Berkat Hafiz/Gloria, Indonesia Kunci Satu Tiket Final Japan Open 2019

Ganda campuran pastikan satu tiket final

Jakarta, IDN Times - Pasangan ganda campuran Indonesia, Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja, taklukkan pasangan ganda campuran terbaik dunia asal Tiongkok, Zheng Siwei/Huang Yaqiong, dalam rubber set dengan skor 21-17, 15-21, dan 21-19. Hafiz/Gloria tercatat sebagai pasangan unggulan keenam dalam turnamen ini.

Pertandingan diselenggarakan di Musashino Forest Sport Plaza, Tokyo, Jepang pada Jumat (26/7). Turnamen ini termasuk dalam Badminton World Federation (BWF) World Tour Super 750.

1. Kalahkan pasangan terbaik dunia

Berkat Hafiz/Gloria, Indonesia Kunci Satu Tiket Final Japan Open 2019IDN Times/PBSI

Setelah terhenti di babak kedua saat Indonesia Open 2019 pekan lalu, Hafiz/Gloria kembali dan menjadi lebih kuat bahkan berhasil menundukan wakil Tiongkok. Bermain lebih tenang, Hafiz merasa itu menjadi kunci dari kemenangan keduanya melawan Zheng/Huang.

"Kunci yang paling penting dari kemenangan hari ini adalah bisa mengurangi kesalahan sendiri, yang kedua dari servisnya," kata Hafiz seperti dikutip dari badmintonindonesia.org. "Kami menerapkan permainan cepat, bikin mereka lari-lari dan ungguli permainan depan. Kami juga lebih tenang dalam mengembalikan bola-bola mereka," lanjut dia.

Baca Juga: 8 Wakil Indonesia Melaju ke Babak Perempat Final Japan Open 2019

2. Beri permainan yang menyulitkan lawan

Berkat Hafiz/Gloria, Indonesia Kunci Satu Tiket Final Japan Open 2019IDN Times/PBSI

Permainan Hafiz/Gloria menyulitkan pasangan Zheng/Huang. Pasangan Indonesia bermain dengan pertahanan rapat. Cara ini membuat pasangan Zheng/Huang tidak bisa dengan mudah menembus poin dengan satu atau dua kali serangan.

Selain itu, Hafiz/Gloria bermain aman dan tidak banyak melakukan kesalahan sendiri.

"Kami awalnya nothing to lose, tapi gak mau kalah begitu saja. Memang waktu di akhir sempat yakin gak yakin bisa mengalahkan mereka, tapi buru-buru dibuang pikiran negatifnya," kata Gloria usai pertandingan.

Pola permainan ini menurut Hafiz/Gloria sukses meredam serangan Zheng/Huang yang biasanya lebih agresif.

"Kalau mereka yakin, memang bolanya susah-susah, banyak bola silang. Tapi mungkin tadi lawan sudah ke-block sama Gloria, saya pun main safe. Tadi gak sangka bisa menang, tapi dalam hati tetap ada keyakinan bisa menang dari mereka," kata Hafiz.

3. Bersiap jalani "perang saudara"

Berkat Hafiz/Gloria, Indonesia Kunci Satu Tiket Final Japan Open 2019IDN Times/PBSI

Di babak semifinal yang akan berlangsung pada Sabtu (26/7), Hafiz/Gloria akan bertemu dengan rekan se-pelatnasnya, Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti. Praveen/Melati kantongi tiket semifinal lebih dulu usai taklukan pasangan Thailand, Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai dalam straight set dengan skor 21-15, 21-15.

Bersiap jalani pertandingan 'perang saudara' Hafiz/Gloria pastikan akan tetap berjuang maksimal untuk merebut tiket final. "Untuk besok, walau pun lawan teman sendiri tapi kami akan tetap fight, hasil belakangan yang penting mainnya," kata Gloria.

Baca Juga: Babak Kedua Japan Open 2019, Indonesia Masih Ada 11 Wakil

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya