Atlet Indonesia Dipastikan Prima, Siap Tanding di Olimpiade Tokyo

10 wakil Indonesia ikut dalam parade pembukaan Olimpiade 

Jakarta, IDN Times - Chief de Mission Tim Indonesia untuk Olimpiade Tokyo 2020, Rosan Roeslani memastikan kontingen Indonesia yang sudah tiba di Tokyo berada dalam kondisi prima dan siap berlaga di ajang Olimpiade musim panas.

"Alhamdulillah yang hadir baik atlet official maupun suporting tim dari Kontingen keadaannya sehat walafiat dan kita selama di sini terus dimonitor secara ketat," ujar Rosan dalam konferensi pers daring pada Kamis (22/7/2021).

Upacara pembukaan Olimpiade Tokyo 2020 akan berlangsung pada Jumat (23/7/2021) pukul 20.00 waktu setempat atau pukul 18.00 WIB.

1. 26 atlet Indonesia sudah tiba di Tokyo

Atlet Indonesia Dipastikan Prima, Siap Tanding di Olimpiade TokyoIDN Times/PBSI

Sebanyak 26 atlet dari total 28 atlet Indonesia yang akan berlaga sudah tiba di Tokyo, Jepang. Dua atlet lainnya direncanakan akan melakukan penerbangan pada tanggal 24 Juli 2021 dan dipastikan tidak akan mengganggu jadwal pertandingan mereka.

Ke-28 atlet Indonesia akan berlaga di delapan cabang olahraga. Adapun delapan cabor yang diikuti adalah angkat besi, atletik, bulu tangkis, renang, mendayung, panahan, menembak, dan surfing.

2. Kontingen Indonesia terus berada dalam pengawasan ketat

Atlet Indonesia Dipastikan Prima, Siap Tanding di Olimpiade TokyoMaskot Olimpiade Tokyo 2020, Miraitowa, berpose di depan Japan National Stadium. (Facebook.com/Tokyo 2020)

Rosan menjelaskan, kontingen Indonesia terus berada dalam pengawasan ketat sejak tiba di Tokyo, Jepang.

Secara rutin kontingen Indonesia melakukan pemeriksaan COVID-19 dengan metode pengecekan air liur yang memang diterapkan oleh panitia penyelenggara.

"Kondisinya semuanya Alhamdulillah prima, kemudian atlet-atlet kita juga dalam monitor dari segi kesehatannya juga alhamdulillah juga sangat sangat prima," ujar Rosan.

3. Ada 10 orang yang jadi wakil Indonesia di parade pembukaan

Atlet Indonesia Dipastikan Prima, Siap Tanding di Olimpiade TokyoLifter, Nurul Akmal dan Peselancar Indonesia, Rio Waida (ANTARA/INASGOC/Helmi Afandi/Instagram.com/riowaida_)

Rosan Roeslani menyebutkan akan ada 10 orang yang menjadi wakil Indonesia untuk mengikuti parade pembukaan ajang Olimpiade Tokyo 2020.

Berikut daftar 10 orang yang akan ikut serta dalam parade upacara pembukaan Olimpiade Tokyo 2020 di barisan kontingen Indonesia:

1. Atlet angkat besi: Nurul Akmal (Pembawa bendera)
2. Atlet Surfing: Rio Waida (pembawa bendera)
4. Atlet Renang: Aflah Fadlan Prawira
3. Atlet Renang: Azzahra Permatahani
5. Chief de Mission Tim Indonesia
untuk Olimpiade Tokyo 2020: Rosan Roeslani
6. Manajer renang: Harlin Rahardjo
7. Pelatih Surfing: Tipi Jabrik
8. Manajer bulu tangkis: Rionny Mainaky
9. Pelatih angkat besi: Dirdja Wihardja
10. Pelatih Renang: Donny B Utomo

Pemilihan atlet yang menjadi perwakilan juga bukan tanpa alasan.

"Karena memang melihat tanggal 24 rata-rata semua cabang bertanding untuk Indonesia," ujar Rosan dalam jumpa pers daring, Kamis (22/7/2021).

"Sehingga kita setelah dapat masukan dari pelatih mengkonsentrasikan pertandingannya. Dan tentunya ini juga dalam rangka kita memastikan kesehatan atlet-atlet kita ini memang sangat terjaga," sambung dia.

Topik:

  • Margith Juita Damanik
  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya