Catat Sejarah! Dechapol/Sapsiree Jadi Juara BWF World Tour Finals 2020

Selamat untuk Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai

Jakarta, IDN Times - Pasangan ganda campuran Thailand, Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai memenangkan babak final BWF WOrld Tour Finals 2020, Minggu (31/1/2021).

Berhadapan dengan wakil Korea Selatan, Seo Seung-jae/Chae Yujung di Impact Arena, Bangkok, Thailand, wakil Thailand menang dengan skor 21-18, 8-21, 21-18.

Kemenangan ini jadi catatan sejarah Dechapol/Sapsiree sebagai atlet Thailand pertama yang memenangkan laga BWF World Tour Finals.

1. Dechapol/Sapsiree kunci kemenangan set pertama

Catat Sejarah! Dechapol/Sapsiree Jadi Juara BWF World Tour Finals 2020Ganda campuran Thailand Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai di BWF World Tour Finals 2020 (Dok.IDN Times/BadmintonPhoto)

Menjalani set pertama, Dechapol/Sapsiree berupaya memegang kendali permainan. Keduanya unggul hingga interval set pertama selesai dengan skor 11-8. 

Setelahnya, Dechapol/Sapsiree terus mendominasi hingga skor 16-9. Wakil Korea Selatan, Seo/Chae tak tinggal diam. mereka sempat mengejar ketertinggalan hingga 13-18.

Usai unggul, Dechapol/Sapsiree melakukan kesalahan fatal. Lima poin dalam satu kali service diberikan kepada lawan. Mulai dari pengembalian bola yang kurang sempurna hingga pukulan yang tidak tepat sasaran. Hal itu membuat kedudukan imbang 18-18.

Dechapol/Sapsiree pun tersengat. Mereka kembali menunjukkan penampilan apik dan mampu mengunci kemenangan di set pertama. Pukulan Seo Seung-jae tersangkut di net mempermulus kemenangan pasangan Thailand. 21-18.

2. Seo/Chae dominasi set kedua dan tahan imbang pasangan Thailand

Catat Sejarah! Dechapol/Sapsiree Jadi Juara BWF World Tour Finals 2020Ganda campuran Korea Selatan Seo Seung-jae/Chae Yujung di BWF World Tour Finals 2020 (Dok.IDN Times/BadmintonPhoto)

Menjalani set kedua, Seo/Chae bermain lebih menyerang. Tampak tak banyak yang bisa dilakukan Dechapol/Sapsiree untuk melawan. Interval set dua diamankan dengan skor 11-3.

Setelah jeda, Seo/Chae terus mendominasi dan memperlebar interval skor. Unggul hingga 19-8, Seo/Chae mencapai game point dengan skor 20-8.

Pukulan Dechapol di poin penentu harus mengenai net saat berupaya mengembalikan pukulan Seo/Chae. Walhasil, Seo/Chae menag dengan skor 21-8 dan memaksa Dechapol/Sapsiree mainkan set penentuan.

3. Main cepat dan taktis, Dechapol/Sapsiree menangkan set ketiga

Catat Sejarah! Dechapol/Sapsiree Jadi Juara BWF World Tour Finals 2020Ganda campuran Thailand Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai di BWF World Tour Finals 2020 (Dok.IDN Times/BadmintonPhoto)

Dechapol/Sapsiree bermain dengan tempo lebih cepat di set penentuan. Pukulan keduanya juga lebih taktis ketimbang dua set sebelumnya.

Beberapa kali Seo/Chae tampak kewalahan menghadapi pukulan-pukulan pasangan Thailand. Di menit ke-9, Dechapol/Sapsiree mengamankan interval set ini dengan skor telak 11-2.

Usai jeda, Seo/Chae kehilangan konsentrasi. Mereka beberapa kali melakukan kesalahan yang menguntungkan Dechapo/Sapsiree. Walhasil, perolehan poin wakil  Thailand itu semakin bertambah Dechapol/Sapsiree terus unggul hingga match point 20-8.

Smash kencang Chae yang gagal pun menutup pertandingan dan memastikan kemenangan Dechapol/Sapsiree dengan skor 21-8 di set ketiga.

Baca Juga: Wakil Korsel Gondol Gelar Juara Ganda Putri BWF World Tour Finals 2020

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya