Comscore Tracker

BWF Tentukan Nasib Bulu Tangkis Dunia Akhir Pekan Ini

Format baru akan digunakan mulai awal 2022 mendatang

Jakarta, IDN Times - Masa depan bulu tangkis dunia akan ditentukan pada akhir pekan ini. Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) akan menggelar pemungutan suara terkait usulan perubahan format skor pertandingan bulu tangkis.

Pemungutan suara rencananya akan digelar dalam Rapat Umum Tahunan BWF (AGM) yang akan berlangsung di Kuala Lumpur, Malaysia, pada Sabtu 22 Mei 2021 mendatang.

Dalam rapat itu, akan dibahas soal apakah format perhitungan skor 3x21 diubah menjadi 5x11. Untuk selanjutnya, diadakan jajak pendapat buat menentukan format yang mana akan dipakai.

Baca Juga: Sistem Baru 5x11 Bulu Tangkis yang Ternyata Menguntungkan

1. PBSI inisiasi perubahan format skor

BWF Tentukan Nasib Bulu Tangkis Dunia Akhir Pekan IniIDN Times/PBSI

Dalam laman resminya, proposal perubahan sistem skor dari 3x21 menjadi 5x11 menurut BWF diusulkan Pengurus Besar Persatuan Bulu tangkis Indonesia (PB PBSI) dan Federasi Bulu tangkis Maladewa.

Usulan itu selanjutnya didukung oleh sejumlah federasi lainnya. Dimulai dari Badminton Asia, Federasi Badminton Korea, dan Taiwan. Dewan BWF juga sudah menyatakan dukungannya terhadap proposal ini.

2. BWF sebut perubahan format skor jadi inovasi bulu tangkis

BWF Tentukan Nasib Bulu Tangkis Dunia Akhir Pekan IniIlustrasi bulu tangkis (Instagram.com/bwf.official)

Dukungan penuh Dewan BWF terhadap proposal perubahan sistem skor disampaikan dalam laman resminya. Menurut mereka, format skor baru akan menjadi inovasi dalam bulu tangkis dunia agar bisa berkembang lebih baik.

"Hal ini juga akan membangkitkan gairah, keterlibatan, dan meningkatkan basis suporter global kami melalui turnamen-turnamen kelas dunia," begitu pernyataan BWF.

3. Perubahan format tidak akan berlaku tahun ini

BWF Tentukan Nasib Bulu Tangkis Dunia Akhir Pekan IniOlympics.bwfbadminton.com

Jika usulan perubahan format skor nantinya disepakati, waktu penerapannya akan kembali dibahas oleh BWF.

Mereka memastikan format baru tidak akan diterapkan sebelum Olimpiade Tokyo 2020 pada Juli hingga Agustus 2021 mendatang.

Diperkirakan format baru akan mulai digunakan pada Januari 2022. Hal ini juga dilakukan agar para pelatih dan atlet punya persiapan yang cukup untuk membiasakan diri dengan format baru ini.

Baca Juga: Sistem Skor 5x11 Bulu Tangkis Teranyar yang Harus Kamu Tahu

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya