang akan ikut serta dalam parade upacara pembukaan Olimpiade Tokyo 2020 di barisan kontingen Indonesia:

1. Atlet angkat besi: Nurul Akmal (Pembawa bendera)
2. Atlet Surfing: Rio Waida (pembawa bendera)
4. Atlet Renang: Aflah Fadlan Prawira
3. Atlet Renang: Azzahra Permatahani
5. Chief de Mission Tim Indonesia
untuk Olimpiade Tokyo 2020: Rosan P Roeslani
6. Manajer renang: Harlin Rahardjo
7. Pelatih Surfing: Tipi Jabrik
8. Manajer bulu tangkis: Rionny Mainaky
9. Pelatih angkat besi: Dirdja Wihardja
10. Pelatih Renang: Donny B Utomo

Pemilihan atlet yang menjadi perwakilan juga bukan tanpa alasan. "Karena memang melihat 24 Juli 2021, rata-rata semua cabang bertanding untuk Indonesia," ujar Rosan dalam jumpa pers daring, Kamis (22/7/2021).

"Sehingga, setelah dapat masukan dari pelatih, kami mengonsentrasikan pertandingannya. Tentunya, ini juga dalam rangka memastikan kesehatan atlet-atlet kami agar tetap terjaga," lanjutnya.

Baca Juga: Daftar Lengkap 28 Wakil Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya