Comscore Tracker

Fajar/Rian Ciamik, Atasi Wakil Korea Selatan di WTF 2022

Fajar/Rian kunci kemenangan pertama 

Jakarta, IDN Times - Ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto mengunci kemenangan di kiprah perdananya dalam laga penyisihan Grup A BWF World Tour Finals 2022. Mentas di Nimibutr Arena, Bangkok, Thailand pada Rabu (7/12/2022), pasangan ini mampu mengandaskan wakil Korea Selatan, Choi Sol Gyu/Kim Won Ho, dalam 23-21, 21-17. 

Kemenangan ini diraih Fajar/Rian setelah berhasil keluar dari tekanan Choi/Kim sejak gim pertama di gelar. Hasil ini jadi modal awal Fajar/Rian yang juga merupakan unggulan pertama di World Tour Finals 2022.

1. Keluar dari tekanan di akhir gim pertama

Fajar/Rian Ciamik, Atasi Wakil Korea Selatan di WTF 2022Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto di semifinal Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2022 (Dok. PP PBSI)

Gim pertama tak berjalanan sesuai dengan harapan bagi Fajar/Rian. Banyak kesalahan yang dilakukan Fajar/Rian membuat keduanya tertinggal 8-11 di interval gim pertama.

Fajar/Rian terus bermain dalam tekanan Choi/Kim dan terus tertinggal 16-19. Fajar/Rian akhirnya mempertipis ketertinggalan dan mengejar kertinggalan hingga 20-20.

Akhir gim pertama menjadi lebih intens, Fajar/Rian keluar dari tekanan dan comeback mengunci kemenangan game pertama dengan skor 23-21.

Baca Juga: Fajar/Rian Masuk Nominasi Penghargaan BWF, Kategori Apa?

2. Fajar/Rian dominan di gim kedua

Fajar/Rian Ciamik, Atasi Wakil Korea Selatan di WTF 2022Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto di Denmark Open 2022 (Twitter.com/INABadminton)

Tak mau melakukan kesalahan yang sama seperti gim pertama, Fajar/Rian bermain lebih dominan di gim kedua. Pukulan-pukulan Fajar/Rian sukses mengecoh dan menyulitkan Choi/Kim.

Fajar/Rian mengunci interval gim kedua dengan keunggulan 11-9. Tak banyak halangan yang dialami Fajar/Rian di game kedua. Kemenangan dikunci Fajar/Rian dengan skor 21-17.

3. Fajar/Rian menantang nomor pasangan satu dunia

Fajar/Rian Ciamik, Atasi Wakil Korea Selatan di WTF 2022Takuro Hoki/Yugo Kobayashi (instagram.com/hokitonami)

Fajar/Rian menjadi unggulan pertama dalam turnamen tutup tahun ini. Keduanya jadi pemuncak klasemen ganda putra World Tour Finals setelah meraih empat gelar juara dari delapan final yang dijajaki sepanjang 2022.

Di hari kedua BWF World Tour Finals 2022, Fajar/Rian akan menantang ganda putra nomor satu dunia asal Jepang, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi.

Catatan pertemuan keduanya terbilang ketat. Fajar/Rian tertinggal 2-3 dari Hoki/Kobayashi.

Baca Juga: Fajar/Rian dan Hendra/Ahsan Berebut Gelar di World Tour Finals

Topic:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya