Comscore Tracker

Indonesia Tambah 3 Slot Atlet untuk Olimpiade Tokyo 2020

Kini total ada 26 atlet yang mewakili Indonesia

Jakarta, IDN Times - Indonesia dipastikan menambah tiga kuota untuk atlet yang akan berlaga di ajang Olimpiade Tokyo 2020 pada Juli-Agustus 2021. Tiga atlet yang berhasil mengamankan tiket Olimpiade berasal dari cabang olahraga renang dan atletik.

Sekretaris Jenderal Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) Ferry J Kono mengatakan renang menerima dua tiket untuk perenang putra dan putri dari jalur Universality Places. Sementara atletik dari jalur Unqualified Athlete.

1. Alvin Tehupeiory akan wakili Indonesia di Olimpiade

Indonesia Tambah 3 Slot Atlet untuk Olimpiade Tokyo 2020AlvinaTehupeiory (Instagram.com/alvinatehupeiory)

Dari cabang olahraga atletik, PB PASI mengirimkan nama sprinter putri Alvin Tehupeiory sebagai wakil Indonesia yang akan berlaga di Olimpiade.

Alvin merupakan pemegang rekor nasional lari 200 menter sejak 2019 lalu. Atlet asal Maluku ini bahkan tercatat mematahkan rekor yang ditorehkan Irene Truitje Joseph sejak 1999. Alvin akan mendampingi Lalu Muhammad Zohri untuk berlaga di Olimpiade Tokyo.

Sementara itu, dari cabang olahraga renang, PB PRSI masih belum mengirimkan nama wakil yang akan berangkat berlaga.

Baca Juga: Demi Olimpiade, Jepang Kerja Keras Turunkan Kasus COVID-19

2. Jumlah kuota atlet Indonesia masih bisa bertambah

Indonesia Tambah 3 Slot Atlet untuk Olimpiade Tokyo 2020

Jumlah wakil Merah-Putih yang akan berlaga di Olimpiade Tokyo 2020 masih bisa bertambah.

Cabang olahraga Panahan dan Voli Pantai disebut kini masih berjuang untuk meraih tiket olimpiade pada kualifikasi terakhir.

Panahan menargetkan mendapat tambahan tiket untuk nomor recurve beregu di Piala Dunia 2021 Paris, 19-21 Juni. Sementara tim voli pantai akan turun di Piala Kontinental AVC 2021 di Nakhon Pathom, Thailand, 25-27 Juli.

“Kualifikasi masih berlangsung hingga akhir Juni. Harapan kami, Indonesia bisa menambah tambahan tiket Olimpiade. Kami percaya atlet-atlet Indonesia akan
berjuang maksimal di kualifikasi terakhir,” ujar Ferry.

3. Sudah ada 26 atlet Indonesia yang akan berlaga di Olimpiade

Indonesia Tambah 3 Slot Atlet untuk Olimpiade Tokyo 2020IDN Times/PBSI

Hingga saat ini tercatat 26 atlet Indonesia akan berangkat ke Negeri Sakura, Jepang, untuk ajang Olimpiade Tokyo 2020.

Ke-26 atlet berasal dari cabang olahraga bulu tangkis (11), angkat besi (5), panahan (2), atletik (2), rowing (2), menembak (1), surfing (1), dan renang (2).

Pengukuhan kontingen Indonesia rencananya akan diadakan pada 5 Juli 2021 yang dilanjutkan dengan pelepasan oleh presiden Joko "Jokowi" Widodo.

Ini dilakukan lebih kurang tiga hari jelang keberangkatan wakil bulu tangkis yang akan terbang lebih dulu pada 8 Juli 2021 untuk menjalani training camp di Kumamoto.

Baca Juga: PBSI Gelar Simulasi Olimpiade, Ini Jadwal Pertandingannya 

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya