Comscore Tracker

Ginting dan Minions Keok, Indonesia Tertinggal Sementara dari Malaysia

Kedudukan sementara Indonesia vs Malaysia, 1-2

Jakarta, IDN Times - Laga babak perempat final Piala Sudirman 2021 masih berlangsung. Wakil bulu tangkis Indonesia menjalani laga kontra Malaysia, Jumat (1/10/2021).

Turun di partai ketiga, Anthony Sinisuka Ginting berhadapan dengan tunggal putra Malaysia, Lee Zii Jia. Sayangnya, Ginting justru kalah straight game dengan skor 11-21, 16-21.

Indonesia pun tertinggal sementara 1-2 dari Malaysia, setelah poin dari sektor tunggal putra dan ganda putra tak bisa diselamatkan. Beruntung tunggal putri Indonesia berhasil mengamankan angka.

1. Minions kalah, Indonesia kehilangan poin pertama

Ginting dan Minions Keok, Indonesia Tertinggal Sementara dari MalaysiaKevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon di Piala Sudirman 2021 (Dok. BadmintonPhoto)

Ganda putra Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon turun di partai pembuka. Berhadapan dengan Aaron Chia/Soh Wooi Yik, Kevin/Marcus harus keok dua gim langsung.

The Minions, julukan Kevin/Marcus, takluk dengan skor 12-21, 15-21. Padahal laga ini diharapkan bisa jadi momentum revans The Minions kontra Chia/Soh.

"Bukan soal kalah atau menang. Tetapi dalam pertandingan beregu itu, fight itu penting. Mainnnya kurang greget. Meskipun begitu harus diakui, pertahanan lawan memang kuat dan tidak jebol. Mainnya lebih baik," ujar pelatih ganda putra Herry IP mengevaluasi anak didiknya.

Baca Juga: Jadwal Perempat Final Piala Sudirman: Indonesia Vs Malaysia

2. Gregoria lega bisa sumbang poin

Ginting dan Minions Keok, Indonesia Tertinggal Sementara dari MalaysiaGregoria Mariska Tunjung di Piala Sudirman 2021 (Dok. BadmintonPhoto)

Gregoria Mariska Tunjung berlaga habis-habisan saat bertemu Kisona Selvaduray. Pada gim pertama, Gregoria yang sempat tertinggal jauh dari wakil Malaysia akhirnya membuktikan diri dan menang engan skor 22-20.

Di gim kedua, performa Gregoria di bawah Kisona. Beberapa kesalahan yang dibuat Gregoria membuat Kisona memperoleh angka. Hasilnya pun Gregoria kalah skor 18-21 dari Kisona.

Pada gim ketiga Gregoria mengamankan kemenangan dengan skor 21-19. Kemenangan di sektor tunggal putri ini membuat posisi Indonesia menyamakan skor dengan Malaysia, 1-1.

"Saya tegang dan dampaknya banyak melakukan kesalahan sendiri. Sudah unggul kemudian banyak kehilangan angka karena kesalahan sendiri. Apalagi saat itu Indonesia ketinggalan angka dari Malaysia," ujar Gregoria usai laga.

3. Ginting ditumbangkan Lee Zii Jia

Ginting dan Minions Keok, Indonesia Tertinggal Sementara dari MalaysiaAnthony Sinisuka Ginting di Piala Sudirman 2021 (Dok. BadmintonPhoto)

Turun di partai ketiga, Anthony Sinisuka Ginting tak berhasil membawa Indonesia unggul. Ginting bermain tidak lepas dan kehilangan gim pertama dengan skor 11-21 dari Lee Zii Jia.

Ginting sebenarnya sempat unggul di awal gim kedua, tapi dominasi Lee Zii Jia dalam pertandingan tak bisa dielakkan. Akhirnya Ginting tumbang di tangan Lee Zii Jia pada gim kedua dengan skor 21-16.

Kekalahan Ginting ini membuat Malaysia unggul 2-1 atas Indonesia. Saat ini pertandingan masih berlangsung. Dua partai lagi akan digelar memperhadapkan wakil ganda putri dan ganda campuran tiap negara.

Indonesia tentu berharap peraih medali emas Olimpiade Tokyo 2020 ganda putri, Greysia Polii/Apriyani Rahayu, bisa menyelamatkan Indonesia dengan menahan imbang Malaysia 2-2. Selain itu, pasangan "honey couple" Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti diharapkan bisa jadi pembawa kemenangan untuk Indonesia di sektor ganda campuran.

Baca Juga: 6 Fakta Sejarah Piala Sudirman, Dedikasi untuk Tokoh Indonesia

Topic:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya