Atletik Targetkan 39 Emas di ASEAN Para Games 2023

Jadi lumbung emas Indonesia

Jakarta, IDN Times - Kontingen Indonesia siap untuk menjalani ajang ASEAN Para Games (APG) 2023 Kamboja. Cabang olahraga atletik jadi salah satu harapan skuad Garuda panen medali.

Indonesia biasanya merajai di nomor-nomor favorit para atletik yang dilombakan seperti 100 M, 200 M, 400 M, baik putra dan putri.

NPC Indonesia menargetkan skuad para atletik tanah air yang turun berlomba di APG Kamboja, menjadi juara umum atau meraih minimal 39 medali emas.

1. Atletik targetkan raih 89 medali di ASEAN Para Games 2023

Atletik Targetkan 39 Emas di ASEAN Para Games 2023Atlet Para-atletik Amerika Serikat nomor balap kursi roda, Daniel Romanchuk (Instagram.com/daniel.romanchuk)

Skuad atletik Indonesia ditargetkan meraih total 89 medali dari ASEAN Para Games 2023 Kamboja, dengan rincian 39 medali emas, 25 perak dan 25 perunggu.

Koordinator tim pelatih Para Atletik NPC Indonesia, Slamet Widodo mengatakan, target 39 medali emas yang dibebankan tersebut adalah tantangan yang akan dibuktikan di APG Kamboja.

“Para atletik ditarget 39 emas, 25 perak, dan 25 perunggu. Kami akan turun di APG Kamboja berkekuatan 59 atlet. Nomor yang diandalkan tentu pada disabilitas fisik,” kata Slamet Widodo dalam keterangan tertulis.

Baca Juga: Antisipasi Culas, Dito Siagakan Tim Hukum di ASEAN Para Games Kamboja

2. Thailand jadi pesaing terberat di ASEAN Para Games 2023

Atletik Targetkan 39 Emas di ASEAN Para Games 2023Maria Goreti atlet para atletik Indonesia raih emas di APG XI Solo. (Dok/INASPOC)

Menurut Slamet Widodo, pesaing terberat Indonesia di ASEAN Para Games 2023 adalah tim Thailand. Utamanya ketika bicara soal nomor kursi roda.

“Tentu saja kontingen Thailand yang akan menjadi pesaing kuat Indonesia. Namun saya optimistis bisa bersaing dengan mereka. Dengan kekuatan atlet yang diturunkan di Kamboja ini akan memberikan yang terbaik untuk Indonesia,” kata Slamet.

3. Kirim 59 atlet dari cabor atletik

Atletik Targetkan 39 Emas di ASEAN Para Games 2023Nanda Mei Sholihah nomor 180 atlet para atletik ASEAN Paragames 2022. (Dok/INASPOC)

Secara total, NPC Indonesia mengirimkan 268 atlet yang akan turun di 12 cabang olahraga di APG 2023 Kamboja dengan target mempertahankan juara umum.

Sebanyak 59 atlet dipersiapkan di nomor atletik untuk membela Indonesia di ASEAN Paragames 2023 Kamboja. Maklum, mereka jadi salah satu lumbung medali emas bagi kontingen Indonesia di APG XII Kamboja.

CdM Kontingen Indonesia, Andi Herman mengatakan, untuk potensi cabor sebagai lumbung medali emas, yakni para atletik, para tenis meja, para catur, para bulu tangkis, blind judo hingga para renang diharapkan menyumbang banyak medali emas.

"Cabor lain tentu juga kita targetkan bisa meraih emas berdasarkan hasil latihan maupun try out selama ini. Khususnya untuk olahraga terukur bisa kita petakan," ujarnya soal kans meraih medali ASEAN Para Games 2023.

Baca Juga: Usai SEA Games, Waktunya Indonesia Berjuang di ASEAN Para Games!

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya