Comscore Tracker

Anthony Ginting Dihajar Axelsen di BWF World Tour Finals 2020

Jangan langsung kecewa, Ginting masih punya 2 laga

Jakarta, IDN Times - Tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting gagal mengamankan kemenangan pertamanya di babak penyisihan grup turnamen BWF World Tour Finals 2020 malam ini, Rabu (27/1/2021).

Berhadapan dengan unggulan pertama asal Denmark Viktor Axelsen, tunggal putra nomor satu Indonesia itu takluk dalam straight game dengan skor 17-21, 8-21.

Pertandingan berlangsung di Impact Arena, Bangkok, Thailand hanya berlangsung selama 39 menit. Pemuda asal Cimhai itu tak bisa memberikan perlawanan berbarti.

1. Bersaing ketat, Ginting dipuji Axelsen di set pertama

Anthony Ginting Dihajar Axelsen di BWF World Tour Finals 2020Anthony Sinisuka Ginting di babak kedua Toyota Thailand Open 2021 (Dok.IDN Times/BadmintonPhoto)

Set pertama berlangsung ketat. Axelsen dan Ginting saling berkejaran poin. Keduanya  selalu memiliki margin skor ketat. Interval pertama diamankan Axelsen dengan keunggulan tipis 11-10.

Usai jeda interval, Ginting dengan cepat menyamakan kedudukan 11-11. Baik Axelsen dan Ginting bermain imbang.

Pukulan Ginting lebih bervariasi. Dia bahkan dapat pujian dari Axelsen di tengah laga karena pukulan yang bagus. Ia pun bisa menambah skor hingga imbang 15-15.

Kedudukan sama kuat berlangsung hingga skor 17-17. Namun, Axelsen dengan cepat merebut empat poin beruntun dalam satu kali service. Axelsen unggul di set pertama dengan skor 21-17.

Baca Juga: Greysia/Apriyani Menangi Laga Ketat di BWF World Tour Finals 2020

2. Ginting tak berdaya dan takluk di set kedua

Anthony Ginting Dihajar Axelsen di BWF World Tour Finals 2020Anthony Sinisuka Ginting di babak 16 besar Yonex Thailand Open 2021 (Youtube.com/BWF TV)

Set kedua berjalan kontras dengan set pertama. Axelsen lebih mudah mencetak poin, dan Ginting seolah kepayahan dengan pola permainannya sendiri.

Bayangkan, di interval set kedua, Ginting tertinggal 2-11. Tunggal putra nomor satu Indonesia berupaya mencuri poin, namun kerap melakukan kesalahan.

Fokus Ginting terbilang tak sebaik di set pertama. Dia terus tertinggal dan wakil Denmark terus memperlebar margin skor.

Pemain berusia 24 tahun itu tertinggal hingga 19-8. Tak banyak pola yang dapat dilakukan Ginting. Hingga,Axelsen mencapai match point dengan skor 20-8.

Pukulan Ginting di menit ke-19 keluar dari bidang permainan dan dinyatakan out. Walhasil, kemenangan untuk Axelsen berhasil diraih dengan skor Skor 21-8.

3. Axelsen tak terkalahkan di 26 pertandingan terakhir

Anthony Ginting Dihajar Axelsen di BWF World Tour Finals 2020Tunggal putra Denmark, Viktor Axelsen memenangkan turnamen Yonex Thailand Open 2021 (Dok.IDN Times/BadmintonPhoto)

Hasil pertandingan hari ini memutus rekor Ginting sebagai salah satu tunggal putra elite dunia yang selalu berhasil menaklukkan Axelsen sepanjang turnamen 2020.

Atlet lainnya dengan catatan serupa adalah tunggal putra peringkat satu dunia asal Jepang, Kento Momota.

Selain itu, Axelsen juga menambah rekor ciamiknya dengan memenangkan 26 laga internasional terakhirnya.

Di hari kedua babak penyisihan grup BWF World Tour Finals 2020 pada Kamis, 28 Januari 2021, Ginting akan berhadapan dengan tunggal putra Taiwan, Chou Tien Chen. Sedangkan Axelsen akan menghadapi wakil Malaysia, Lee Zii Jia.

Baca Juga: Sukses Bekuk Wakil Rusia, Hendra/Ahsan Ternyata Tahan Sakitnya Cedera

Topic:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya