Evaluasi Thomas Cup 2022, Selanjutnya Indonesia Andalkan Pemain Muda

Indonesia gagal merebut gelar juara Thomas Cup 2022

Jakarta, IDN Times - Tim beregu putra Indonesia keluar sebagai runner-up Thomas Cup 2022. Hasil ini didapat usai Indonesia kalah 0-3 kontra India di babak final yang berlangsung di Impact Arena, Bangkok, Thailand pada Minggu (15/5/2022).

Tumbang di babak puncak, skuad Indonesia mengakui keunggulan pasukan India. Tim Indonesia langsung berbenah. Mereka bakal menurunkan pasukan muda di Thomas Cup 2024 mendatang.

1. Akui lawan lebih hebat

Evaluasi Thomas Cup 2022, Selanjutnya Indonesia Andalkan Pemain MudaLakshya Sen (bwfworldtourfinals.bwfbadminton.com)

Tim Thomas Indonesia akui India tampil lebih hebat di babak final. Wajar saja pasukan India memang jor-joran demi mengejar gelar juara Thomas Cup perdana mereka sepanjang sejarah.

Meski kalah 0-3, skuad Indonesia bukannya tak tampil maksimal. Hendra Setiawan dkk. sudah kerahkan seluruh usaha demi mempertahankan gelar juara Thomas Cup yang diraih pada edisi 2020 tahun lalu.

"Sebagai bahan evaluasi, seluruh pemain sudah berjuang hebat. Sudah mengeluarkan seluruh kemampuan terbaik. Kita akui, memang lawan lebih baik," kata manajer tim Hendro Santoso dalam keterangan tertulis, Senin (16/5/2022).

Baca Juga: [BREAKING] Jonatan Christie Kalah, Indonesia Gagal Jadi Juara Thomas Cup

2. Fokus ke pematangan atlet pelapis

Evaluasi Thomas Cup 2022, Selanjutnya Indonesia Andalkan Pemain MudaTunggal putra Syabda Perkasa Belawa di Thomas Cup 2022 (Dok. PP PBSI)

Kepala pelatih tunggal putra, Irwansyah, mengaku bakal mempersiapkan pemain muda untuk gelaran Thomas Cup 2024 mendatang.

Sebagai proses pematangan, Irwansyah bakal mendorong pemain-pemain pelapis seperti Syabda Perkasa Belawa dan Tegar Sulistio untuk dikirim lebih banyak lagi ke kejuaraan internasional.

"Para pemain pelapis ke depan akan diberi kesempatan lebih banyak tampil ke kejuaraan internasional. Ini menjadi bagian dari proses regenerasi," kata Irwansyah.

Di Thomas Cup 2022 Syabda Perkasa Belawa jadi pahlawan baru Indonesia. Dia secara mengejutkan mampu menghajar wakil Korea Selatan Lee Yun Gyu dalam rubber game, 21-14, 11-21, 21-16. Syabda pun mampu membawa Indonesia jadi juara Grup A Thomas Cup 2022.

3. Ganda putra siap pasang pemain muda di 2024

Evaluasi Thomas Cup 2022, Selanjutnya Indonesia Andalkan Pemain MudaBagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri di Thailand Masters 2020 (IDN Times/PBSI)

Senada dengan Irwansyah, kepala pelatih ganda putra, Herry IP, juga mengaku akan mempersiapkan atlet-atlet mudanya untuk menghadapi Thomas Cup 2024 mendatang. dua tahun lagi Herry akan lebih menyiapkan mereka.

"Pemain muda sudah sepantasnya yang akan tampil di 2024. Mereka akan saya matangkan agar siap tampil di perebutan Piala Thomas 2024," kata Herry.

Sebagai informasi, Thomas dan Uber Cup memang diagendakan bakal kembali digelar pada 2024 mendatang. Di tahun yang sama, gelaran Olimpiade bakal digelar dengan Paris, Prancis sebagai tuan rumah.

Elite senior bulu tangkis Indonesia sudah barang tentu diprioritaskan untuk bertanding di ajang olahraga paling bergengsi dunia tersebut.

Baca Juga: Profil Syabda Perkasa Belawa, Bintang Muda Indonesia di Thomas Cup

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya