Indonesia Targetkan 104 Medali Emas di ASEAN Para Games 2022

Indonesia ditargetkan jadi juara umum ASEAN Para Games 2022

Jakarta, IDN Times - Kontingen Indonesia mengusung misi menjadi juara umum dari ajang ASEAN Para Games 2022. Menjadi tuan rumah, mereka ditargetkan meraup 104 medali emas. 

Skuad garuda akan menurunkan atlet-atlet disabilitas terbaiknya di 14 cabang olahraga. Dari total target medali, cabor Para-atletik jadi tumpuan terbesar Indonesia.

Gelaran ASEAN Para Games 2022 sendiri rencananya bakal berlangsung di Surakarta pada 23-30 Juli 2022.

1. Targertkan total 104 medali

Indonesia Targetkan 104 Medali Emas di ASEAN Para Games 2022ketua NPC Indonesia, Senny Marbun (YouTube.com/FMB9ID_ IKP)

NPC Indonesia menargetkan 104 medali emas dari ajang ASEAN Para Games 2022. Sebanyak 35 di antaranya diproyeksikan masuk dari abor para-atletik jadi tumpuan utama skuad Indonesia.

Cabor kedua yang diharapkan bawa banyak medali adalah para-swimming dengan target 27 medali emas.

Sementara, 12 medali emas lainnya juga diharapkan bisa diraup di cabang olahraga tenis mejas. Baru setelah utu 10 medali ditargetkan bisa diraup para-catur.

Baca Juga: Torch Relay Mundur 7 Hari, Sebelum Pembukaan Asean Para Games 2022

2. Turun ratusan atlet di 14 cabang olahraga

Indonesia Targetkan 104 Medali Emas di ASEAN Para Games 2022Wakil Para-badminton Indonesia di Paralimpiade Tokyo 2020. (dok. NPC Indonesia)

Skuad Indonesia akan diturunkan di 14 cabang olahraga dalam ajang ASEAN Para Games 2022. Selain cabang olahraga yang sudah ditargetkan, ada juga cabor-cabor seperti boccia, para-panahan, sepak bola CP, ghoalball, basket kursi roda, dll.

Ke-14 cabang olahraga tersebut adalah para-swiming, para-badminton, para-catur, para-angkat besi, para-tenis meja, boccia, para-panahan, sepak bola CP, ghoalball, basket kursi roda, tenis kursi roda, blind judo, dan voli duduk.

Dari keempat belas cabor tersebut, Indonesia yakin bisa memenuhi target sebagai juara umum.

"Saya yakin kita bisa memenuhi target menjadi juara umum," kata ketua NPC Indonesia, Senny Marbun dalam diskusi daring, Rabu (20/7/2022).

3. Sebut Thailand jadi saingan terberat

Indonesia Targetkan 104 Medali Emas di ASEAN Para Games 2022Atlet Para Angkat Berat Indonesia, Ni Nengah Widiasih sumbang medali perak di ajang Paralimpiade Tokyo 2020. (dok. NPC Indonesia)

Menurut Senny, peluang Indonesia menjadi juara umum di ajang ASEAN Para Games 2022 terbilang besar. Namun demikian, hal itu tak akan mudah diraih, karena NPC menilai jika Thailand jadi saingan teberat mereka di ajang ini.

Berkaca dari capaian skuad Indonesia di sejumlah turnamen sebelumnya, Senny yakin atlet-atlet bisa lebih unggul dibanding Thailand. Terlebih, selain persiapan serius, para atlet juga melakukan beberapa ganeda uji coba. 

Senny mengatakan Kontingen Indonesia sudah siap turun berlaga ASEAN Para Games 2022 dan siap memberikan yang terbaik untuk negara.

Baca Juga: 2 Ribu Atlet dari 14 Cabor Bakal Mentas di ASEAN Para Games 2022

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya