Cedera Ankle di Swiss Open 2023, Chico Aura Pulang ke Indonesia

Chico mundur dari turnamen

Jakarta, IDN Times - Chico Aura Dwi Wardoyo segera menjalani pemeriksaan lebih lanjut usai mengalami cedera saat bertanding di Swiss Open 2023. Doktet PBSI, Grace Joselini Corlesa, memastikan Chico akan segera kembali ke tanah air untuk menjalani MRI.

Chico mengalami cedera saat melakoni babak pertama Swiss Open 2023 melawan tunggal putra ranking satu dunia asal Denmark, Viktor Axelsen, pada Rab, 22 Maret 2023. Mentas di St. Jakobshalle, Basel, Swiss, Chico mundur dari pertandingan setelah berlaga selama lima menit.

1. Chico alami masalah di bagian ankle

Cedera Ankle di Swiss Open 2023, Chico Aura Pulang ke IndonesiaChico Aura Dwi Wardoyo di Japan Open 2022 (dok. PP PBSI)

Chico Aura Dwi Wardoyo meninggalkan lapangan pertandingan didampingi pelatih kepala tunggal putra PBSI, Irwansyah. Dia tampak menangis sebelum meninggalkan lapangan, lantaran tak kuasa menahan sakit di bagian kaki kirinya.

Dokter PBSI menyebutkan Chico mengalami cedera pada bagian ankle. "Dia (Chico) ada cedera pada ankle kaki kiri," ujar dokter Grace dikutip rilis PBSI, Kamis (23/3/2023).

Chico yang semula direncanakan masih akan turun dalam beberapa turnamen tur Eropa lainnya dipastikan akan segera kembali ke tanah air.

"Rencana Chico akan pulang langsung ke Jakarta untuk menjalani MRI dan penanganan lebih lanjut," kata Grace lagi.

Baca Juga: Kelakar Chico Aura Ingin Rebut Tiket Olimpiade Jojo dan Ginting

2. Chico cedera saat berduel dengan Axelsen

Cedera Ankle di Swiss Open 2023, Chico Aura Pulang ke IndonesiaChico Aura Dwi Wardoyo di semifinal Malaysia Masters 2022 (Dok.PP PBSI)

Chico menjalani laga berat di putaran pertama gelaran BWF Super 300 Swiss Open 2023. Berduel dengan Axelsen, yang kini jadi raja tunggal putra dunia, Chico tak mampu menyelesaikan pertandingan.

Chico mengalami cedera saat tertinggal dengan skor 1-5 di gim pertama. Dia tampak pincang saat masih berusaha mengejar bola Axelsen.

Hanya bertanding selama lima menit, Chico memutuskan mundur dari turnamen lantaran tak kuasa menahan sakit di kaki kirinya.

Menang karena Chico mundur akibat cedera, Viktor Axelsen berharap Chico segera pulih. "Sedih melihat Chico keluar dengan cedera. Cepat sembuh!" tulis Axelsen di akun Twitternya (@ViktorAxelsen). 

3. Tak ada wakil tunggal putra tersisa di Swiss Open 2023

Cedera Ankle di Swiss Open 2023, Chico Aura Pulang ke IndonesiaShesar Hiren Rhustavito di Thailand Open 2022 (Dok. PP PBSI)

Mundurnya Chico memastikan Indonesia tak punya wakil tunggal putra yang tersisa di ajang Swiss Open 2023. Seperti diketahui sebelumnya, skuad tunggal putra hanya mengirimkan Chico Aura Dwi Wardoyo dan Shesar Hiren Rhustavito di ajang Swiss Open 2023.

Sementara, Vito sudah lebih dulu gugur dari ajang Super 300 ini. Vito angkat kopet usai ditumbangkan wakil Irlandia, Nhat Nguyen dengan skor 19-21, 17-21.

Baca Juga: Rekap Hasil Babak 32 Besar Swiss Open 2023, Indonesia Sisakan 7 Wakil

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya