Comscore Tracker

Coach Naga Air: Endo/Watanabe Sulit Dikalahkan Ganda Indonesia

Kevin/Marcus butuh ekstra fokus dan ekstra sabar

Jakarta, IDN Times - Pasangan ganda putra Jepang, Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe dinilai asisten pelatih ganda putra Indonesia, Aryono Miranat, sebagai salah satu pesaing kuat. Pasangan ini bahkan diakui Aryono sebagai salah satu lawan yang sulit dikalahkan anak didiknya.

Pasangan ganda putra terbaik Indonesia, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon, diakui Aryono hingga saat ini belum mampu mengalahkan Endo/Watanabe.

1. Endo/Watanabe punya pertahanan yang sulit ditembus

Coach Naga Air: Endo/Watanabe Sulit Dikalahkan Ganda IndonesiaPasangan ganda putra Jepang, Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe. bwfbadminton.com

Aryono tak menampik jika Endo/Watanabe merupakan salah satu pasangan ganda putra dunia yang memiliki pertahanan rapat. Hal ini menyulitkan pemain dengan tipe menyerang seperti Kevin/Marcus dapat mengalahkan mereka.

"Memang Endo/Yuta punya pertahanan yang sangat kuat. Jadi untuk menembus mereka itu sangat sulit sekali," kata Aryono dalam wawancara yang ditayangkan di kanal YouTube Badmintalk TV, Selasa (26/5).

"Terutama untuk Kevin/Gideon," lanjut dia.

Baca Juga: The Minions Takluk Dua Kali dari Endo/Watanabe, Herry IP Akui Ada PR

2. Aryono sebut Kevin/Marcus harus ekstra fokus dan sabar

Coach Naga Air: Endo/Watanabe Sulit Dikalahkan Ganda IndonesiaAll England 2020: Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon ke semifinal (IDN Times/PBSI)

Menurut Aryono, fokus dan kesabaran dapat menjadi kunci bagi Kevin/Marcus untuk bisa mengalahkan ganda putra Jepang ini.

"Untuk ke depan kalau saya pikir Kevin/Marcus perlu fokus yang lebih," kata Aryono.

"Ekstra fokus, ekstra sabar. Jadi artinya serangannya tidak perlu membabi buta karena akan menguras tenaga Kevin dan Gideon," lanjut dia.

Dari enam pertandingan terakhir tak sekali pun Kevin/Marcus dapat menembus pertahanan Endo/Watanabe. Terakhir pasangan ini bertemu pada final All England 2020 yang dimenangkan Endo/Watanabe dengan skor 18-21, 21-12, 19-21.

3.Berharap Kevin/Marcus masih bisa bertemu Endo/Watanabe sebelum Olimpiade

Coach Naga Air: Endo/Watanabe Sulit Dikalahkan Ganda Indonesiabwfbadminton.com

Ditundanya pelaksanaan Olimpiade Tokyo 2020 imbas pandemik COVID-19 yang mewabah secara global dinilai Aryono memberi dampak positif bagi pasangan Kevin/Marcus. Secara pribadi dia berharap dapat beberapa kali bertemu kembali dengan Endo/Watanabe sebelum Olimpiade dimulai pada musim panas 2021 mendatang.

"Diharapkan setahun ke depan ini kita bertemu beberapa kali lagi. Jadi lebih mengenal lagi permainan mereka (Endo/Watanabe) bisa tahu kelemahan mereka," kata Aryono.

Baca Juga: Seni Bertahan Hiroyuki Endo

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya