Comscore Tracker

Anthony Ginting Ditargetkan Jadi Juara World Tour Finals

Ginting belum menunjukkan penampilan maksimal

Jakarta, IDN Times - Tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting, jadi wakil Indonesia terakhir yang dipastikan lolos kualifikasi di gelaran akbar World Tour Finals 2020. Ia pun dihadapkan dengan target berat untuk menjadi yang terbaik di ajang ini.

Pemain asal Cimahi ini harus berjuang lebih keras di ajang yang berlangsung mulai 27-31 Januari 2021.  Maklum, dia belum menunjukkan performa terbaiknya dalam dua ajang terakhir yang digelar di Bangkok, Thailand.

Anthony Ginting sempat lolos ke babak semifinal Yonex Thailand Open 2021. Namun setelahnya dia justru harus menelan pil pahit lantaran kalah sebelum sempat menginjak babak final Toyota Thailand Open 2021.

 

 

1. Pelatih targetkan Ginting jadi juara World Tour Finals 2021

Anthony Ginting Ditargetkan Jadi Juara World Tour FinalsAnthony Sinisuka Ginting di babak kedua Toyota Thailand Open 2021 (Dok.IDN Times/BadmintonPhoto)

Walau Ginting lolos ke BWF World Tour Finals dibantu keberuntungan, pelatihnya, Hendry Saputra tetap menargetkan gelar juara di ajang ini. Hanya saja, Hendry mengakui jika target tersebut berat untuk dicapai.

Hendry menyadari, performa Ginting terbilang tak maksimal dalam menjalani dua turnamen Super 1000 sebelumnya. Ia bahkan tak bisa berbuat banyak di turnamen terakhir yang dijalani.

"Untuk WTF, saya yakin dari kedua kejuaraan sebelumya, Ginting seharusnya sudah lebih baik pikiran dan mentalnya," kata Hendry dalam rilis PBSI, Minggu, 24 Januari 2021.

"Kalau bisa main maksimal, harusnya bisa juara. Targetnya bisa main maksimal dan juara," lanjut dia.

Baca Juga: Yes! Denmark Bantu Anthony Ginting Lolos Kualifikasi World Tour Finals

2. Ginting tak mampu sentuh babak final di dua turnamen terakhir

Anthony Ginting Ditargetkan Jadi Juara World Tour FinalsAnthony Sinisuka Ginting di Toyota Thailand Open 2021 (Dok.IDN Times/BadmintonPhoto)

Melewati dua turnamen Super Series terakhir yang berlangsung berturut-turut, Ginting tak berhasil menyentuh babak final, baik di Yonex Thailand Open maupun Toyota Thailand Open.

Di Toyota Thailand Open 2021, Ginting gugur di babak 16 besar usai takluk melawan wakil Hong Kong, Lee Cheuk Yiu dalam rubber set dengan skor 21-19, 13-21, 21-12.

Sepekan sebelumnya, pada turnamen Yonex Thailand Open 2021, Ginting gugur di babak semifinal usai takluk melawan wakil Denmark, Viktor Axelsen dalam rubber game dengan skor 21-19, 13-21, 21-13.

3. Ginting jadi satu-satunya wakil tunggal putra Indonesia

Anthony Ginting Ditargetkan Jadi Juara World Tour FinalsAnthony Sinisuka Ginting ke babak kedua Indonesia Masters 2020 (IDN Times/Kevin Handoko)

Lolos kualifikasi World Tour Finals 2020, Ginting menjadi satu-satunya wakil tunggal putra Indonesia. Ia bahkan jadi satu-satunya wakil nomor pertandingan tunggal dari Indonesia.

Walau Indonesia berhasil meloloskan lima wakilnya untuk bertanding ke World Tour Final, tak ada lagi nama lain di tunggal putra dan putri yang bisa mengikuti jejak Anthony Sinisuka Ginting.

Empat wakil lainnya adalah Greysia Polii/Apriyani Rahayu (ganda putri), Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan (ganda putra), dan dua wakil ganda campuran, Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti dan Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja.

Topic:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya