Eks Juara Tinju Dunia Klitschko Bersaudara Siap Berperang Bela Ukraina

Vitali dan Wladimir siap bertarung demi bela Ukraina

Jakarta, IDN Times - Mantan petinju dan juara kelas berat asal Ukraina, Vitali Klitschko dan Wladimir Kitschko mengungkapkan rencananya untuk turut angkat senjata membela negaranya di tengah memanasnya situasi invasi Rusia atas Ukraina.

Kondisi Rusia dan Ukraina memang semakin menegangkan. Kondisi negaranya yang mencemaskan, membuat Kitschko ingin ambil peran.

1. Vitali dan Wladimir siap bertarung

Eks Juara Tinju Dunia Klitschko Bersaudara Siap Berperang Bela UkrainaMantan petinju dan juara kelas berat asal Ukraina, Vitali Kitschko dan Wladimir Kitschko siap bela Ukraina (YouTube.com/Guardian News)

Keputusan Klitschko bersaudara bukan tanpa alasan. Memanasnya situasi di Ukraina, negara mereka, usai invasi militer Rusia jadi pertimbangan utamanya.

Terlebih mengingat Vitali Klitschko telah menjadi wali kota ibu kota Ukraina, Kiev sejak 2014 lalu. Vitali dan Wladimir mengaku siap bertarung.

"Saya tidak punya pilihan lain, saya harus melakukan itu. Saya akan berjuang," ujar Vitali mengutip The Guardian.

Baca Juga: 5 Pesepak Bola Ukraina dengan Banderol Termahal saat Ini

2. Vitali: saya percaya pada Ukraina

Eks Juara Tinju Dunia Klitschko Bersaudara Siap Berperang Bela Ukrainathedailybeast.com

Menurut Vitali, Kiev saat ini berada dalam ancaman. Prioritas utama Vitali adalah bekerja sama dengan polisi dan pasukan militer untuk mendukung infrastruktur penting seperti listrik, gas dan air bagi warganya.

Vitali mengatakan warga sipil, termasuk dirinya, siap mempertahankan Kiev sebagai tentara.

"Saya percaya pada Ukraina, saya percaya pada negara saya dan saya percaya pada rakyat saya," ujar Vitali.

3. Wladimir daftar jadi tentara cadangan

Eks Juara Tinju Dunia Klitschko Bersaudara Siap Berperang Bela Ukrainapotret AJ vs Wladimir Klitschko pada tahun 2017 (thesun.co.uk)

Wladimir Klitschko dikabarkan mendaftar di tentara cadangan Ukraina awal bulan ini. Kecintaannya terhadap negaranya disebut Wladimir membuatnya mengambil keputusan ini.

"Orang-orang Ukraina kuat. Dan itu akan tetap setia pada dirinya sendiri dalam cobaan yang mengerikan ini. Bangsa yang mendambakan kedaulatan dan perdamaian," ujar Wladimir.

Baca Juga: 5 Pesepak Bola Ukraina yang Bermain di Liga Premier Rusia 2021/2022

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya