Greysia/Apriyani Menangi Laga Ketat di BWF World Tour Finals 2020

Greysia/Apriyani sempat kecolongan di set kedua

Jakarta, IDN Times - Pasangan ganda putri Indonesia Greysia Polii/Apriyani Rahayu, sukses mengamankan kemenangan di putaran pertama babak penyisihan grup turnamen BWF World Tour Finals 2020, Rabu (27/1/2021).

Berhadapan dengan wakil Korea Selatan, Lee So-hee/Shing Seung-chan, pasangan ganda putri nomor satu Indonesia memenangkan laga dalam rubber set dengan skor 21-17, 22-24, 21-15.

Pertandingan yang berlangsung di Impact Arena, Bangkok, Thailand itu tidak hanya berjalan ketat namun juga dramatis dan menegangkan.

 

 

1. Jalani beberapa rally panjang, Greysia/Apriyani menangkan set pertama

Greysia/Apriyani Menangi Laga Ketat di BWF World Tour Finals 2020Greysia Polii/Apriyani Rahayu di hari pertama BWF World Tour Finals 2020 (Dok.IDN Times/BadmintonPhoto)

Sejak awal laga berjalan, pertandingan berlangsung ketat. Baik Greysia/Apriyani dan Lee/Shin berupaya saling mengejar poin.

Setelah imbang 8-8, Greysia/Apriyani terus mencoba menambah keunggulan. Beberapa kali reli panjang terjadi di set ini.

Termasuk reli dengan catatan 95 kali pukulan saat skor mencapai 10-8. Setelah sempat tertahan imbang 10-10, Greysia/Apriyani mengamankan interval ini di menit ke-16 dengan skor tipis 11-10.

Setelah jeda, Greysia/Apriyani mencoba bermain menyerang. Seolah cara main bertahan yang paling banyak ditunjukkan di set pertama tak cukup untuk mengamankan kemenangan.

Benar saja, Greysia/Apriyani terus unggul hingga skor 18-16. Greysia/Apriyani mencapai game point 20-17.

Pada menit ke-28, setelah jalani reli, pukulan Shin tersangkut di net. Set pertama berakhir dengan keunggulan Greysia/Apriyani dengan skor 21-17.

Baca Juga: Hendra/Ahsan Kunci Kemenangan Pertama di BWF World Tour Finals 2020

2. Capai match point, Greysia/Apriyani tertikung di set kedua.

Greysia/Apriyani Menangi Laga Ketat di BWF World Tour Finals 2020Ganda putri Korea Selatan, Lee So-hee/Shing Seung-chan di hari Pertama BWF World Tour Finals 2020 (Dok.IDN Times/BadmintonPhoto)

Seperti set pertama, awal set kedua berlangsung ketat. Reli panjang kembali terjadi di set ini. Lee/Shin banyak bermain dengan meladeni pola permainan Greysia/Apriyani hingga mengamankan interval kedua dengan skor 11-8.

Lee/Shin bermain lebih menyerang dan terus unggul. hingga 14-12. Tertinggal dua angka, Greysia/Apriyani bergerak melawan. Mereka mencuri empat poin beruntun dalam satu kali service hingga skor berbalik unggul 16-14.

Greysia/Apriyani memimpin pertandingan dan mencapai match point dengan skor 20-16. Di sini, mimpi buruk kemudian terjadi.

Greysia/Apriyani tak mampu menahan keunggulan dan menyelesaikan pertandingan. Keduanya malah kecolongan empat poin beruntun sehingga perolehan poin menjadi 20-20.

Match point kembali terjadi 21-20 untuk Greysia/Apriyani. Lagi, Lee/Shin menyamakan kedudukan 21-21. Bagi penikmat bulu tangkis, momen ini jadi momen menegangkan.

Posisi kembali berbalik. Kali ini 22-23, keunggulan untuk wakil Korea Selatan. Pukulan Shin di menit ke-37 tak mampu dikembalikan Greysia dan Apriyani.

Setelah sempat memimpin lima kali match point, Greysia/Apriyani gagal menyudahi laga dan takluk dengan skor 22-24 di set kedua.

3. Kunci kemenangan perdana BWF World Tour Final 2020 di set penentuan

Greysia/Apriyani Menangi Laga Ketat di BWF World Tour Finals 2020Greysia Polii/Apriyani Rahayu di hari pertama BWF World Tour Finals 2020 (Dok.IDN Times/BadmintonPhoto)

Rubber set dijalankan, Greysia/Apriyani mengambil alih kemudi pertandingan sejak awal. Mereka langsung mengamankan interval terakhir dengan skor 11-8.

Pukulan-pukulan Greysia/Apriyani di set penentuan lebih ciamik dan mematikan. Lee/Shin beberapa kali sulit mengembalikan pukulan ganda putri nomor satu Indonesia.

Greysia/Apriyani terus unggul mulai dari skor 14-9 hingga match point 20-15. Tak mau melakukan kesalahan yang sama seperti di set kedua, mereka bermain lebih fokus dan hati-hati.

Di menit ke-28 set ketiga, pukulan Shin jatuh di luar bidang pertandingan. Hal itu membuat pertandingan pun selesai dengan skor 21-15, Greysia/Apriyani akhirnya kunci kemenangan.

Di hari kedua babak penyisihan grup esok, Kamis, 28 Januari 2021, Greysia/Apriyani akan berhadapan dengan wakil Malaysia, Vivian Hoo/Yap Cheng Wen.

Baca Juga: [BREAKING] Hore! Greysia Polii-Apriyani Juara Thailand Open 2021 

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya