Erick Thohir Optimistis Indonesia Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2032 

Jusuf Kalla temui Presiden IOC, makinserius nih kayaknya!

Jakarta, IDN Times - Wakil Presiden Republik Indonesia, Jusuf Kalla, didampingi Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Erick Thohir, menemui Presiden International Olympic Committee (IOC), Thomas Bach, di Markas IOC, Laussane, Swiss untuk membahas mengenai Indonesia yang masuk dalam bursa calon tuan rumah perhelatan olahraga akbar Olimpiade 2032 mendatang.

Pertemuan diadakan pada Rabu (15/5) lalu. Sebelumnya, Jusuf Kalla hadir dan menjadi pembicara dalam Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR) 2019, di Jenewa, Swiss, didampingi oleh Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Puan Maharani, dan Duta Besar RI untuk Swiss, Muliaman D Hadad.

1. Erick Thohir optimistis Indonesia jadi tuan rumah

Erick Thohir Optimistis Indonesia Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2032 Instagram.com/@erickthohir

Erick Thohir dalam akun Instagram-nya menyebutkan bahwa dirinya optimistis Indonesia dapat menjadi tuan rumah untuk perhelatan Olimpiade 2032 mendatang.

"Mendampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla bertemu dengan Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC), Thomas Bach, hari ini. Pertemuan ini menandakan keseriusan Indonesia untuk mencalonkan diri menjadi tuan rumah Olimpiade 2032," kata Erick dalam akun Instagram-nya (@erickthohir).

"Bismillahirrahmanirrahim, saya yakin dan optimistis Indonesia siap menjadi tuan rumah Olimpiade 2032," tambah dia.

Baca Juga: Temui FIBA, Indonesia Mantap Jadi Tuan Rumah Piala Dunia Basket 2023 

2. Resmi mencalonkan diri sejak Februari

Erick Thohir Optimistis Indonesia Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2032 Instagram.com/@erickthohir

Pada 11 Februari yang lalu, Presiden Republik Indonesia, Joko "Jokowi" Widodo, diketahui dalam surat resmi telah mencalonkan diri sebagai tuan rumah Olimpiade 2032 kepada Thomas Bach.

Keseriusan ini dilanjutkan dengan pertemuan yang dilakukan Jusuf Kalla dengan Thomas Bach. Surat resmi Jokowi dan kunjungan resmi Jusuf Kalla didampingi beberapa delegasi menjadi wujud keseriusan pemerintah untuk dapat menjadi tuan rumah dalam Olimpiade 2032.

3. Penentuan tuan rumah dilakukan 2024

Erick Thohir Optimistis Indonesia Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2032 Instagram.com/@erickthohir

Penentuan negara yang akan menjadi tuan rumah baru akan diputuskan dalam sidang IOC tahun 2024 mendatang. Kedatangan Jusuf Kalla menjadi bentuk nyata keseriusan pemerintah Indonesia untuk menjamu perhelatan Olimpiade usai sukses menghelat Asian Games 2018 silam.

4. Usai pagelaran Asian Games 2018, Indonesia banjir pujian

Erick Thohir Optimistis Indonesia Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2032 Instagram.com/@erickthohir

Usai menjadi tuan rumah dari perhelatan bergengsi Asian Games 2018, Indonesia pujian atas kesuksesan perhelatan itu membanjiri Indonesia.

Respons positif dan pujian dari dunia internasional yang terus naik membuat pemerintah memantapkan diri untuk mencalonkan diri menjadi tuan rumah Olimpiade 2032 mendatang.

Baca Juga: Jusuf Kalla dan Erick Thohir Bicarakan Olimpiade 2023 di Swiss

Topik:

  • Margith Juita Damanik
  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya