Comscore Tracker

IFSC Yakin Indonesia Amankan Emas Olimpiade Paris 2024

Kategori speed putra Indonesia menjadi favorite dunia

Jakarta, IDN Times - Presiden Federasi Panjat Tebing Internasional (IFSC), Marco Maria Scolaris, yakin jika Indonesia akan mampu membawa pulang medali emas dari cabang olahraga panjat tebing di Olimpiade 2024 Paris.

Marco menilai, Indonesia punya peluang besar membawa pulang  medali emas di kategori speed putra dalam ajang multievent bergengsi tersebut..

Wajar saja, Marco pun mengakui kategori speed putra Indonesia menjadi salah satu yang paling favorit di dunia saat ini.

1. Speed putra Indonesia jadi favorite dunia

IFSC Yakin Indonesia Amankan Emas Olimpiade Paris 2024Podium Piala Dunia Panjat Tebing 2022 (https://www.ifsc-climbing.org/)

Dalam kategori speed putra, wakil Indonesia terbilang menjadi favorit dunia. Hal itu juga diakui langsung oleh Marco.

Wajar saja, dikategori speed putra, Indonesia punya sedikitnya tiga wakil jagoan dunia. Ada juara dunia 2022 Veddriq Leonardo, ada peraih medali emas Piala Dunia Panjat Tebing 2022 seri Jakarta Aspar Jaelolo, dan ada pula sang pemecah rekor sebagai pendaki tercepat dunia, Kiromal Katibin.

"Saya rasa untuk kategori speed putra, Indonesia menjadi favorit saat ini," ujar Marco ditemui di kantor Komite Olimpiade Indonesia (KOI) pada Selasa (27/9/2022).

Baca Juga: Jokowi Minta Timnas Panjat Tebing Sumbang Emas di Olimpiade 2024

2. Akan ada dua medali di Paris 2024

IFSC Yakin Indonesia Amankan Emas Olimpiade Paris 2024Presiden Federasi Panjat Tebing Internasional (IFSC), Marco Maria Scolaris (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Marco menjelaskan, panjat tebing akan memiliki dua medali digelaran Olimpiade Paris 2024 mendatang. Ini berbeda dengan yang terjadi di Olimpiade Tokyo 2020 lalu di mana panjat tebing hanya memiliki satu medali.

Marco menjelaskan dua medali panjat tebing di Paris 2024 akan terdiri dari medali untuk kategori speed dan kategori campuran (combined).

"Indonesia sudah terlihat punya peluang untuk mengamankan medali dari Olimpiade di Paris nanti," kata Marco.

3. Panjat Tebing jadi harapan baru Merah-Putih

IFSC Yakin Indonesia Amankan Emas Olimpiade Paris 2024Para pemanjat Indonesia di IFSC World Cup 2022 (IDN Times / Tata Firza)

Panjat tebing diharapkan dapat menjadi andalan baru Indonesia di ajang Olimpiade ke nanti. Terlebih, cabang olahraga baru ini sudah masuk dalam cabang olahraga prioritas di Desain Besar Olahraga Nasional (DBON).

Selama ini Indonesia menggantungkan asa untuk meraih medali dari cabor bulu tangkis, angkat besi, hingga panahan.

"Ini memberi kita rasa percaya diri yang lebih untuk membawa pulang emas lebih banyak di Olimpiade kedepannya. Setidaknya untuk Paris dan Los Angeles nanti," ujar Ketua Umum KOI, Raja Sapta Oktohari.

Baca Juga: Usai Piala Dunia, Panjat Tebing Indonesia Bidik Tembus Olimpiade 2024

Topic:

  • Margith Juita Damanik
  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya