Hendra Setiawan Jadi Kapten, Indonesia Siap Bawa Pulang Piala Sudirman

Siap berangkat ke China pada tengah pekan depan

Jakarta, IDN Times - Piala Sudirman kembali digelar. Tahun 2019 ini, Kota Nanning, China, dipercaya sebagai penyelenggara Piala Sudirman 2019. Pertandingan ini akan diselenggarakan pada 19-26 Mei 2019 mendatang.

Bersamaan dengan pelantikan pengurus provinsi pada HUT PBSI ke-68 , tim Piala Sudirman juga siap diberangkatkan. Indonesia sendiri menurunkan 20 orang untuk berjuang membawa pulang Piala Sudirman 2019. Pelepasan keberangkatan dilakukan di Hotel Century, Senayan, Jakarta pada Sabtu (11/5).

1. Hendra Setiawan diangkat sebagai kapten tim

Hendra Setiawan Jadi Kapten, Indonesia Siap Bawa Pulang Piala SudirmanInstagram.com/@badminton.ina

Atlet ganda putra veteran Indonesia, Hendra Setiawan, diangkat menjadi kapten tim Indonesia dalam Piala Sudirman 2019. Hendra merupakan anggota tim yang paling senior (34 tahun) yang berangkat.

Hendra diharapkan dapat memimpin tim untuk membawa pulang piala bergengsi ini ke Indonesia. Piala Sudirman sendiri terakhir dimenangkan Indonesia lebih kurang 30 tahun yang lalu.

"Menurut saya, semua bisa terjadi di pertandingan, apalagi di pertandingan beregu. Hasilnya tidak bisa ditebak. Tapi, kami di tim semuanya harus optimistis dulu," kata Hendra kepada badmintonindonesia.org.

Baca Juga: Ini Cara Hendra Setiawan dan Greysia Polii Jaga Kekompakan Tim

2. Turunkan 20 atlet untuk bertanding

Hendra Setiawan Jadi Kapten, Indonesia Siap Bawa Pulang Piala SudirmanIDN Times/PBSI

Indonesia tahun ini menurunkan kekuatan penuh dengan total 20 atlet yang terdiri dari 12 atlet putra dan delapan atlet putri. Tim ini yang akan memperkuat tim Indonesia untuk kibarkan merah-putih di Piala Sudirman 2019.

12 nama yang diturunkan untuk mengisi slot pemain putra adalah, Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie, Shedar Hiren Rhustavito, Kevin Sanjaya Sukamuljo, Marcus Fernaldi Gideon, Hendra Setiawan, Mohammad Ahsan, Fajar Alfian, Muhammad Rian Ardianto, Tontowi Ahmad, Praveen Jordan, dan Hafiz Faizal.

Sedangkan slot putri diisi oleh Gregoria Mariska Tunjung, Fitriani, Greysia Polii, Apriyani Rahayu, Ni Ketut Mahadewi istarani, Melati Daeva Oktavianti, Gloria Emanuelle Widjaja, dan Winny Oktavina Kandow.

3. Berangkat hari Rabu nanti ke Nanning

Hendra Setiawan Jadi Kapten, Indonesia Siap Bawa Pulang Piala SudirmanIDN Times/PBSI

Dilansir dari Instagram Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) di @badminton.ina, tim Indonesia akan berangkat ke Nanning, China, pada Rabu (15/5) dengan menggunakan maskapai Cathay Pasific.

Hari Senin (13/5) dan Selasa (14/5) mendatang, tim dijadwalkan akan menjalani latihan tertutup dan sesi motivasi dan kekompakkan di pelatnas PBSI, Cipayung, Jakarta Timur.

Tim yang berangkat memiliki target sendiri yang diberikan oleh Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI, Susy Susanti.

"Targetnya, semua pemain yang diturunkan bisa main semaksimal mungkin," kata Susy kepada badmintonindonesia.org. "Saat ini tiga nomor andalan kami masih di ganda putra, tunggal putra, dan ganda campuran," tambah dia.

Baca Juga: 7 Pemain Indonesia yang Baru Debut di Piala Sudirman 2019

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya