Comscore Tracker

Denmark Open 2020: Menikmati Pertandingan Terakhir Jan O Jorgensen

Happy retirement, legend!

Jakarta, IDN Times - Tunggal putra Denmark Jan O Jorgensen menjalani pertandingan terakhirnya sebagai pemain bulu tangkis profesional di ajang internasional dalam babak perempat final Denmark Open 2020, Jumat (16/10/2020) waktu Denmark.

Jalani derby tuan rumah, Jorgensen harus mengakui keunggulan juniornya, Anders Antonsen dan takluk dalam dua set langsung dengan skor 12-21, 10-21.

Menutup karier dengan kekalahan, Jan O Jorgensen menutup pertandingan dengan gemuruh tepuk tangan di Odense Sports Park, Odense, Denmark dari pendukungnya sebagai tanda penghormatan. Haru biru menutup langkah Jorgensen di hari dia resmi gantung raket.

1. Menikmati laga terakhir di kandang yang sunyi

Denmark Open 2020: Menikmati Pertandingan Terakhir Jan O JorgensenJan O Jorgensen dalam pertandingan terakhirnya sebelum pensiun, Denmark Open 2020 (Tangkap layar YouTube/BWF TV)

Jorgensen menjalani laga melawan unggulan ketiga turnamen Denmark Open 2020, Anders Antonsen. Memulai laga, Jorgensen mencuri keunggulan di poin-poin awal.

Tunggal putra berusia 32 tahun itu masih menampilkan performa terbaiknya, meski mungkin tidak dalam kondisi 100 persen seperti saat masih muda. Pukulannya masih keras.

Setelah mencuri poin pertama, Jorgensem masih sempat unggul 4-2, Jorgensen tersalip lima angka tanpa jeda hingga tertinggal 4-7 dari Antonsen yang justru mengamankan interval dengan skor 11-8.

Jorgensen masih berupaya mengejar bola-bola yang diarahkan Antonsen, meski tak jarang melakukan kesalahan sendiri dan berujung "menyumbang" poin bagi Antonsen.

Dibandingkan Antonsen, tempo bermain Jorgensen dapat dikatakan lebih lambat. Dia bermain dengan sabar.

Hinga akhirnya Antonsen meraih game poin dengan skor 20-12. Jorgensen masih sukses mengembalikan servis Antonsen, hingga akhirnya pukulan Antonsen mengarah ke lapangan kanan belakang Jorgensen yang kosong.

Langkahnya seolah terkunci, Jorgensen tak mampu mengejar shuttlecock. 21-12, kemenangan untuk Jorgensen.

Jorgensen jalani pertandingan terakhirnya di kandang yang sunyi. Denmark Open 2020, seperti diketahui berjalan di tengah pandemik COVID-19 yang mewabah di dunia.

Dampaknya, Odense Sports Park yang sebenarnya dapat menampung lebih dari 2.000 orang hanya boleh diisi maksimal 500 orang.

Baca Juga: Denmark Open 2020: Jalani Laga Panas, Chou Tien Chen ke Semifinal

2. Tutup perjalanan karier internasional di turnamen gelar juara perdananya

Denmark Open 2020: Menikmati Pertandingan Terakhir Jan O JorgensenLaga derby tuan rumah Jan O Jorgensen kontra Anders Antonsen di Denmark Open 2020 (Tangkap layar YouTube/BWF TV)

Set kedua berjalan dengan apik. Jorgensen beberapa kali memberi serangan pada Antonsen. Dia jugsa sempat melemparkan senyum kecil ke arah penonton di awal set kedua.

Salah satu permainan ciamik Jorgensen di set kedua ketika menjalani rally dengan Antonsen, shuttlecock terakhir dari Antonsen mengarah ke sisi kiri Jorgensen yang berupaya dia kejar.

Berlari mendekati shuttlecock, Jorgensen menyadari bola akan out. Alih-alih memukul, Jorgensen menahan raketnya dan berupaya menghentikan laju lari kakinya ke arah pinggir lapangan. Cerdik.

Jorgensen menyajikan pertandingan manis untuk disimak dan disaksikan di laga terakhirnya. Interval set kedua kembali diamankan Antonsen dengan skor 11-7. Antonsen juga mencapai match poin dengan cepat di skor 20-10.

Gemuruh tepuk tangan pendukung Jorgensen mengisi Odense Sports Park di momen ini. Jorgensen tampak sempat terbawa emosi dan menitikkan air mata. Tangannya mengatup mengucapkan terima kasih keapda penonton.

Pukulan terakhirnya dinyatakan out, Jorgensen melempar raketnya dan mendekat ke net, memberi pelukan kepada Antonsen.

Antonsen memenangkan laga dengan skor 21-10. Jorgensen menutup karir internasionalnya dengan gemuruh tanda rasa hormat dari penonton di Odense Sports Park, Denmark.

Jorgensen menutup perjalanan kariernya di turnamen yang menjadi gelar profesional pertamanya, Denmark Open.

3. Haru biru Odense Sports Park melepas Jorgensen

Denmark Open 2020: Menikmati Pertandingan Terakhir Jan O JorgensenJan O Jorgensen dalam pertandingan terakhirnya sebelum pensiun, Denmark Open 2020 (Tangkap layar YouTube/BWF TV)

Usai laga, Jorgensen dan Antonsen saling bertukar kaus mereka. Rasa haru dan emosional tak dapat disembunyikan Jorgensen. Tangannya mengatup, berulang kali berucap terima kasih kepada seluruh penonton yang hadir di Odense Sports Park.

Air mata menetes di wajahnya. Beberapa kali, Jorgensen menyekanya. Gemuruh tepuk tangan lama mengisi arena. Seorang official tampak memasuki lapangan dan memberi Jorgensen bouquet bungan sebagai tanda perpisahan dan selamat.

Jan O Jorgensen, mantan peringkat dua dunia, legenda bulu tangkis Denmark, remsi gantung raket di hadapan publiknya.

Happy retirement, legend!

Baca Juga: Cek Jadwal Semifinal Denmark Open 2020 Hari Ini, Jangan Terlewat!

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya