Comscore Tracker

Indonesia Ditantang Tembus 8 Besar Piala Asia FIBA 2021

Target yang begitu tinggi buat Timnas basket Indonesia

Jakarta, IDN Times - Jakarta dipastikan akan menjadi tuan rumah perhelatan Piala Asia FIBA 2021. Pertandingan akan berlangsung pada 17 hingga 29 Agustus 2021 mendatang.

Presiden Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Raja Sapta Oktohari, lantas menantang Timnas Basket Putra Indonesia untuk mengukir sejarah. Timnas Indonesia ditantang untuk masuk 8 besar.

"Jadi, saya memberikan tantangan kepada Timnas Basket Putra Indonesia untuk mengukir sejarah dengan masuk delapan besar di Piala Asia 2021," ujar Okto dalam keterangan tertulis pada Selasa (13/4/2021).

Baca Juga: Jadi Tuan Rumah FIBA World Cup 2023, Jokowi Minta Venue Standar Dunia

1. Alasan Okto kasih tantangan untuk Timnas Basket Indonesia

Indonesia Ditantang Tembus 8 Besar Piala Asia FIBA 2021Raja Sapta Oktohari (ANTARA/Bayu Kuncahyo)

Timnas Basket Putra Indonesia, Abraham Damar dan kawan-kawan ditantang masuk 8 besar bukan tanpa alasan. Okto memberi tantangan tersebut karena FIBA baru bisa memberikan tiket tampil buat Indonesia berlaga di hadapan pendukung tuan rumah pada gelaran Piala Dunia 2023 Filipina-Jepang-Indonesia.

Syarat untuk dapat tampil di laga tersebut adalah masuk dalam 8 besar Piala Asia 2021. Hal ini dianggap Okto jadi tantangan untuk Pengurus Pusat Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PP Perbasi).

"Tentu menjadi tantangan Perbasi untuk akselerasi program peningkatan prestasi basket. Waktunya juga sangat singkat, jadi memang dituntut untuk betul-betul kreatif," jelas Okto.

2. Okto harap Jakarta bisa tampil sukses jadi tuan rumah

Indonesia Ditantang Tembus 8 Besar Piala Asia FIBA 2021Acara peluncuran logo resmi FIBA Asia Cup 2021. (dok. Media FIBA Asia Cup 2021)

Okto berharap Jakata bisa tampil sukses menjadi tuan rumah ajang Piala Asia FIBA 2021. Kesempatan ini didapatkan kembali setelah 28 tahun lamanya.

Jakarta pernah menggelar Asian Basketball Confederation Championship pada 1993 lalu.

"Dengan kita membuka diri untuk mengambil event kancah Asia dan dunia itu menunjukkan bahwa Indonesia pantas menjadi tuan rumah Olimpiade 2032," kata Okto.

3. Indonesia siap jadi tuan rumah, logo FIBA Asia Cup 2021 diluncurkan

Indonesia Ditantang Tembus 8 Besar Piala Asia FIBA 2021Logo FIBA Asia Cup 2021. (dok. Media FIBA Asia Cup)

Logo kejuaraan FIBA Asia Cup 2021 resmi diluncurkan. Rencananya, kejuaraan basket yang akan mempertemukan antar negara di Asia ini akan dihelat di Istora Senayan, Jakarta, 17-29 Agustus 2021.

Acara peluncuran logo ini dihadiri oleh Sesmenpora Gatot S Dewa Broto, Direktur Eksekutif FIBA Asia Hagop Khajirian, Ketua Panitia Pelaksana Jakarta FIBA Asia Cup 2021 Junas Miradiarsyah, dan Francis Wanandi yang mewakili Perbasi.

"Saya antusias menyambut peluncuran logo FIBA Asia Cup 2021. Sebuah logo yang membawa identitas Indonesia yang kental ke dalamnya. Saya sangat yakin logo FIBA Asia Cup 2021 akan menginspirasi seluruh generasi muda, penggemar bola basket di Indonesia dan seluruh Asia untuk mendukung acara yang luar biasa ini," ujar Gatot dalam keterangan resminya, Selasa (13/4/2021).

Baca Juga: Logo FIBA Asia Cup 2021 Diluncurkan, Kental Nuansa Indonesia

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya