Comscore Tracker

BWF Rilis Update Terbaru Aturan Kualifikasi ke Olimpiade 2020

Bagaimana peluang atlet-atlet bulu tangkis Indonesia?

Jakarta, IDN Times - Federasi Buku Tangkis Dunia (BWF) merilis update terbaru mengenai ketentuan kualifikasi lolos menuju Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo 2020 yang akan berlangsung musim panas 2021 mendatang.

Pengumuman ini dikeluarkan BWF menyusul jadwal resmi turnamen bulu tangkis pada Rabu (27/5). Turnamen bulu tangkis yang sempat berhenti imbas pandemik COVID-19 akan kembali berlangsung mulai Agustus 2020 mendatang.

1. Seluruh poin yang sudah terkumpul akan tetap dipertahankan

BWF Rilis Update Terbaru Aturan Kualifikasi ke Olimpiade 2020Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon di Indonesia Masters 2020 (IDN Times/Kevin Handoko)

"Semua poin peringkat yang diperoleh dari turnamen yang sudah berlangsung selama periode kualifikasi Olimpiade asli akan dipertahankan di bawah daftar peringkat Race to Tokyo" tulis BWF dalam keterangan tertulis, Rabu (27/5).

Artinya seluruh atlet yang dalam hitungan secara matematis telah lolos kualifikasi Olimpiade 2020 akan dipastikan tetap berstatus lolos kualifikasi.

Periode Race to Tokyo akan diperpanjang selama 17 minggu sepanjang 2021 mendatang. Turnamen yang pada 2020 sempat ditunda atau dibatalkan akan diadakan dalam rentang waktu minggu pertama hingga minggu ke-17 tahun 2021.

Baca Juga: Badminton is Back, BWF Rilis Jadwal Turnamen di Sisa Tahun 2020!

2. Aturan poin tambahan untuk pemain Tiongkok dan Hong Kong

BWF Rilis Update Terbaru Aturan Kualifikasi ke Olimpiade 2020Zheng Siwei/Huang Yaqiong ikut bertanding di Indonesia Masters 2020 (IDN Times/Reynaldy Wiranata)

BWF menyebutkan atlet dari Tiongkok dan Hong Kong akan berhak mendapatkan poin dari Kejuaraan Bulu Tangkis Beregu Asia 2021 mendatang. Hak ini diberikan lantaran perwakilan kedua negara tersebut tidak dapat berpartisipasi dalam Kejuaraan Bulu Tangkis Beregu Asia 2020 di Manila imbas pembatasan perjalanan akibat pandemik COVID-19.

BWF sendiri sebelumnya telah merilis jadwal turnamen bulu tangkis terbaru. Mulai agustus mendatang turnamen bulu tangkis akan kembali berlangsung setelah sempat berhenti imbas wabah virus corona secara global.

Kejuaraan All England 2020 menjadi turnamen bulu tangkis terakhir yang sempat berlangsung dengan jadwal semestinya sepanjang tahun 2020 ini.

3. Indonesia punya 5 wakil yang sudah lolos kualifikasi Olimpiade 2020

BWF Rilis Update Terbaru Aturan Kualifikasi ke Olimpiade 2020Badmintonindonesia.org

Indonesia sudah memiliki 5 wakil yang menurut perhitungan lolos kualifikasi menuju Olimpiade Tokyo 2020. Dari sektor ganda putra, 2 pasangan ganda putra terbaik Indonesia yang juga merupakan peringkat satu dan dua dunia, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon dan Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan dipastikan lolos kualifikasi untuk berlaga di gelaran Olimpiade 2020 mendatang.

Dari sektor ganda putra Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie secara matematis terhitung lolos kualifikasi Olimpiade 2020. Juara All England 2020 dari sektor ganda campuran, Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti juga dipastikan lolos kualifikasi.

Baca Juga: Plus Minus Penundaan Olimpiade Bagi Ganda Putra Indonesia

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya