All England 2021: Comeback 2 Raja Bulu Tangkis Momota dan The Minions

Get ready, Kings are back!

Jakarta, IDN Times - Turnamen BWF Super 1000 All England akan mulai digelar tiga hari lagi, 17-21 Maret 2021. Dua raja bulu tangkis dunia akan mejalani momentum comeback-nya di turnamen bulu tangkis tertua di dunia ini.

Tunggal putra nomor satu dunia asal Jepang, Kento Momota, dan pasangan ganda putra nomor satu dunia kebangaan Indonesia, Kevin Sanjaya Sukamuljo serta Marcus Fernaldi Gideon, dipastikan akan kembali turun ke lapangan usai jeda setahun penuh tak berlaga.

Pertandingan akan berlangsung di Utilita Arena Birmingham, Birmingham, Inggris.

1. Kento Momota siap hadapi pesaing di All England

All England 2021: Comeback 2 Raja Bulu Tangkis Momota dan The MinionsTunggal putra nomor satu dunia asal Jepang, Kento Momota bersiap bertolak ke Birmingham Inggris untuk ikuti All England 2021 (Instagram.com/momota_kento)

Baca Juga: Target Indonesia di All England: Minimal 1 Trofi

Lebih dari setahun raja tunggal putra dunia, Kento Momota, absen berlaga di lapangan bulu tangkis. Awal tahun 2020 lalu menjadi kali terakhir Momota beraksi di Malaysia, sebelum kecelakaan yang mengharuskannya rehat panjang.

Setelahnya, saat turnamen awal tahun 2021 lalu di Bangkok, Thailand, Momota kembali terpakasa absen lantaran terkonfirmasi positif COVID-19. Tak tanggung-tanggung, hal ini membuat seluruh skuat Jepang batal berangkat ke Thailand.

Kali ini, Momota mengaku siap kembali beraksi. "Saya tidak memiliki cedera apa pun dan saya dalam kondisi baik," ujar Momota mengutip dari Badminton Planet.

"Saya ingin menunjukkan bahwa saya punya kemajuan dan telah pulih dari seluruh hal negatif yang terjadi pada saya tahun lalu," sambung dia lagi.

2. The Minions rindu jalani pertandingan

All England 2021: Comeback 2 Raja Bulu Tangkis Momota dan The MinionsAll England 2020: Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon ke babak final (IDN Times/PBSI)

Tak hanya Momota, raja bulu tangkis lain yang akan kembali ke lapangan adalah pasangan ganda putra terbaik dunia asal Indonesia, Kevin Sanjaya Sukamuljo dan Marcus Fernaldi Gideon.

All England 2020 menjadi turnamen terakhir The Minions, begitu Kevin dan Marcus akrab dijuluki. Sebelum dipaksa rehat imbas pandemik COVID-19 yang mengundurkan hingga membatalkan seluruh perhelatan olahraga, termasuk bulu tangkis.

Kala itu, The Minions takluk di babak final kontra wakil Jepang, Hiroyuki Endo dan Yuta Watanabe, dengan skor 18-21, 21-12, 19-21.

Dalam turnamen di Bangkok, The Minions juga tak jadi tampil lantaran Kevin Sanjaya masih dalam pemulihan usai terkonfirmasi positif COVID-19 pada akhir tahun 2020. Setahun tak berlaga, The Minions ungkapkan perasaan mereka.

"Ya kangen saja mau main, karena sudah lama kan tidak merasakan pertandingan," ujar Marcus saat diwawancarai Tim Humas dan Media PP PBSI pada Sabtu (14/3/2021).

Dia menegaskan kondisinya dan Kevin sudah 100 persen prima untuk siap bertanding.

"Lawan-lawan kami pasti ada dan banyak perubahan, tapi apapun itu kami harus siap terus," ujar Kevin.

3. All England 2021 digelar tanpa Tiongkok dan Korea Selatan

All England 2021: Comeback 2 Raja Bulu Tangkis Momota dan The MinionsZheng Siwei/Huang Yaqiong ikut bertanding di Indonesia Masters 2020 (IDN Times/Reynaldy Wiranata)

Turnamen bulu tangkis paling bergengsi, All England 2021, akan digelar tanpa kekuatan penuh seluruh elite bulu tangkis dunia.

Skuat Tiongkok dan Korea Selatan dipastikan tidak turun berlaga dalam pertandingan kali ini. Padahal, sejumlah elite bulu tangkis dunia diketahui berasal dari dua negara tersebut.

Misalnya saja ganda campuran dunia yang hingga sekarang peringkat pertama diduduki wakil Tiongkok, Zheng Si Wei dan Huang Ya Qiong.

Pandemik COVID-19 masih menjadi alasan sejumlah elite bulu tangkis dunia tak turun berlaga.

Baca Juga: 7 Unggulan Indonesia di All England 2021, Siapa Saja?

Topik:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya