IKN Didorong Jadi Kota Penyelenggara Olimpiade 2036 Indonesia

Indonesia mengajukan diri jadi tuan rumah Olimpiade 2036

Jakarta, IDN Times - Ibu kota Negara (IKN) Nusantara akan menjadi lokasi yang akan diajukan oleh Komite Olimpiade Indonesia (KOI) dalam upaya pencalonan diri menjadi tuan rumah Olimpiade 2036 mendatang. Hal ini sejalan dengan arahan Presiden RI, Joko "Jokowi" Widodo.

Bukan cuma mengikuti arahan, dengan mengajukan IKN sebagai kota penyelenggara Olimpiade 2036, Ketua KOI, Raja Sapta Oktohari, yakin Indonesia bisa memenangkan pencalonan.

"Kami menyambut baik arahan Pak Presiden untuk melanjutkan pencalonan Olimpiade 2036 dengan lokasi di IKN. Kami akan menjalankan tugas tersebut dan bekerja keras agar Indonesia tampil sebagai negara ASEAN pertama yang menjadi tuan rumah Olimpiade," kata Okto dalam keterangan tertulis, Kamis (4/8/2022).

1. Mau dibangun kamp khusus di IKN

IKN Didorong Jadi Kota Penyelenggara Olimpiade 2036 IndonesiaSejumlah bahan kontruksi berada di lokasi segmen tiga di kawasan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Minggu (6/2/2022). (ANTARA FOTO/Bayu Pratama S)

Demi melengkapi pencalonan tuan rumah Olimpiade 2036, pemerintah akan melakukan pembangunan sejumlah fasilitas olahraga di IKN. PSSI sudah diinstruksikan untuk menginspeksi lokasi yang akan menjadi kamp latihan Timnas Indonesia.

Cabang olahraga lain juga akan diberikan fasilitas khusus dan tergabung dalam Sports Training Center. Okto menyatakan rencana pembangunan Sports Training Center nantinya diserahkan kepada Future Host Commission, bagian dari Komite Olimpiade Internasional (IOC).

Baca Juga: Mimpi Rifda Irfanaluthfi Jadi Pesenam Indonesia Pertama di Olimpiade

2. Indonesia sempat ikut pencalonan tuan rumah Olimpiade 2032

IKN Didorong Jadi Kota Penyelenggara Olimpiade 2036 IndonesiaLogo Olimpiade yang terpasang di salah satu tempat di Tokyo, Jepang. (Instagram.com/tokyo2020)

Indonesia sebelumnya sempat mengajukan diri menjadi tuan rumah Olimpiade 2032. Namun, Australia pada akhirnya dipilih dengan Brisbane menjadi kota penyelenggara. Memang, dalam proses pencalonan tuan rumah Olimpiade 2032, Indonesia sedikit kalah cepat dari Australia.

Nah, terkait pencalonan untuk tuan rumah Olimpiade 2036, ada modal kuat yang dipegang Indonesia. Kini, Indonesia berstatus continuous dialogue.

"Kami akan lanjutkan karena format IOC saat ini mengedepankan permanent, ongoing dialogue. Ini dikatakan Presiden IOC, Thomas Bach, ketika ditemui di Olimpiade 2020 Tokyo. Menurutnya, Indonesia harus tetap melanjutkan proses bidding untuk Olimpiade karena prosesnya masih berjalan," kata Okto.

3. Jadikan ANOC World Beach Games 2023 jadi pembuktian

IKN Didorong Jadi Kota Penyelenggara Olimpiade 2036 IndonesiaKetua NOC Indonesia Raja Sapta Oktohari (kiri) bersama President IOC Thomas Bach di Olimpiade Tokyo 2020. (dok. NOC Indonesia/Naif Al’As)

ANOC World Beach Games di Bali yang berlangsung pada 5 hingga 12 Agustus 2023, nantinya dijadikan ajang pembuktian Indonesia layak jadi tuan rumah Olimpiade 2036. Dengan menjamu 1.200 atlet yang berasal lebih dari 100 negara akan hadir, Indonesia bakal lebih detail dan berusaha tampil sempurna.

Okto menyatakan ajang multievent olahraga air dan pantai itu bisa menjadi momen untuk meyakinkan IOC dan dunia kalau Indonesia memang siap menyelenggarakan Olimpiade.

"AWBG akan menjadi momentum penting untuk Indonesia melakukan pendekatan secara langsung agar kami bisa mendapatkan dukungan dan membuktikan Indonesia siap menjadi tuan rumah Olimpiade," ujar Okto.

Baca Juga: Janji Manis IOC Jadi Pegangan Indonesia buat Olimpiade 2036

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya