Indonesia Targetkan Sabet 3 Gelar dari Malaysia Open 2023

Ganda putra, ganda putri, dan tunggal putra jadi andalan

Jakarta, IDN Times - Pengurus Pusat Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI) menargetkan Pasukan Merah Putih bisa membawa tiga gelar juara dari Malaysia Open yang digelar 10 hingga 15 Januari 2023 mendatang. Dengan raihan itu, Indonesia diharapkan mendapatkan suntikan moral dengan menorehkan start positif di awal musim 2023.

Ganda putra, ganda putri, dan tunggal putra jadi tiga sektor yang dijadikan tulang punggung Indonesia di ajang ini. Bukan tanpa alasan, karena performa para atlet di tiga sektor itu sedang menanjak. 

"Saya berharap dari Malaysia Open ini ada gelar yang bisa diraih, terutama dari ganda putra. Selain itu, diharapkan juga datang dari tunggal putra dan ganda putri," kata Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi (Kabid Binpres) PP PBSI, Rionny Mainaky.

1. Peluang terbuka lebar

Indonesia Targetkan Sabet 3 Gelar dari Malaysia Open 2023Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi (Kabid Binpres) PP PBSI, Rionny Mainaky (dok. PP PBSI)

Kak Ony (sapaannya) yakin peluang Indonesia memenuhi target itu terbuka lebar. Menurunkan 17 wakilnya dan tren di akhir 2022 sedang positif, menurut Rionny, menjadi modal yang kuat.

"Asal pemain bisa main bagus dari awal hingga akhir dan tidak terbebani, jalan menuju podium juara itu sangat terbuka," ujar Rionny.

Baca Juga: Tribute PBSI untuk Nova Widianto

2. Comeback Pramudya/Yeremia

Indonesia Targetkan Sabet 3 Gelar dari Malaysia Open 2023Ganda putra Indonesia Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan di Indonesia Open 2021. (dok. Humas PP PBSI Indonesia)

Malaysia Open 2023 sekaligus jadi momen comeback bagi ganda putra Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan setelah absen selama lebih dari enam bulan dari lapangan.

Tentu, ini jadi ujian berat bagi keduanya, lantaran sudah lama absen dari laga kompetitif. Prayer harus absen lama lantaran Yeremia cedera parah di Indonesia Open 2022 lalu.

Cedera yang begitu menyakitkan, dan membuat keduanya harus rela turun peringkat hingga 11 level ke posisi 25 dunia akibat lama tak bermain.

Ketika comeback, Prayer harus main di jalur maut. Mereka harus menghadapi ganda Korea Selatan, Kong Sung Hyun/Shin Baek Cheol. Jika sukses melaju ke 16 besar, Pramudya/Yeremia berpeluang bersua dengan seniornya, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan.

3. Skuad Indonesia untuk Malaysia Open 2023

Indonesia Targetkan Sabet 3 Gelar dari Malaysia Open 2023Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati (instagram.com/badminton.ina)

Berikut skuad Indonesia untuk ajang BWF Super 1000 Malaysia Open 2023:
Tunggal putra: Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie, Shesar Hiren Rhustavito, Chico Aura Dwi Wardoyo

Tunggal putri: Gregoria Mariska Tunjung

Ganda putra: Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri, Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan (profesional)

Ganda putri: Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti, Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi

Ganda campuran: Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari, Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati, Zachariah Josiahno Sumanti/Hediana Julimarbela, Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja (profesional)

Baca Juga: 9 Potret Tim Bulu Tangkis Indonesia Berangkat untuk Malaysia Open 2023

Baca Juga: Daftar Wakil Indonesia di Malaysia Open 2023: Ada Pramudya/Yeremia 

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya