[EKSKLUSIF] Lebih Dekat dengan Ratu UFC Valentina Shevchenko

Valentina Shevchenko dianggap sebagai yang terkuat sekarang

Jakarta, IDN Times - Valentina Shevchenko sedang menikmati bulan madu dalam kariernya di pentas Ultimate Fighting Championship. Kini, sudah delapan laga secara beruntun diakhiri Valentina dengan kemenangan, persis setelah keok dari Amanda Nunes pada 9 September 2017.

Ya, kekalahan dari Amanda Nunes pun bukan lewat skema KO atau tap out. Valentina kalah dalam perhitungan poin, yang mengisyaratkan kalau kemampuannya masih sejajar dengan Amanda Nunes.

Hanya saja, pesona Valentina tertutup oleh Amanda Nunes yang perkasa. Namun, belakangan ini, Valentina lebih aktif bertarung ketimbang Amanda Nunes, dan membuatnya menyabet gelar Ratu UFC.

Titel yang layak disematkan kepada wanita berdarah Kyrgyzstan-Peru tersebut. Sebab, dia sudah enam kali berhasil mempertahankan gelar juara di kelas terbang. Sejumlah petarung papan atas di kelas tersebut seperti Jessica Andrade, Kathlyn Cookagian, Joanna Jędrzejczyk, dan Jennifer Maia, sudah dibekuk oleh Valentina.

IDN Times berkesempatan mewawancarai sosok Valentina secara eksklusif. Dengan penulis, Valentina berkisah banyak terkait kehidupannya di atas dan luar oktagon. Berikut petikannya. 

[EKSKLUSIF] Lebih Dekat dengan Ratu UFC Valentina Shevchenkotwitter.com/ufc

Pertama-tama, terima kasih untuk waktu dan kesempatannya sudah mau berbincang dengan IDN Times. Kami sangat senang bisa mengenal Valentina lebih jauh. Ngomong-ngomong, bagaimana kabar kamu? Lagi sibuk apa sekarang?

Kabar baik. Sekarang sangat disibukkan dengan training camp. Sudah mendekati laga penting untukku bisa mempertahankan gelarku. Sekarang yang saya lakukan hanya berfokus di training camp dan persiapan sembari jalani pemulihan.

Kalau aku tidak salah, dalam waktu dekat kamu akan jalani pertandingan di Singapura kan, melawan Taila Santos. Apakah ada persiapan khusus untuk itu?

Seperti biasa, aku sangat fokus untuk penampilanku bisa 100 persen. Fokus pada kondisi fisik dan mentalku.

Aku sudah hidup di dunia beladiri sejak usia lima tahun. Jadi, aku sudah biasa dengan pertarungan, pertandingan di atas arena, hingga latihan keras macam ini.

Pengalaman sudah mengajarkanku segalanya. Mendefinisikan petarung seperti apa aku. Itu sebabnya aku terus berfokus pada hal yang sama. Terus memotivasi diri supaya bisa terus menampilkan yang terbaik tiap penampilanku.

[EKSKLUSIF] Lebih Dekat dengan Ratu UFC Valentina ShevchenkoPetarung UFC Valentina Shevchenko (Instagram.com/bulletvalentina)

Kalau kamu boleh menyebut nama, siapa petarung yang kamu jadikan saingan terberatmu saat ini?

Oh, kamu tahu, aku tidak pernah mau hanya menyebut hanya satu nama. Aku tidak mau terkesan tidak menghormati para sainganku.

Semua orang, menurutku, membawa sesuatu ke arena. Bagiku, tujuanku adalah mencari jalan terbaik untuk bisa mencapai kemenangan dimana pun. Ini yang membuat aku menjadi petarung seperti sekarang.

[EKSKLUSIF] Lebih Dekat dengan Ratu UFC Valentina ShevchenkoPetarung UFC Valentina Shevchenko (Instagram.com/bulletvalentina)

Sejauh yang aku tahu, tidak ada petarung lain yang berada satu level dengan kamu. Apakah kamu punya niat untuk bertarung di divisi lain?

Sebenarnya, aku memulai karier di kelas yang lebih besar. Waktu itu, hanya ada dua kelas. Makanya, dulu aku bertarung di kelas yang lebih besar. Masalahnya, dengan situasi itu, aku jadi harus bertanding melawan petarung lain yang lebih besar.

Aku tidak merasa ada masalah dengan itu. Aku punya rasa percaya diri dan cukup kuat untuk menjalani pertarungan.

Sampai akhirnya, ada divisi yang sekarang. Ini divisi yang paling tepat bagiku, ideal dengan berat badanku. Aku ingin menunjukkan performa terbaik di kelas yang benar-benar tepat untuk aku.

Ini yang menjadi fokus utamaku. Tapi, bicara soal pengalaman, aku pernah melawan petarung-petarung di kelas yang lebih berat sebelumnya.

Baca Juga: [EKSKLUSIF] Serunya Hidup di Keluarga Beladiri Ala Petarung Wanita UFC

[EKSKLUSIF] Lebih Dekat dengan Ratu UFC Valentina ShevchenkoPetarung UFC Valentina Shevchenko (Instagram.com/bulletvalentina)

Seperti yang kamu bilang, kamu mengenal beladiri sejak masih kecil. Apakah ini memang jadi impian mu? Atau apakah kamu punya mimpi lain?

Tentu saja, dan aku tidak pernah takut untuk memenuhinya. Aku bukan seorang petarung yang hanya hidup untuk pertarungan. Aku juga bisa menikmati hidup dan melakukan hal-hal lain.

Aku suka memanfaatkan waktu dan belajar hal-hal baru. Karena, menurutku, semakin lengkap kamu, semakin banyak pengetahuan yang kamu miliki, semakin kamu jadi orang yang serbabisa.

Aku memang mulai karier beladiri di usia yang masih sangat muda. Mungkin ini karena keluargaku aktif di bidang olahraga. Ibuku adalah Presiden dari Federasi Muaythai di Republik Kyrgyzstan. Dia juga seorang pelatih yang punya banyak murid.

Adik perempuanku juga seorang petarung. Dia juga akan jalani pertarungan di Las Vegas Juli 2022 nanti. Mungkin karena itu aku sangat lekat dengan beladiri. Karena beladiri memang mengakar di keluargaku.

Tapi, saudariku yang lain, dia seorang pilot di maskapai komersial. Jadi, itu contoh hal lain yang luar biasa yang terjadi di keluargaku.

Kami suka berburu, menembak, melakukan kegiatan di luar ruangan, hal-hal baru dalam hidup. Itu yang aku lakukan dalam hidupku ketika aku tidak bertarung.

[EKSKLUSIF] Lebih Dekat dengan Ratu UFC Valentina ShevchenkoPetarung UFC Valentina Shevchenko (Instagram.com/bulletvalentina)

Sebagai figur publik, aku yakin kamu pasti pernah berhadapan dengan perundungan atau serangan di media sosial. Bagaimana kamu menghadapi itu semua?

Aku tidak tahu. Aku tahu ada banyak orang yang berjuang menghadapi itu semua di media sosial . Tapi aku hanya mengambil hal-hal baik dari media sosial.

Karena, menurutku, media sosial itu tempat untuk pengikutku dan orang-orang yang mau mengikuti keseharianku dan gaya hidupku.

Jadi aku hanya membagikan semua hal yang kulakukan. Kalau aku bisa menginspirasi mereka, aku juga lakukan.

Misalnya untuk belajar hal baru, traveling, belajar bahasa baru, hal-hal seperti itu. Bagiku, media sosial itu bagian dari seni. Jadi, aku menggelutinya dengan serius. Aku hanya membagikan hal-hal motivasional di sana. Aku tidak ingin orang jadi frustrasi. Aku ingin orang merasa baik.

Jika kita melihat foto atau gambar baik di media sosial, juga bisa merasa lebih baik. Dan itu yang aku ingin pengikut rasakan.

[EKSKLUSIF] Lebih Dekat dengan Ratu UFC Valentina ShevchenkoPetarung UFC Valentina Shevchenko (Instagram.com/bulletvalentina)

Kamu positif sekali. Senang sekali mengenal sisimu ini. Anyway, beberapa orang menjuluki kamu Ratu UFC saat ini. karena kamu dianggap lebih aktif dan bahkan mereka kagum atas kecepatan dan kekuatan kamu di arena. Bagaimana kamu menanggapi hal ini?

Kamu tahu, aku tidak pernah memikirkan hal itu. Aku hanya berfokus pada apa yang harus dilakukan untuk tetap bertahan di puncak dan menampilkan yang terbaik.

Ini butuh energi, perhatian, dan fokus ekstra. Jadi, kalau aku memikirkan kata orang, itu akan menyita perhatian, yang sebenarnya bisa digunakan untuk persiapan yang lebih baik.

Jadi aku hanya fokus pada apa yang harus aku lakukan untuk tetap bisa bertahan di puncak.

[EKSKLUSIF] Lebih Dekat dengan Ratu UFC Valentina ShevchenkoPetarung UFC Valentina Shevchenko (Instagram.com/bulletvalentina)

Siapa sih orang yang paling berdampak untukmu dalam hidup?

Aku selalu mengambil hal-hal baik dari tiap lawan bicaraku. Bertemu orang baru selalu memberi kesenangan untukku.

Aku merasa, tiap orang punya pengalamannya sendiri yang begitu berharga. Dan aku senang untuk mendengarkan cerita dan belajar dari pengalaman mereka.

Menurutku, motivasi dan pelajaran terbesar bisa juga kamu ambil dari pengalaman orang lain. Kata orang, pelajaran terbesar itu dari kegagalan sendiri. Itu benar, tapi kadang pengalaman orang lain juga membantu.

Kita bisa belajar dari apa yang mereka lakukan. Dari bagaimana mereka menyelesaikan masalah. Kita kadang tidak perlu harus merasakan satu masalah karena kita sudah belajar dari orang lain bagaimana mengatasi masalah tersebut.

[EKSKLUSIF] Lebih Dekat dengan Ratu UFC Valentina ShevchenkoPetarung UFC Valentina Shevchenko (Instagram.com/bulletvalentina)

Pertanyaan terakhir, selalu menyenangkan dan membanggakan bisa memiliki petarung perempuan yang hebat. Adakah yang ingin kamu sampaikan untuk para petarung perempuan di luar sana?

Oh, iya! Bagiku, beladiri adalah olahraga yang luar biasa. Itu bisa membentuk rasa percaya dirimu. Termasuk untuk tiap perempuan yang menggelutinya.

Olahraga ini bisa memberi kamu rasa pecaya diri, memberi kamu pemahaman bagaimana mengendalikan tubuhmu dan merasa berbeda.

Aku sangat berharap bisa melihat lebih banyak lagi perempuan yang menggeluti cabor ini. Mungkin tidak harus bertarung, tapi menikmatinya.

Aku senang sekali dengan Indonesia. Pada 2015 atau 2016 lalu, aku pernah ke Indonesia. Saat itu kamu ke Danau Toba dan menurutku tempat itu luar biasa Indah.

Aku akan senang untuk bisa kembali ke sana. Nanti, aku akan bertarung di Singapura. Ini juga kali pertama aku ke Singapura. Aku sangat senang.

[EKSKLUSIF] Lebih Dekat dengan Ratu UFC Valentina ShevchenkoPetarung UFC Valentina Shevchenko (Instagram.com/bulletvalentina)

Kamu masih punya banyak pertanyaan untuk kamu. Tapi karena keterbatasan waktu, kita sudahi di sini dulu, ya. Terima kasih untuk waktu dan kebersamaan singkatnya, Valentina. Kami doakan yang terbaik untuk pertarungan mu. Semoga kita bisa bertemu di Indonesia! Goodluck, Champ!

Terima kasih, sampai jumpa di Indonesia!

Baca Juga: 4 Petarung Indonesia Tampil di UFC

Topik:

  • Margith Juita Damanik
  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya